Blue Ice: ASIP, Tetaplah Beku!

Bagi ibu bekerja seperti saya, stok ASIP beku itu pentingnya tingkat dewa! Karena setiap hari hasil perahan selalu defisit dengan yang diminum Zahra, jadi stock ASIP beku yang sudah saya kumpulkan sebelum bekerja itu sangat membantu untuk mencukupi kebutuhan ASI Zahra. Saya mulai mompa sejak Zahra berumur 7 hari. Walau mungkin hanya mampu 60 ml awalnya, tapi saya terus kumpulkan hingga waktu saya bekerja saya bisa stok kurang lebih 60 botol ASIP @ 100ml.

Masalahnya adalah ASIP itu berada di Bandung, sedangkan saya bekerja di Jakarta. Jadi kita harus memindahkan ASIP itu dari Bandung ke Jakarta dalam keadaaan tetap beku, tanpa cair sedikit pun karena kalau sudah cair tentu saja tidak bisa dibekukan lagi, dan sia-sialah usaha saya untuk mengumpulkan ASIP selama 2 bulan.

Akhirnya saya bagi menjadi 2 kali pengantaran dengan mobil. 30 botol pertama dan 30 botol kedua. Saya masukkan ke dalam cooler box besar, lalu disisipkan 5 blue ice ukuran besar, dan 6 blue ice ukuran kecil.

Hasilnya Alhamdulillah perjalanan Bandung ke Jakarta yang ditempuh selama kurang lebih 3 jam itu ASIP tetap beku, tidak cair sedikit pun. Memang blue ice bisa bertahan beku selama 8 jam  pada suhu normal.

Namun belum cukup tampaknya tantangan saya untuk menjaga ASIP-ASIP ini untuk tetap beku. Karena sampai di Jakarta rumah sering mati listrik. Untunglah saat mati listrik blue ice kembali berfungsi, saya tinggal sisipkan blue ice di freezer selang seling dengan ASIP, dan sama sekali tidak membuka pintu freezer, ASIP tetap beku walau 5 jam mati listrik. Benda biru ini benar-benar berguna, ya … Mommies pernah mengalami keadaan serupa? Deg-deg-annya itu, lho, ya.. hehe.


11 Comments - Write a Comment

  1. Pingback: QQ

  2. pernah mbak,saya juga ibu bekerja,pernah waktu pulang kantor pas hujan deras,namanya jakarta ya,jadilah macet tak terhindarkan..biasanya smp rmh cukup 1 jam,ini 4 jam saja..dan si blue ice ini memang penyelamat bgt deh..ASIP saya tdk cair sedikit pun :)

  3. Sama nih, saya waktu itu yang cutinya di madiun mesti balik ke jogja sambil bawa sekitar 4 liter ASIP. Perjalanan kurang lebih 4-5 jam. Naah..berhubung waktu itu gak punya blue ice, jadilah saya pake es batu yang dipecahin, garem sama kotak sterefoam. Diselotip rapet. Alhamdulillah sampe jogja ga mencair sama sekali, malah yang tadinya agak cair (karna pintu freezer sempet kebuka) jadi beku lagi. ASIPpun selamat sentosa :D

Post Comment