Ngabuburit ASIX Dengan AIMI Bekasi

Selama ini, saya belum pernah mengikuti seminar atau kelas atau talkshow dengan pembicara dr. Utami Roesli. Oh, dulu pernah, deh, beliau jadi bintang tamu di sebuah program televisi yang saya kerjakan. Tapi berhubung belum menikah dan masih cuek dengan dunia per-ASI-an yang dalam pandangan saya “emak-emak banget”, maka saya nggak ngobrol banyak dengan beliau.

Di hari pertama Ramadan, kami mendapat undangan dari AIMI Bekasi untuk Ngabuburit ASIX di sebuah mal kawasan Bekasi. Secara saya ini ‘Bekasi Banget’, hihihi, maka tanpa pikir panjang, saya memenuhi undangan tersebut. Sengaja saya datang yang pagi, karena memang ingin mengejar dr. Utami Roesli sebagai pembicara. Di talkshow sesi pertama itu, AIMI Bekasi mengetangahkan tema mengenai Manajemen ASI Selama berpuasa, ditinjau dari sisi medis dan agama. Bintang tamunya selain dr. Utami Roesli, ada Della Sabrina dan Ustazah Hj. Inna Nursusiami.

Ibu menyusui puasa? Menurut Hj.Inna, dalam Qur’an semua perbuatan tergantung niatnya. Menyusui adalah ibadah, puasa juga ibadah. Maka dalam satu hari puasa para busui yang berpuasa sudah melakukan begitu banyak ibadah.

Sementara itu dr. Tami (panggilan dr. Utami Roesli), membuka presentasinya dengan mengatakan, “Selalu niatkan, menyusui itu ibadah. Karena anak-anak bukan milik kalian, tapi milik ALLAH.”

Menurutnya lagi, busui yang puasa tetap tidak memengaruhi produksi ASI karena produksi ASI dipengaruhi supply and demand. Selama tetap disusui dan diperah seperti biasa, puasa bukan penyebab produksi asi menjadi turun.

Selain berbicara mengenai busui dan puasa, dr. Tami juga berbagi cerita mengenai seputar ASI salah satunya keajaiban IMD. Jujur, saya sudah cukup sering menyaksikan video IMD, tapi setiap menyaksikan video IMD, pasti berkaca-kaca lagi #TimMewek. O, ya, dan berjanji sama diri sendiri, jika nanti ternyata berani hamil lagi, saya harus IMD!

“Semua bayi yang diletakkan di dada ibunya minimal 1 jam [IMD], anak pejabat atau TKI, pasti bisa menemukan puting ibunya.” Ia juga menambahkan bahwa jika 6 jam saja bayi baru lahir dipisahkan dari ibunya, stresnya akan meningkat sehingga daya tahan tubuh menurun. Dada ibu adalah tempat  terbaik bagi bayi yang baru lahir. Luar biasa, kan? Apa coba alasannya sampai tidak melakukan IMD?

Di akhir sesi, dr. Tami memutarkan video ini *yuk, mewek bareng*

 

Setelah menangis terharu bersama, Della membagi kiatnya seputar puasa sambil menyusui. Della memang luar biasa, sih, menurut saya, masih ingat waktu Della menargetkan kumpulin 600 botol ASIP? Ternyata saat mengumpulkan itu juga ada pas yang bulan Ramadan, lho.

Sesi 2 dibawakan oleh dr. Fransisca Handy, SpA, IBCLC mengenai Mitos Anak Gemuk= Sehat dan Lucu. Padahal jika dikembalikan pada istilahnya, SEHAT itu artinya tidak sakit, bertumbuh dan berkembang secara optimal.  Sedangkan definisi dari kata gemuk sendiri artinya kelebihan berat badan, gizi lebih, obesitas. Bahkan berisiko penyakit diabetes mellitus, jantung koroner, stroke, hipertensi.

Saya pribadi, salut dengan AIMI Bekasi. Di Ngabuburit ASIX kemarin, peserta talkshow gratis ini, melebihi kapasitas kursi yang disediakan, lho! Dan, bukan hanya sekedar datang, aneka pertanyaan dan sharing dari para peserta membuat talkshow ini menurut saya, cukup interaktif. Selain talkshow, ada juga bazaar, lomba foto keluarga sehat ASI, dan juga Kelas Edukasi mini dan konseling.

Salut untuk AIMI Bekasi, ditunggu acara selanjutnya, ya!

 

 


5 Comments - Write a Comment

Post Comment