Kiat Liburan Hemat

Liburan selalu menjadi agenda yang paling menyenangkan untuk direncanakan. Kalau untuk saya pribadi rasanya lebih puas kalau bisa liburan lebih hemat. Selama ini ada beberapa cara yang saya lakukan supaya saya tetap bisa berlibur walau dengan budget terbatas yang saya miliki.

Setelah selama ini saya cermati dana liburan ini saya bagi jadi 3 komponen dengan rata-rata persentasenya adalah :

  • Dana transportasi (Pesawat) sebanyak 46%
  • Dana akomodasi (hotel) sebanyak 35%
  • Dana tur/makan/transportasi dalam kota sebanyak 19%

Melihat persentase di atas, kita akan lebih banyak berhemat kalau kita bisa menekan jumlah dana transportasi dan akomodasi. Yang selalu saya lakukan adalah mencari tiket pesawat promo terlebih dahulu, lalu saya cari hotel dengan budget miring atau promo hotel, baru kemudian saya tentukan tujuan tur, jalur transportasi ke tempat wisata tersebut serta dana makan dan minum.

Berikut beberapa kiat yang saya lakukan untuk bisa liburan dengan hemat, pastinya nggak pas peak season ya … kita pilih pas low season dan dengan langkah-langkah berikut :

Kiat pesawat hemat :

Ini sudah pernah diceritakan oleh Ira, saat ia berburu tiket pesawat murmer. Saya tambahkan lagi, ya …

  • Follow Twitter maskapai penerbangan, biasanya mereka akan informasikan promo-promo via Twitter mereka.
  • Subscribe email di situs maskapai penerbangan
  • Follow Twitter akun diskon (contoh : @AdaDiskon, dll) atau kartu kredit bank yang dimiliki, terkadang ada promo dengan maskapai penerbangan.
  • Khusus untuk Airasia, tidak perlu beli asuransi sebesar 50 ribu rupiah. Jumlahnya mungkin sedikit, tapi kalau rombongan jadi lumayan juga. Dan juga tidak perlu beli seat, mari berharap ada yang mau tukar kursi, tapi kebanyakan kalau kita bawa anak pasti pada maklum dan memberikan kursinya, kok.
  • Booked early. Beberapa maskapai menawarkan harga yang lebih murah (early booking promo) apabila kita beli jauh-jauh hari. Sebagai contoh, saya mendapatkan harga tiket Jakarta-Narita (Tokyo) sebesar USD $ 467 dengan maskapai Garuda Indonesia dengan beli 8 bulan sebelumnya. Padahal, kalau harga di Garuda Indonesia Travel Fair saja dijual USD $ 677 lho.. Lumayan, kan, hematnya.
  • Perhatikan jadwal kedatangan pesawat. Akan lebih baik kalau sampai di kota tujuan pagi/siang. Kalau malam, waktu dan dana akan terbuang untuk sewa hotel. Sebagai pertimbangan saja, nih, mungkin saya bisa dapat tiket lebih murah dengan Air Asia untuk penerbangan Jakarta-Narita. Tapi, dengan Air Asia saya sampai di sana malam, dan harus menginap di hotel bandara semalam. Tapi dengan Garuda saya sampai di Narita pagi hari. Jadi bisa langsung jalan-jalan. Bila dihitung tiket Air Asia dan hotel bandara, harganya sama saja dengan tiket Garuda. Karena Garuda sudah termasuk makan dan minum akhirnya saya pilih Garuda. Mungkin, pertimbangan seperti ini sedikit berpengaruh terhadap budget.

Kiat hotel hemat :

  • Follow akun twitter Kartu Kredit yang dimiliki. Kadang ada promo/diskon dengan menggunakan Kartu Kredit tertentu.
  • Subscribe email di situs penyedia hotel seperti Booking.com, Agoda.com, Hotels.com, dll.
  • Bandingkan harga hotel tersebut dari beberapa situs. Atau menggunakan situs yang langsung membandingkan beberapa situs penyedia hotel seperti wego.com.
  • Bandingkan pula dengan voucher hotel yang dibeli dari tour and travel. Terkadang saya mendapatkan harga lebih murah apabila beli di tur lokal untuk hotel di Singapur daripada saya beli lewat situs atau langsung beli lewat hotel.
  • Tur lokal bisa kita hubungi via telpon, email atau kita cari lewat forum umum seperti kaskus.com. Mereka kadang harga voucher hotelnya lebih murah, lho, daripada Agoda, Booking, dll.
  • Menjadi member hotel grup. Beberapa member berbayar bahkan memberikan voucher menginap gratis. Sebagai contoh saat daftar member Accor Advantage Plus, saya mendapatkan menginap gratis 2 malam yang saya gunakan untuk hotel di Tokyo yang harganya sekitar 2 juta/malam. Padahal untuk daftar member saya hanya perlu membayar Rp1.950.000,-. Lebih hemat, kan?
  • Selain hotel, mungkin bisa dipertimbangkan untuk sewa hostel/apartemen. Harganya memang jauh lebih hemat daripada hotel. Kita bisa bandingkan harga di beberapa situs seperti hostelworld.com, hostelbookers.com, dll.

Kiat tur dan akomodasi hemat :

  • Cari penginapan dekat dengan jalur transportasi umum seperti MRT, Bus, dll.
  • Banyak sekali tempat wisata gratis yang bisa kita nikmat atau tempat wisata murah. Seperti ke National Park, jalan kaki menyusuri pusat kota, keliling kota dengan MRT yang murah, dll. Kita hanya perlu Googling dengan keyword “Free things to do in….” pasti keluar banyak pilihan.
  • Bandingkan harga tiket tempat wisata, lebih murah beli langsung atau online. Terkadang mereka ada promo tertentu apabila membeli paket.
  • Bawa botol minuman. Yang nanti bisa kita isi sendiri di kran air minum atau kita didihkan sendiri air di hotel.
  • Sarapan di convinience store. Harganya lebih murah daripada restoran.

Siap berlibur, deh!! Jangan lupa foto-foto yang banyak, yaaa! Saya memang suka banget jalan-jalan mau di dalam negeri atau luar negeri sama serunya. Saking senangnya jalan saya sampai kolaborasi dengan teman bikin travel blog :)

Ada yang mau nambahin kiat hemat lain? Boleh, lho, sharing di sini jadi kita bisa liburan rame-rame dan bikin travel blog juga :D


20 Comments - Write a Comment

  1. kalo kiat hemat gw, tawarlah harga hotel, hahahaha…
    eh beneran loh, ternyata kalo bukan pas peak season, harga hotel itu negotiable sekali… apalagi, kalo tingkat hunian hotelnya lagi rendah dan kita nyampe di hotelnya udah malem… gw seriiiiing dikasih diskon 30 persen, malah beberapa kali pernah dikasih diskon 50 persen :D

    btw, gw juga lagi migrasi travel blog dari multiply nih, mampir ya ke http://ameeeeel.wordpress.com ;)

    1. ohyaaa.. iya gue prnh dgr hotel bisa ditawar. masalah nya gue selalu udah tau pgn ke hotel yg mana dan book sblmnya, gak pernah dadakan, tp bisa dicoba tuh kapan2. TFS :)

      Gue ampe ngitungin mel ada brp “e” di link blog elo hihi..

Post Comment