Manfaat Bawa Bekal Ke Sekolah

Saya termasuk cukup rajin membawa bekal baik itu zaman masih sekolah hingga saat sudah bekerja. Kalau waktu sekolah dan kuliah, tentu alasannya penghematan, untuk saya yang uang jajannya nggak banyak ini, membawa bekal dari rumah sangat membantu.

Sementara pas kerja, di awal-awalnya, lebih karena jam kerja saya yang panjang, membuat saya  jarang menikmati masakan mama saya. Akhirnya untuk menyiasati, saya pun sering bawa bekal dari rumah, supaya tetap bisa makan masakan mama.

Nah, ketika punya anak, walaupun nggak bisa masak (haha), tapi saya berusaha untuk membawakan bekal untuk Langit ke sekolah.Kebetulan sekolah Langit menyediakan katering untuk dimakan di sekolah, jadi saya sebenarnya nggak terlalu repot menyiapkan bekal makanannya. Paling saya hanya membawakan roti, pancake, ya, makanan ringan gitu, deh.

Dengan membawa bekal ke sekolah, banyak, lho, manfaatnya!

  • Yang pertama dan tak bisa dihindari adalah bonding.

Saya jadi ingat cerita kakak saya tentang iklan yang menggambarkan seorang anak yang iri sama teman sekolahnya karena bekal temannya lebih menggiurkan. Membawa bekal yang disiapkan oleh ibu, pasti akan menjadi hal yang membanggakan bagi setiap anak. Makanan buat anak yang diolah oleh ibu, bukan hanya masalah nutrisi, tapi ada cinta di sana *ceileeee*

Ya dong, bagi ibu bekerja, terutama, menyiapkan bekal anak di sela-sela kesibukannya, pasti karena cinta dong …

Kalau saya, nih, selalu menanyakan makanan apa yang mau Langit bawa untuk bekal kesekolah setiap harinya. Dengan ini, minimal saya menjaga komunikasi dengan anak setelah seharian bekerja. Trik lain yang bisa diterapkan untuk anak yang sudah lebih besar mungkin membuat perencanaan bekal selama seminggu. Selain menjaga komunikasi, hal ini juga melatih anak untuk bertanggung jawab dan konsisten atas apa yang telah ia pilih. Hal ini juga memudahkan para ibu bekerja, karena bekal sudah direncanakan seminggu sebelumnya.

  • Mengontrol nutrisi yang dikonsumsi anak

Selama di rumah, kita bisa dengan mudah mengontrol makanan apa saja yang dikonsumsi anak. Saya kebetulan ibu yang agak longgar untuk masalah makanan. Tapi  bukan berarti saya rela membiarkan anak saya makan makanan ber-MSG setiap saat, lho!

Karena sekolah Langit menyediakan catering, jadi biasanya saya hanya meminta menu sebulan yang akan disajikan, ketika tahu ada makanan yang tidak cocok atau kurang sesuai diberikan untuk anak-anak, saya biasanya langsung meminta revisi ke pihak sekolah. Alhamdulillah, sih, pihak sekolah sangat terbuka urusan ini.

  • Membuat kita lebih kreatif

Buat para ibu, pasti, deh, sering mengalami stuck harus bawain makanan apalagi untuk bekal sekolah anak. Makanya saya paling rajin mantengin artikel resep di Mommies Daily. Walaupun yang kemudian dibikin hanya yang gampang-gampang banget, seperti pancake atau puding roti, haha.

Kalau belakangan ini yang lagi tren adalah membuat bekal anak dengan tampilan lebih menarik ala bento.Perlu diketahui, anak-anak adalah makhluk visual, membuat bekal sekolahanak dengan penampilan semenarik mungkin sangat membantu anak menghabiskan makanannya, lho!

O, ya, saya selalu melengkapi bekal sekolah Langit dengan sekotak susu cair rasa stroberi, rasa (dengan warna pink) favoritnya. Nah, kebetulan Frisian Flag Kid ada ukuran 115 ml, maka saya memilih susu dalam ukuran ini untuk dibawa ke sekolah, karena lebih ringkas tapi tetap memenuhi kebutuhan nutrisinya.

O, ya, gabung di fanpage Susu Cair Frisian Flag, yuk. Banyak sekali info mengenai anak, resep, sekolah, dan dan promo-promo menarik di sana.

Nah, gimana Mommies? Ada yang mau tambahkan manfaat lain membawakan bekal anak ke sekolah?

 


11 Comments - Write a Comment

  1. wihiiiii.. iyaaaah, aku dari TK, SD, SMP, SMU kalo pas ada pelajaran tambahan selalu bekel dari rumaaahh :)
    seneeng ajaaa apalagi kalo temen-temen kliatan banget ngirinya ngeliat aku dibekelin mamaku :p hehehe :p
    sampe kpikiran duluuuu zaman belom nikah nih, kalo ntar nikah mau selalu bekelin makan siang buat suamiku ala bento lengkap dengan foto (ku/berdua haha) plus note “penyemangat” hahahaha.. tapi sayaaaang, ga kesampeaaan :( suamiku ada catering sih dari kantornya :D hihihi..
    mungkin dalem hati suamiku ngucap syukur kali yah ga jadi dapet bekel cupu hehehehe :D

    tapi aku seriuuusss, pengeeen ntar Lian sekolah selalu aku kasih bekel sendiri!!
    SEMANGAT!! hehe :D

Post Comment