Lumpia “Homemade” Murah Meriah

by: - Saturday, November 17th, 2012 at 9:25 am

In: Recipes 3 responses

0 share

Saat ini saya sedang tergila-gila dengan kulit lumpia siap pakai. Oke, memang agak telat, sih, ya, tapi it’s better late than never, right? Bahkan kulit lumpia ini selalu ada di freezer. Lumayan banget untuk persiapan di kala iseng ingin membuat camilan sederhana.

Untuk kulit lumpia siap pakai ini, saya pernah membeli produk lokal yang mudah robek. Produk ini biasanya diletakkan di chiller dekat deretan otak-otak, kwetiau, tape singkong dan tape ketan. Kemasannya sederhana, hanya dibungkus plastik transparan serta ditempeli label merek dan tanggal kedaluarsa. Per pak isinya 10-25 lembar dengan harga tidak lebih dari Rp 15 ribu. Buat saya, kulit lumpia ini lumayanlah, tapi kurang memuaskan karena, ya, itu tadi, mudah robek.

Setelah saya iseng-iseng menjelajahi bagian swalayan yang lain, saya menemukan kulit lumpia beku. Ini juga produk lokal, sih, tapi tujuannya untuk diimpor. Jadi kualitasnya jauh lebih bagus dan tentunya lebih mahal.

Kulit lumpia beku ini harus diletakkan di dalam freezer, layaknya pastry dan pizza siap pakai atau cemilan siap saji seperti dim sum, mantau dll. Untuk menggunakannya juga mudah. Tinggal keluarkan kulit lumpia dari freezer dan diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga tidak beku. Lalu ambil kulit lumpia seperlunya, masukkan sisanya ke dalam freezer.

Dari kulit lumpia siap pakai ini, saya sering iseng berkreasi ala kadarnya. Mulai dari cemilan gurih seperti Lumpia Daging, camilan pedas seperti Lumpia Tahu Rawit hingga yang manis seperti Lumpia Pisang Cokelat Keju. Cara membuatnya? Gampang banget, nget, nget!

Berikut saya sertakan resep Lumpia Tahu Rawit yang murah meriah nan lezat. Untuk si kecil, jangan lupa buang rawitnya, ya, Mommies supaya dia nggak kepedesan :)

Bahan-bahan:

Kulit lumpia siap pakai

1 kotak tahu putih besar

3 siung bawang merah, rajang halus

2 siung bawang putih, rajang halus

Cabe rawit sesuai selera, cincang kasar

1 butir telur ayam

Garam

Kaldu instan rasa ayam (jika suka)/diganti gula

Minyak goreng untuk menggoreng

 

Cara membuat:

-          Hancurkan tahu, lalu campur dengan duo bawang, garam, kaldu/gula, cabe.

-          Masukkan telur, aduk rata.

-          Ratakan selembar kulit lumpia, beri adonan tahu secukupnya. Lipat seperti amplop, rekatkan bagian luar dengan air.

-          Goreng hingga kecokelatan.

Gampang, kan?

 

Share this story:

Recommended for you:

3 thoughts on “Lumpia “Homemade” Murah Meriah

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: lita iqtianti
  3. Pingback: Sazkia Ghazi

Leave a Reply