dr. Piprim dan Rumah Vaksinasi

by: - Monday, September 17th, 2012 at 8:00 am

In: Family Doctor Health 26 responses

0 share

Bagi para Mommies ‘aktivis’ Twitter, akun Twitter @dr_piprim merupakan salah satu yang wajib di-follow. Dokter anak yang praktik di RSCM ini merupakan salah satu dokter anak yang aktif menjawab pertanyaan para ibu di twitterland.

Baru-baru ini, dr Piprim Basarah Yanuarso, MD membuat Rumah Vaksinasi. Nah, saya sempat berbincang dengan dokter yang ramah dan nggak pelit ilmu ini mengenai Rumah Vaksinasi. Silakan disimak!

Bisa diceritakan awal ide mendirikan Rumah Vaksinasi?

Awal berdirinya rumah vaksinasi adalah sekitar akhir Maret 2012 pada saat seorang follower saya di Twitter mengeluhkan tarif vaksinasi di RS swasta yang sangat mahal, sementara suaminya adalah seorang PNS. Lalu saya berpikir, bagaimana, ya, agar vaksinasi itu bisa murah. Rupanya vaksin itu beda dengan obat. Jalur untuk vaksin lebih pendek, dari distributor vaksin bisa langsung ke dokter sebagai vaksinator tanpa harus melalui apotek. Nah, setelah mempelajari hal ini maka saya lalu menemukan ide, kalo begitu kita buat saja rumah vaksinasi yang bisa menyediakan vaksinasi murah alias vaksinasi nonprofit. Konsepnya begini: vaksin itu sangat penting untuk upaya preventif agar anak-anak Indonesia tetap sehat. Jadi vaksin mestinya bukan barang komoditas. Tidak boleh ambil untung dalam jual beli vaksin. Konsep vaksinasi nonprofit atau vaksin murah yang disediakan di Rumah Vaksinasi adalah vaksin dengan harga dari distributor lalu ditambah jasa medis dokter. Nah, itu saja komponennya. Paling kami dapat untung tipis dari sistem bonus bila beli vaksin dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, maka tarif vaksinasi di Rumah Vaksinasi bisa ditekan menjadi sangat murah dibanding dengan di RS swasta. Namun saya akui bahwa tarif vaksinasi murah itu pun masih amat mahal untuk masyarakat tak mampu. Karena idealnya memang vaksinasi itu disubsidi oleh negara. Seperti di negara-negara maju semua jenis vaksin sudah masuk dalam asuransi. Semoga di sini pun seperti itu kelak.

Vaksin apa saja yang disediakan disini, dok?

Vaksin yang disediakan di Rumah Vaksinasi hampir semua ada kecuali yang dimonopoli pemerintah seperti vaksin meningitis untuk jamaah haji. Ada 14 jenis vaksin yang tersedia di tempat kami.

Vaksin untuk dewasa juga tersedia di Rumah Vaksinasi, harapannya agar orangtua yang mengantar anaknya bisa sekaligus dilakukan vaksinasi bila berkenan.

Selain untuk imunisasi, ada layanan lain seperti konsultasi kesehatan atau hanya imunisasi saja?

Selain vaksinasi,  Rumah Vaksinasi juga melayani konsultasi kesehatan anak serta khitan bayi laki-laki dan perempuan. Sekarang ini sulit menemukan tenaga kesehatan yg mau melakukan khitan bayi perempuan. Padahal dalam permenkes 2010 sudah diatur tata cara khitan bayi perempuan yang sesuai dengan kaidah medis dan syariat. Namun sampai saat ini masih banyak yang salah paham terhadap hal ini. Kalau khitan bayi laki-laki itu memang hobi saya sejak mahasiswa, haha.

Sejauh ini respons masyarakat gimana, dok?

Respons masyarakat sangat baik. Mereka antusias menyambut kehadiran Rumah Vaksinasi. Kalau Sabtu, bayi dan anak-anak mungil dari berbagai tempat berkunjung ke tempat kami untuk divaksinasi. Bahkan di Twitter sudah banyak permintaan untuk membuka cabang Rumah Vaksinasi di berbagai kota. Sampai saat ini cabang Rumah Vaksinasi baru ada di Solo dan Semarang.

