DIY: Gelang Cantik Dari Kertas

Pada salah satu acara bermain anak-anak, saya mencoba browsing aktivitas seru untuk dikerjakan anak-anak, terutama perempuan. Kebetulan seorang teman saya di India mengunggah foto-foto di situs jejaring sosial mengenai Raksha Bandan. Festival yang menyimbolkan persaudaraan dengan mengikatkan gelang persaudaraan kepada keluarga dan teman. Dan teman saya menggunakan kertas karton berwarna-warni untuk membuat gelang tersebut. Saya pun menjadi tertarik.

Setelah dicari tahu lebih lanjut, ternyata cukup mudah untuk membuat gelang dari kertas. Kertas dengan berbagai pola unik digulung di tusuk gigi, dan dilem hingga menjadi bulatan-bulatan kecil seperti beads. Mudah sekali, kan? Kertas yang dipakai bisa dari jenis kertas apa pun. Dan beads dari kertas ini akan menjadi lebih menarik dengan mengoleskan nail-polish dan memberinya cat warna-warni.  Ternyata gelang dan kalung dari paper beads ini banyak  dijual di internet dengan model-model menarik, lho.

Saya pun segera memotong kertas sesuai pola-pola yang saya temukan dari internet. Agar lebih ‘green’ kami memilih kertas majalah bekas sebagai bahan utamanya. Kertas majalah dipilih karena warnanya yang cantik, dan permukaannya yang glossy. Cara membuatnya sangat mudah, dan bahan-bahan yang dipakai pun mudah ditemukan.

Yang Anda perlukan:

1. Majalah bekas (majalah travel dengan halaman tebal lebih baik, untuk menghindari kertas robek ketika dilem)

2. Cutter, dan penggaris besi untuk memotong kertas

3. Lem kertas

4. Tusuk gigi

5. Glass string atau elastic string untuk mengikat beads menjadi gelang (dapat beli di toko kancing di pasar)

Cara membuat:

Step 1 – Ambil 1 halaman majalah. Buat pola segitiga selebar 2 cm seperti gambar di atas

Bisa juga menggunakan pola lain untuk menghasilkan bentuk beads yang berbeda

Step 2 – Potong kertas dengan cutter dan penggaris. Jangan khawatir kalau tidak rapih

 

 

Step 3 – Lem 1 sisi permukaan kertas sampai rata. Gunakan tusuk gigi, lilit kertas dari ujung yang besar sampai ujung yang kecil sampai kertas habis

Step 4 – Masukkan beads ke dalam elastic string. Ikat kencang.

 


4 Comments - Write a Comment

Post Comment