Jambi Peduli ASI…We Share and We Care

Membahas ASI, sudah tidak terbantahkan, ya, Mommies, bahwa ASI adalah yang terbaik untuk bayi di 6 bulan awal usianya, setelah itu asupan makanan dengan nutrisi berimbang sangat dibutuhkan demi mendukung tumbuh kembangnya, tentu saja dengan tetap memberikan ASI hingga usia 2 tahun lebih.

Namun sayangnya, fakta ini tidak sepenuhnya dipahami oleh orangtua khususnya para ibu, setidaknya itu yang kami temukan di lingkungan sekitar kami.  Masih banyak teman atau  kerabat yang tidak memberikan ASI kepada bayi nya. Minimnya informasi, kurangnya dukungan dari lingkungan (keluarga, teman, kerabat, tenaga kesehatan, dll) serta banyaknya mitos-mitos yang menyesatkan seputar ASI atau menyusui, menjadi faktor terbesar kegagalan ibu menyusui.

Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk membentuk semacam komunitas /support group antar sesama ibu menyusui yang berdomisili di area tempat tinggal kami, yaitu di Jambi dan sekitarnya.  Komunitas Jambi Peduli ASI (JPA) dibentuk semata-mata sebagai wadah untuk saling bertukar informasi dan pengalaman serta saling memberi dukungan yang dibutuhkan antar sesama anggotanya, yang saat ini sudah mencapai 30 orang, hal ini dilakukan demi mendukung suksesnya proses menyusui.

Anggota JPA sendiri terdiri dari berbagai latar belakang, tidak harus ibu yang sukses memberikan ASIX untuk buah hatinya, sebagian ada yang belum berhasil memberikan ASIX kepada anak pertamanya namun bertekad ingin sukses menyusui di anak kedua dan seterusnya, ada juga anggota yang sedang dalam proses relaktasi.  Kami terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung selama memiliki tujuan dan niat yang sama.

Selain itu kami juga ingin lebih menggiatkan kampanye dan pendidikan tentang pentingnya ASI di Kota Jambi dan sekitarnya, mengingat disini sulit sekali menemukan fasilitas-fasilitas kesehatan (rumah sakit, klinik, dsb) yang benar-benar pro asi, serta nyaris mustahil menemukan ruang laktasi (nursing room) di berbagai fasilitas dan sarana umum di Kota Jambi.  Sebagai salah satu upaya mengedukasi masyarakat Jambi perihal pentingnya ASI, JPA bersama AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia) menyelenggarakan Kelas EdukASI (KE) perdana di Kota Jambi di bulan Juni 2012 kemarin, dan akan menyusul KE-KE berikutnya. Selain itu kegiatian rutin JPA adalah JPA’s Day Out setiap 2 bulan sekali.  Dalam JPA’s Day Out ini, pengurus dan anggota JPA akan turun ke jalan membagikan brosur-brosur seputar ASI dan menyusui. Kami juga mengikutkan beberapa orang pengurus JPA untuk mengikuti pelatihan sebagai Konselor Laktasi.

Kami berharap dengan adanya kegiatan-kegiatan atau kampanye-kampanye rutin seputar ASI dan menyusui, akan lebih banyak lagi ibu-ibu di wilayah Provinsi Jambi yang dapat memberikan ASI serta bisa mendapatkan dukungan yang dibutuhkan, baik oleh Pemerintah Daerah setempat maupun pihak-pihak lainnya.  Langkah ini dirasa akan semakin mudah setelah pemerintah mensahkan PP No. 33/2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif (PASIE) pada 1 Maret 2012 yang lalu.  Peraturan Pemerintah ini menjamin pemenuhan hak bayi dan perlindungan ibu menyusui serta meningkatkan peran keluarga, masyarakat, dan pemerintah dalam pemberian ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan.

Buat para Mommies yang berdomisili di Jambi dan mau bergabung bersama kami, sila kirim email ke jambipeduliasi(at)gmail(dot)com, nanti admin kami akan mengirimkan email balasan berisi formulir data diri yang harus dilengkapi.

Let’s support each other and share your story.

 

Jambi Peduli ASI (JPA)

Email               : jambipeduliasi(at)gmail(dot)com

Twitter            : @jambi_peduliASI

 


17 Comments - Write a Comment

  1. @Mba Manda : semoga tetep solid ke depannya…aminnnn :)

    @Lala : thank u dear, berkat elo juga nih, gw kan banyak tanya2 ke elo, maap yakk sering digangguin di whatsapp hihihihihi…

    @ Mba Lita : thank u :D

Post Comment