Respons dari teman sejawat juga bagus. Saya mendapat simpati dari beberapa sejawat atas upaya membuat program vaksin murah ini. Sebetulnya tarif vaksinasi di beberapa kota memang sudah murah, misalnya seperti di Yogya. Nah, yang diperlukan adalah regulasi dari pemerintah untuk menekan harga vaksin serendah mungkin dan memasukkannya ke dalam subsidi seperti di negara lain. Jadi saya berharap vaksin murah yang diluncurkan Rumah Vaksinasi sedikit demi sedikit bisa menekan harga vaksinasi di Indonesia baik secara langsung maupun tak langsung. Jangan ambil untung dari vaksinasi deh … anggap saja itu sumbangsih kita untuk anak-anak Indonesia. Kan kita masih bisa dapat jasa pemeriksaannya. Itu sudah cukuplah. Ingat vaksin dan obat esensial bukanlah komoditas. Tak boleh cari untung dari vaksin.

Bisa diberikan contoh ilustrasi perbedaan harga antara vaksin di RS biasa dengan Rumah Vaksinasi?

Semurah apa sih tarif vaksinasi di Rumah Vaksinasi itu? Karena kami nggak ambil untung dan cuma ambil jasa medis dokter saja, maka selisih tarifnya ya lumayan jauh. Misal untuk vaksinasi PCV 13 di RS swasta bisa Rp 1,2-1,4 juta nah di rumah vaksinasi cuma Rp 750 ribu.

Apakah berdirinya Rumah Vaksinasi karena maraknya gerakan antivaksin?

Berdirinya rumah vaksinasi juga untuk menjawab tuduhan kelompok antivaksin yang bilang bahwa vaksin adalah bisnisnya para dokter. Saya ingin menjawab dengan bukti nyata yaitu berdirinya rumah vaksinasi ini. Di sini vaksin bukan barang komoditas sehingga kami bisa menekan harga menjadi sangat murah.

Ada harapan atau pesan khusus dari dokter Piprim berkaitan dengan kesehatan anak dan keluarga di Indonesia?

Pesan khusus saya untuk anak-anak Indonesia adalah ayo galakkan vaksinasi sebagai upaya preventif untuk mencegah penyakit-penyakit yang menular dan berbahaya, bisa menimbulkan cacat dan kematian. Dengan vaksinasi ini kita sudah melakukan suatu usaha atau ikhtiar yang jauh lebih murah bila dibandingkan dengan biaya pengobatan setelah jatuh sakit.

Gimana Mommies, tertarik ke Rumah Vaksinasi? Silakan langsung ke alamat berikut:

Jakarta: Jl Raya Inpres no 81 RT 05/09 Kp Tengah Kramat Jati Jaktim. Tlp 02187798431

Solo: Jl. Prof. Suharso No 22 Jajar Solo,telpon 0271.7974433

Semarang: Jl. Arya Mukti Raya no 649, Pedurungan, Semarang. Telp: 081326647773

Share this story:

Recommended for you:

26 thoughts on “dr. Piprim dan Rumah Vaksinasi

  1. Pingback: Shinta Yuniasti
  2. Pingback: Mommies Daily
  3. Pingback: Ranny Apriliani
  4. Pingback: lita iqtianti
  5. Pingback: iyut nurmawan
  6. Pingback: Amalia Nastiti
  7. Pingback: Mommies Daily
  8. Pingback: vira mutia
  9. Pingback: Meralda Suhud
  10. Pingback: melia darmawati
  11. Dr. Piprim ini selaen praktek di RSCM juga praktek di RS Hermina Bekasi loh! *ini bukan promo tp nambahin info ya^^*
    Beliau ini sangat komunikatif banget! Qta tanya2 via twitter dan BBM juga selalu diladeni dgn sabar :)

  12. Pingback: Atikah Bujo
  13. Pingback: Maseko Sakazawa
  14. Pingback: res
  15. Pingback: Ria Dewi Sutanti
  16. Pingback: Ria Dewi Sutanti

Leave a Reply