Gunting Bulu Mata Bayi Bikin Bulu Mata Lentik?

Seumur hidup, obsesi saya adalah mendapatkan bulu mata yang tebal, panjang dan lentik. Maklum, bulu mata saya pendek dan lurus. Jadi supaya bulu mata lentik, segala cara saya coba.

Nah, saat punya anak, apalagi anak perempuan, saya pun berusaha supaya Nadira tidak bernasib sama seperti saya. Saat hamil, saya tertarik dengan seorang bude suami yang menganjurkan saya agar rajin mengguntingi bulu mata anak saya kelak. “Itu cucu Bude dua-duanya Bude guntingi bulu matanya saat masih bayi secara rutin. Lihat, deh, bulu mata mereka lentik-lentik, kan?”

Saya akui, bulu mata kedua cucu bude suami memang bagus, sekaligus bikin iri saya yang berbulu mata lempeng ini. Dari situ, saya pun bertekad untuk rajin mengguntingi bulu mata anak saya saat dia lahir kelak.

Begitu Nadira lahir, setiap ia berulang bulan, saya rajin mengguntingi bulu matanya, menggunakan gunting kecil yang berujung tumpul. Gunting seperti ini biasanya ada di set gunting kuku bayi. Kenapa setiap ulang bulan? Ini, sih, trik saya saja supaya nggak lupa. Jadi, deh, setiap tanggal 20, saya sempatkan mengguntingi bulu matanya.

Awal-awal, hati terasa deg-degan juga. Apalagi mama saya juga nggak pernah mengguntingi bulu mata anak-anaknya. Sementara rumah bude suami jauh sekali. Jadi saya pun berusaha meraba-raba supaya nggak salah. Saya mencoba mengguntingi sedikit bulu mata di bagian ujung. Nggak mau kelebihan, takut botak, hehehe.

O, ya, saat menggunting, saya selalu memastikan Nadira tengah tidur lelap. Sehingga dia tidak terganggu upaya pengguntingan bulu mata, dan saya juga tidak terganggu jika tiba-tiba dia terbangun. Semua dilakukan secepat mungkin.

Pertanyaannya, apakah gunting bulu mata ini berpengaruh pada bulu mata Nadira? Menurut saya, sih, biasa aja ya. Bulu mata Nadira nggak selentik yang saya harapkan. Namun saya akui, bulu matanya jauh lebih bagus dibanding bulu mata saya yang minimalis ini. Padahal bulu mata suami juga nggak lentik sama sekali.

Lagi pula, banyak juga, lho, anak yang bulu matanya lentik tanpa diguntingi sama sekali. Keponakan saya, Langit, berbulu mata panjang dan lentik tanpa diguntingi. Kalo saya lihat, sih, ini karena faktor genetik dari ayahnya.

Jadi, ya, kalau saya pikir-pikir, mengguntingi bulu mata anak waktu bayi itu sebenarnya nggak terlalu berpengaruh, ya. Yang paling dominan, tentu saja faktor genetika. Tapi buat saya, yang amat desperado dengan urusan bulu mata ini, mengguntingi bulu mata anak tidak membuat saya menyesal. Yang penting sekarang bulu mata Nadira lebih bagus dari saya. Hahaha.


28 Comments - Write a Comment

  1. Dulu waktu hamil Baron gak henti2nya berdoa.. “Ya Allah, semoga kalau anakku lahir kelak, bulu matanya lentik kayak bapaknya”…. eh, alhamdulillah terkabul looh.. bapak & anak laki bulu matanya panjang, banyak & lentik.. ibunya jarang & lempeng… qkqkqkqk… :P

  2. nenglita

    Beruntung Langit ga perlu digunting2 bulu matanya, udh panjang dan lentik ngikut bapaknya. Idem sama Mbak Shinta Daniel, waktu hamil berdoa supaya anaknya nanti bulmat panjang dan lentik kaya bapaknya, alhamdulillah dikabulkan, malahan lengkap sama mukanya plek ketiplek mirip bapaknya juga :))

  3. gw malah korban digunting bulu mata sama mbak yg jagain gw dulu (tanpa izin nyokap gw pula), alhasil bulu matanya ya lempeng dot com gitu T_T. skrg klo liat bulu mata anak2x gak lentik sie, tp lebih panjang dan tebal drpd gw sendiri, jadi berpikir mgkn bulu mata gw harusnya seperti mereka gak ya?

  4. dulu gw jg gunting bulu mata Kayla. cukup 2x saja. tapiii rutin tiap pagi sebelum injak tanah a.k.a kaki belom turun kasur, dijilatin dulu bulu mata anak gw :D agak terlalu “kuno” siy kedengerannyah :D
    tapi yaaaa smpe saat ini, stiap ada yg liat bulu mata Kayla, selalu komen “iiihhhh bulu matanya lentik bgt” hihihihi
    ga tau jg siy pengaruh digunting+dijilat atau menurun dr si bapaknya yg memang lentik :p

  5. Anak gue dua2nya wkt lahir bulu matanya lurus ke bawah, nggak lentik sama sekali. Bulu mata gue lumayan lentik, dulu wkt bayi bulu mata gue emang dipotong katanya. Bulu mata hubby nggak dipotong tapi nggak terlalu lurus juga, agak lentik malah.
    Akhirnya gue putuskan utk motong bulu mata anak2 gue, masing2 gue potong 3x. Hasilnya… lentik semua, he2..

Post Comment