Hari Ibu: We Are Mommy’s Little Girl..

Salah satu momen tak terlupakan di tahun 2012 ini adalah ketika nenek saya meninggal dunia 3 bulan yang lalu. Mama mengasuh nenek sejak nenek sakit tahun 1998. Selama 14 tahun, mama mengasuh nenek tanpa pernah mengeluh. Sabar dan ikhlas, kata-kata itu yang terpampang di status BBM-nya.

Kenapa momen ini begitu memorable bagi saya?

Ketika nenek meninggal, saya tak melihat mama menangis. Tapi ada satu momen, saat semua keluarga sudah berkumpul dan hendak salat Isya, tiba-tiba mama saya bersimpuh di depan jenazah nenek. Ia memandangi wajah nenek, lalu terisak dan semakin lama semakin kencang. Saya lalu sadar, bahwa ia pasti merasa kehilangan ibunya. Walau direpotkan dengan mengasuh nenek, tapi tetap saja, mama kehilangan nenek, orang yang mengandungnya selama 9 bulan dan menjadi bagian hidupnya di hari-hari terakhir nenek. Mama yang biasa saya lihat tegar, menjadi tempat saya bersandar, tiba-tiba terlihat rapuh saat itu.

Di sini saya sadar, no matter how old you are, you’re still your mother little girl.

Contoh, sampai saat ini, ketika jarum jam menyentuh angka 8 malam, mama pasti akan BBM saya, “Kamu sudah di rumah?” Padahal saya telah menjadi ibu dari anak usia 4,5 tahun dan saya sudah berpisah tempat tinggal sejak 4 tahun yang lalu.

Ternyata, banyak sekali Mommies lain yang juga merasakan hal serupa. Dan kemarin, mereka membanjiri timeline @mommiesdaily lewat #MDiscussion tentang sosok ibu.

@ciplukprayudi: Setelah pindah ke rumah sendiri, kegiatan ngobrol sama Nyokap jadi salah satu kekangenan tersendiri buat aku

@restya07: setiap kali ke luar rumah pasti nyokap ga lupa nanya,”celananya udah diresletingin?” Jangan sampe lupa..

@AffiFD: tiap jalan-jalan atau makan ke luar dan gue yang bayar, nyokap selalu nanya dengan muka khawatir “ada uangnya?”

@putridmr: Kangen (alm) mama. Sekarang setiap bingung masak apa ga bisa angkat telp untuk kemudian “Ma, bikin ini gimana sih?”

@deeneezrafu: Dulu pulang kerja semalam apa pun nyokap pasti bangun,nemenin ngobrol sambil saya bersih-bersih,nanyain udah makan apa belum

@aryatiks: feeling ibu kuat banget. Setiap saya sakit/ada masalah, ibu langsung telpon tanya kabar. ♥ you, ibu

@strawberwy_chan: biar udah gak tinggal sama mama lagi tapi tiap aku ultah mama tetap rutin buatin nasi kuning, pas aku hamil sampe dianterin ke rumah

@shintamuryanti: #ibuk adalah yang paling rajin nanya “udah sarapan?”, “makan siang pake apa?”, “makan mlmnya enak?” etc..

@MrsEsti: Dulu saya selalu diladeni alm mama sampe banyak yang bilang saya anak manja. Tapi sekarang saya bisa urus keluarga sendiri :)

@shinta_cahyani: never knew how it feels to have a mom. She died giving birth to me. I wish she’s been there in every step of my life :(

@DWAryaka: Mama masih suka ngeloni saya kalo lagi nginep. Jadi saya ngeloni Ken dan saya dikeloni Mama. Kelonan 3 generasi :D

@am_puteri: Udah kerja bertahun-tahun, Mama kadang suka reflek nanya, “Kamu besok sekolah?” Yes.. I always be her little girl.

Dan masih banyak lagi tweet yang dikirimkan kemarin, membuat saya berkaca-kaca. Jadi, kalau biasanya saya menanyakan, “Sudahkah kamu memeluk anakmu hari ini?” kali ini saya akan bertanya, “Kapan terakhir kali kamu memeluk ibumu?”

Yuk, kita peluk dan ucapkan bahwa kita sayang sama ibu, selagi kita bisa :)

 


12 Comments - Write a Comment

  1. Happy mother’s day moms…

    Memang jarak bikin perubahan ya. Saya yang kalau serumah ngga lama pasti spaneng2an, sejak pindah kota 5th lalu malah hampir setiap hari adaaa aja bahan telpon baik dari saya atau dari ibu. Putri-putri ibu sudah pisah kota semua. Saya sendiri yg tadinya cukup dekat jd setahun bisa mudik 3-4x, setaun terakhir mudiknya cm lebaran :(.

Post Comment