Pesta Reksadana!

“Ibu-ibu sekarang mainannya reksadana,” pernah saya baca salah satu twit seperti ini. Benarkah?  Pertanda melek investasi ataukah sebatas tahu dan memiliki? Apapun artinya, it’s a good sign. Bisa jadi kita akrab dengan istilah reksadana ini. Tapi, sudah benarkah pemahaman kita?

“Tidak cukup sekedar tahu, ya?” Perlu pemahaman lebih dalam, karena instrumen reksadana ini lebih kompleks, tidak seperti tabungan yang hanya mengerti perkara bunga dan transaksi. Atau seperti emas yang intinya, berapa harga sekarang. Keputusan membeli reksadana seharusnya didukung pengetahuan mengenai konsep reksadana, apa resikonya, bagaimana nature return-nya, bagaimana performanya, cara pembeliannya, dan lain-lain.

Nah, sudah jadi ibu yang melek investasi reksadana? Karena saat ini di Mal Central Park Jakarta sedang berlangsung Pekan Reksadana Nasional, dari tanggal 18-21 Oktober 2012. Rangkaian acara dan pameran yang disebut pesta reksadana itu, pas banget untuk update pengetahuan kita tentang reksadana.

Ini beberapa alasan mengapa kita perlu datang:

  • ada 45 manajer investasi (penerbit reksadana) dan agen penjual reksadana yang berpartisipasi. Jadi paling lengkaaap. Mau tahu prospek seluruh produk reksadana yang saat ini beredar di Indonesia? Ada semua!
  • Reksadana adalah produk investasi yang menawarkan banyak keunggulan dibanding instrumen lain. Namun,jumlah investornya masih tergolong kecil. Nah, temukan mengapa produk ini harus menjadi (salah satu) sarana investasi keluarga kita.
  • Ada check-up kesehatan investasi gratis dari Klinik Investasi Danareksa. Konsultasi dan rekomendasi yang diberikan juga komprehensif, seperti mendapat jasa investment planner gratis! Tapi sayangnya, spot yang tersedia hanya sedikit, jadi bila pengunjung yang datang banyak, bisa-bisa antri lamaa.
  • Hampir semua booth, tidak hanya berorientasi menjual produk reksadananya. Karena mereka juga bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi yang luas tentang reksadana. Jadi, manfaatkan beberapa materi edukasi seputar investasi dan dan reksadana yang tersedia di beberapa booth secara gratis.

Sayangnya, space pameran relatif kecil, sehingga terkesan sempit. Apalagi kalau pengunjung yang datang ramai, akhirnya banyak yang tidak terlayani. O,ya, bila kurang puas dengan jawaban booth assistant, jangan ragu untuk meminta bertanya langsung dengan supervisor atau product manager di booth tersebut.

Anyway, acara ini tetap recommended untuk dikunjungi bersama suami dan keluarga. Akan banyak nilai tambah yang kita dapat, apalagi itu menyangkut masa depan keluarga.


9 Comments - Write a Comment

  1. Reksadana itu artinya kumpulan dana dari masyarakat (investor) yang selanjutnya di kelola oleh Manajer Investasi (MI) untuk dibelikan portofolio efek.

    Reksadana ada di Indonesia sejak tahun 1976, namun berkembang pesat mulai tahun 1995.

    Saya sendiri memiliki reksadana dan bekerja di salah satu perusahaan MI yang mengelola reksadana di Jakarta.

    Reksadana (RD) itu bersifat HI RISK HI RETURN, semakin besar keuntungan semakin besar pula resikonya, dan RD itu BUKAN merupakan OBJEK PAJAK, jadi apabila disitu dikatakan return (keuntungan) anda 5% pertahun, ya nett 5% itu yang anda bawa pulang, berbeda dengan Bank, bunga bank misalnya 3% pertahun, itu GROSS karena seluruh produk perbankan itu dikurangi 20%-nya untuk pajak jadi untuk bunga bank itu sendiri kita hanya bisa bawa pulang 2.4% setahun. (misalnya, besar tabungan anda di Bank Rp. 1jt, maka NETT yang anda terima 1.024.000 belum dipotong admin pajak 9.000-13.000 perbulan (tergantung jenis tabungannya) = 1.024.000-108.000 (admin bank selama setahun) total uang anda menjadi Rp. 916.000, kalau di RD uang anda menjadi 1.050.000 NETT.

    Reksadana itu umumnya ada 4 macam, kita mulai dari yang resikonya paling kecil yaa…(dan automaticly returnnya pun mulai dr yg terkecil) :
    1. RD Pasar Uang, komparasinya ini adalah dengan bunga bank (tabungan) dan Bilyet Giro, product kami dalam setahun terakhir perjalanannya kemarin bisa menghasilkan 5,06% per tahun (saran lama investasi : minimal 1 tahun)

    2. RD Pendapatan Tetap, komparasinya ini adalah dengan bunga deposito. (saran lama investasi : minimal 1 tahun)

    3. RD campuran, dana kelolaan disini dibelanjakan untuk portofolio yang bersifat obligasi (surat utang), pasar uang dan sebagian kecil di saham. ini sudah mulai berlaku hukum HI RISK HI RETURN (karena mengandung unsur saham didalamnya) perlu dipahami saham selalu fluktuatif setiap harinya. (saran lama investasi : minimal 3 tahun)

    4. RD saham / equity, dana kelolaan disini dibelanjakan 80%nya di saham, dan sisanya di obligasi, pasar uang. dari ke-4 product ini inilah yang paling favorit karena dapat memberikan return yg maximal untuk jangka panjang (saran lama investasi : minimal 5 tahun)

    Yang terakhir…..
    **Mengenali tujuan berinvestasi di product RD
    a. Untuk jangka pendek (1-3 tahun) -> untuk dana berlibur, membeli mobil, berhenti kerja sementara

    b. Untuk jangka menengah (3-5 tahun) -> untuk membeli rumah, cuti panjang, membeli perhiasan mewah

    c. Untuk jangka panjang (>5 tahun) -> untuk biaya pendidikan anak, membeli villa, pensiun dini.

    Memang product reksadana merupakan industri keuangan yang masih terbilang baru di Indonesia, namun dari bukti yang ada hampir keseluruhan return yang ditawarkan MI memberikan hasil diatas bunga bank. Inilah salah satu alasan kenapa RD sangat diminati, terlebih investor tidak perlu berlama-lama pantengin komputer, jadi autis atau belajar banyak ilmu baru tentang trading saham langsung, yg rumit untuk pemula yg masih awam.

    Product Kami keseluruhannya bisa dibeli dengan pembelian awal minimal Rp. 1jt dan minimal Rp. 500ribu untuk nilai top up selanjutnya.

    Perlu diingat, untuk semua investasi pasti memiliki resiko, menabungpun resiko bila ditelaah (resiko dana pokok berkurang terus), namun kalimat bijak dalam sebuah investasi adalah, “jangan simpan telur dalam 1 keranjang”, sehingga aset anda mungkin dapat berkurang, namun dapat tertolong juga oleh aset yang lain karena nilainya yang terus meningkat.

    Dan jangan takut Reksadana itu product buatan pemerintah, yang ada dibawah naungan BAPEPAM LK atau nama barunya sekarang OJK.

    Selamat berinvestasi, TELITI SEBELUM BERINVESTASI !!!

    Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi : 085692330908 dengan Saya IRMA RATNA.

    -Terima kasih-

Post Comment