Fun & Study di Eco Green Park

Pernah ke Batu Secret Zoo? Yakin, deh, pasti banyak Mommies yang sudah (atau mungkin lagi merencanakan) ajak anaknya jalan-jalan ke kebun binatang yang—IMHO—terkeren di Indonesia saat ini.

Tapi, kali ini bukan Batu Secret Zoo yang ingin saya bahas, melainkan Eco Green Park yang berlokasi persis di sebelahnya. Meski merupakan bagian dari Jawa Timur Park 2 juga, nama Eco Green Park belum sehits saudaranya. Soalnya, tempat ini memang baru saja soft opening 1 Juli 2012.

Pas saya mengajak Rakata-Ranaka ke sini di akhir Juli lalu, bahkan harga tiket masuknya masih diskon 50 persen, cukup bayar Rp 20.000 per orang (gratis bagi anak yang tingginya di bawah 85 cm).

Baru saja masuk gerbang utama, saya langsung disambut suara bor dan aneka mesin pemotong. Oalah, pantes diskonnya gede, ternyata pas kami datang belum seluruhnya rampung. Masih ada penyempurnaan di sana-sini.

Petualangan dimulai dengan menyusuri jembatan kayu. Pernah ke Suaka Margasatwa Muara Angke? Kurang lebih seperti itu jembatan kayunya, hanya saja di kiri-kanan bukan hutan bakau, melainkan kandang aneka unggas, seperti burung unta, bangau, dan lainnya.

Selesai meniti jembatan kayu, ada satu kolam berisi ‘mesin’ yang digerakkan oleh tenaga air. ‘Mesinnya’ bisa dimainkan dan menghasilkan aneka bunyi-bunyian. Ada pistol air raksasa yang diarahkan ke semacam angklung besi, ada kincir air yang bisa diputar, bahkan ada sutil yang disusun macam gamelan.Di sekitar kolam, ada cafe (jangan lupa icip homemade yoghurt-nya… super segar!). Lalu ada kebun/ladang mungil berisi macam-macam tanaman, di antaranya kubis, tebu, dan bawang putih—meski tiap hari ketemu di dapur, baru kali itu saya lihat bawang putih masih nancep di tanah :D

Habis ngemil dan puas melihat si bawang, kami masuk ke wahana bernama Jungle Adventure. Di sini, pengunjung dibawa ke dalam hutan buatan dengan naik mobil. Di dalam hutan ada robot-robot berbentuk hewan dan manusia. Tugas pengunjung adalah memusnahkan manusia jahat (di sini digambarkan lewat sosok pemburu dan penebang liar) dengan pistol laser.Di bagian dada manusia jahat yang harus dimusnahkan terdapat logo sasaran tembak. Bagi pengunjung yang berhasil mengenai sasaran, mendapat poin. Total, suami berhasil mendapat lima poin, sementara saya hanya dua—tapi saya tetap lebih banyak dari Rakata yang poinnya nol, dong …. *lah, kompetitif, kok, sama anak umur tiga tahun*

Dari Jungle Adventure, kami lanjut masuk ke Animal Farm. Sesuai namanya, tampilan area ini berupa peternakan dengan kandang dan pagar dari kayu. Hewannya ada kambing, sapi, dan ayam. Tidak seperti ayam lokal yang tampilannya pas-pasan, ayam-ayam asal luar negeri ini cantik-cantik sekali! Bulunya berwarna-warni.

Keluar dari Animal Farm, akan ketemu World of Parrot (berisi ratusan jenis kakatua!) dan Duck Kingdom. Di dua tempat ini pengunjung bisa beli makanan (berupa biji-bijian) untuk dikasih ke kakatua, bebek, angsa, dan lainnya. Wah, Rakata senang sekali, apalagi ketika burung-burung kecil (entah apa) menghampiri telapak tangannya untuk mematuk biji-bijian.Bukan hanya dipuaskan dengan burung dan unggas, di sini juga ada beberapa wahana permainan, seperti Rumah Terbalik (sayang, pas kami datang masih tutup), Water Track (semacam permainan menginjak batu di Benteng Takeshi, di mana ada batu jebakan yang bisa amblas ke dalam air), bahkan ada si hits Angry Bird (dengan katapel raksasanya).Belum lagi wahana-wahana edukatif seperti Carnivor Garden (berisi aneka tanaman unik), percontohan tenaga air menjadi tenaga listrik, langkah-langkah mengelola sampah, Eco Journey (nonton film dan simulasi mengenai bumi) sambil naik kereta berkapasitas dua orang, dan lainnya. Petugas di sini ramah-ramah sekali. Tanpa diminta, mereka menawarkan diri menjaga Ranaka yang tertidur di stroller setiap saya, suami, dan Rakata ingin mencoba wahana tertentu.

Menurut spanduk di sana, total ada 25 wahana. Sesuai tagline-nya, yaitu Fun & Study, tempat wisata ini memang seru dan mendidik. Sangat-sangat-sangat saya rekomendasikan, terutama buat Mommies yang anaknya sudah SD :)

 

Eco Green Park

(Kompleks Jawa Timur Park 2)

Jln. Oro-Oro Ombo no. 9 A,

Kota Wisata Batu, Jawa Timur


8 Comments - Write a Comment

Post Comment