Saat ASI Seret ….

Selama masa menyusui, saya pernah mengalami masa-masa menyenangkan, menyedihkan dan deg-degan karena merasa dikejar Satpol PP. Kadang ASI berlebih, kadang ASI pas-pasan, dan kadang ASI jadi berkurang lalu stok ASIP habis untuk Tara (5m3w).

Melelahkan memang. Saya nggak menyangka perjuangan untuk memberikan ASI Eksklusif bisa sampai menyita waktu dan pikiran seperti ini. Tapi saya nggak sendiri. Saya yakin banyak busui lain yang juga mengalami hal yang sama. Ya, kan?

Menurut artikel yang saya baca, ada beberapa alasan mengapa produksi ASI kadang-kadang bisa menurun: (sumber Link ini )

  1. Anda sedang mengonsumsi pil KB, Mirena IUD, Depo Provera, atau mengonsumsi estrogen dan/atau progesteron dalam bentuk lain.
  2. Anda sedang hamil, karena kehamilan pasti akan mengurangi produksi ASI.
  3. Anda sedang berupaya mengurangi menyusui atau sedang “melatih” bayi untuk tidur sepanjang malam.
  4. Anda memberi bayi minum dari dot cukup sering.
  5. Anda sedang mengalami goncangan emosional, yang ada kalanya dapat mengurangi produksi ASI.
  6. Anda adalah seorang ibu yang menderita sakit, terutama jika mengalami demam, dapat juga mengurangi produksi ASI.
  7. Beberapa jenis obat dapat mengurangi produksi ASI seperti obat-obat antihistamin, khususnya jenis lama seperti Benadryl; pseudoephedrine (Sudafed) sering ditemukan dalam obat-obat flu dan antialergi.
  8. Beberapa jenis obat dapat mengurangi produksi ASI. Obat-obat antihistamin, khususnya jenis lama seperti Benadryl; pseudoephedrine (Sudafed) juga dapat mengurangi produksi ASI. Perhatikan bahwa kedua jenis obat tersebut (atau yang mirip) ditemukan dalam obat-obat flu dan antialergi.
  9. Kombinasi dari beberapa hal tersebut di atas.
  10. Kadang-kadang produksi ASI menurun tanpa alasan yang jelas.

Nah, setelah tahu beberapa penyebabnya dan umumnya pasokan ASI berkurang memang kerap terjadi, saya lalu berusaha mencari solusi, salah satunya dengan berbagi sesama ibu menyusui. Bertemulah saya dengan para ibu muda yang menyenangkan dan saling bertukar informasi. Saya menyebut mereka Momskie :D Jumlah member Support Group kami ini ada 30 orang, tapi ada beberapa Mommies yang tinggal di luar kota, seperti Bali, Jogja, Surabaya, dan Malang. Jadilah saat kami bertemu, nggak semuanya bisa ikut kumpul ;D


Momskie

Senang rasanya akhirnya saya bisa bertemu dan berbagi dengan mereka, setelah ngobrol-ngobrol dan (saya) mencari tahu solusi supaya ASI nggak seret lagi, ini dia jawaban serius, asal, dan spontan dari mereka:

Gracie, Mom of Ubi (4m17d) :

Indehoy, minta dibeliin baju sama suami

Arghea, Mom of Kala (7m):

Makan Fish n Co, plus beli sepatu boots baru!

Ovi, Mom of Alin (7m9d):

Curhat dong ke group New Moms dan suami, minta dukungan ke teman sesama busui. Tapi yang pasti trying to be happy, makan enak, cuti, dan selalu menyusui.

Untuk suami, minta pijat punggung, gantian cuci baju dan bereskan rumah

Faiby, Mom of Zikra (8m):

Pacaran doong, dipijat dan disayang- sayang suami. Kalau nggak mempan juga, ya, belanja ;p

Hannie, Mom of Jiro (1,5 y):

Makan banyak sayur bayem, katuk, jagung, susu kedelai, dan makan kacang

Deean, Mom of Rafie (7m10d):

Makan mie ayam yang enak, minum es teler, nonton DVD, dan belanja

Ratna, Mom of Sulthan + Rayhan ( 10m + 2y10m):

Jalan- jalan dan shopping!

