Melukis, Yuk?

Waktu saya jalan-jalan ke toko buku iseng beli buku gambar, cat air dan perlengkapannya. Setelah ditotal, biayanya nggak sampai Rp20.000. Sudah sebulan, cat air, dan teman-temannya belum dipegang, akhirnya baru sempat dibuka pas akhir minggu kemarin. Abel girang banget karena dapat mainan baru. *biasanya pakai pensil warna saja

Lalu kami menyiapkan air dan perlengkapan lukis di teras depan. Banyak hal baru yang bisa saya ajarkan untuk Abel terutama dalam hal warna.

  • Info mengenai warna-warna dasar, yaitu merah, biru, kuning. Saya ajarkan dia bahwa warna-warna dasar ini jika dicampur akan berubah menjadi warna lain. Merah + kuning = orens, biru + kuning = hijau, merah + biru :=ungu.
  • Kami juga mencampur warna-warna lain, seperti merah + putih = merah jambu (pink). Semua warna yang dicampur dengan warna putih, warnanya akan lebih muda.
  • Warna-warna gelap, seperti hitam, coklat, jika dicampur dengan warna lain, yang akan muncul warna yang lebih gelap.
  • Jika cat ditambah air yang banyak, warnanya kan lebih lebih lembut. Kalau airnya sedikit, warnanya lebih jelas/tebal.

 

Waaaah … Abel senang sekali mencampur warna-warna ini. Pengalaman baru buat Abel. Dan yang pasti dia senang sampai tangan, baju, dan celananya belepotan cat air. Nggak apa-apa, deh, berani kotor itu, kan, baik *jargondeterjen*

Nanti Mama cuci bersih-bersih semuanya … hahahaha.

 


3 Comments - Write a Comment

Post Comment