Debby, Mom of Joy (4m):

Pasrah, soalnya semua usaha nggak mempan juga XD

Ay, Mom of Anelka (7m):

Nggak tahu ASI seret kaya apa, karena nggak biasa merah/mompa, jadi nggak bisa lihat langsung perbedaannya. So far Anelka baik baik aja, jadi I assume nggak pernah seret :D

Hampir semua jawabannya berhubungan sama rasa senang, ya?

Kalo versi saya, sih, tenang dulu, sejalan dengan pikiran positif, dan makan makanan bergizi Insya Allah ASI bisa lancar kembali.

Eits, pijatan punggung ala suami perlu juga, tuh!XD

 

 


30 Comments - Write a Comment

  1. Hanzky

    Momskie :D Lucuu namanyaa…emang menyenangkan banget ya buat para ibu untuk menemukan support group, dari mulai hamil sampe anak-anak udah besar pasti ada aja issuenya. Yang bikin kwantitas ASI turun pasti adaa aja yaa…yang penting semangat terus!

  2. nenglita

    Gue pernah banget! Laporannya langsung ke breastfeeding thread MD, dong (dulu masih FD). Terus langsung banyak yg kasih saran makan ini itu, gue turutin dah pokoknya :))

    Jadi kenapa gue cinta banget sama MD (dulunya forum FD), karena mereka lah salah satu keberhasilan gue menyusui :)

  3. Wuah pingin banget gabung sama Momskie :D
    Kalau saya selalu berdoa,
    “Ya Allah apapun dan bagaimana pun kondisiku, cukupkan ASIku untuk anakku.”
    Alhamdulillah walau sering stres kerjaan di kantor atau macet, stok ASI nambah terus tiap hari

    1. Idem, Mbak! Setiap hari sayapun berdoa, “Ya Allah, cukupkan ASI-ku untuk anakku, izinkan aku menyusuinya sampai 2 tahun.” :) Dan walau “penghasilan” biasa-biasa saja, alhamdulillah Safina full ASI sampai sekarang, 1 tahun 20 bulan :’) Semangaaattt!

  4. yg paling utama tuh dr pikiran ya m0m, sy skrg dibln ke 6 seret bgt. Padahal udah pake smua suplemen yg pk resep dr or yg djual bebas, katuk etc ttp aja seret, trnyata pas diinget2 abis lebaran kmrn ada peristiwa yg bikin stres tingkat dewa, jd guilty feeling dunx. Skrg udah 2hari ditambah sufor, msh susah aja..sakhi prefer asi.. H1kz

  5. hua masalahku asi berkurang banget rasanya sejak baby sofy 8bulan MPASI kok tiap perah di kantor jadi berkurang 30 ml tiap merah, biasanya dapet 120 ml tiap merah sekarang pagi 90 ml eh habis sholat zuhur cum 60 ml ntar sore juga 60 ml malam diperjalanan jug 60 ml….help donk gmn tuh, padahal udh bawa seneng aja, belanja, nontn, dimanja suami smp minum buat ASI yang dijual bebas di apotik ngk mempan,padahal dulu masa merah pertama bisa dapet 180 ml sekali perah…padahal target mesti kecapai sofy mesti lulus ASI 2 tahun….katanya mei 2013 mau ketemua di cibubur ya, kebetulan rumahku juga dicibubur..mau donk momski gabung……makasihhhhhhh

  6. Hai pinguinaibonk:))
    Karena Tara sekarang udah 7m, kayaknya gue ngerasain dikit deh apa yang lo sempet rasain sekarang ;D gue sempet tuh pumping 5 jam sekali, hasilnya emang ngga maksimal (saat di kantor), akhirnya gw kencengi iket kepala dan pumping 2 jam sekali, alhamdulilah produksinya tetap sampai sekarang:)) mau coba ngga?
    ooh, rumahnya di cibubur? oke dehh, nanti gabung kita yaaaa *hugs*

Post Comment