Es Cincau Karamel

Cuaca yang amat panas belakangan ini memang cepat bikin haus. Dalam kondisi begini, tentu saja paling enak adalah minum minuman dingin, terutama es campur. Tapi, kalo beli, kadang sering nggak higienis ya, Mom. Gimana kalo kita bikin sendiri aja?

Di rumah, saya sering banget bikin resep es berikut ini. Asli gampang banget, hassle free dan rasanya, sungguh sedap! Nggak percaya? Silakan coba sendiri ya.

Oh ya, resep ini juga cocok untuk hidangan berbuka puasa nanti. Segaarrr!

Bahan:

1 bungkus Nutrijell rasa Cincau

Gula pasir

Air

Susu kental manis

Batu Es

Nata de coco *optional

Cara membuat:

1. Buat agar-agar cincau sesuai petunjuk yang ada dalam kemasan Nutrijell. Kalo saya sih, biasanya takaran gula saya kurangi dengan pertimbangan, nanti toh akan dikasih sirup gula. Setelah mendidih, dinginkan dan biarkan beku. Lalu potong-potong sesuai selera. Bisa juga lho dibentuk lucu menggunakan cookie cutter.

2. Buat sirup karamel dengan cara:

– Letakkan gula pasir dalam panci/wajan. Panaskan dengan api kecil hingga larut dan kecoklatan. Jangan diaduk-aduk, karena akan menempel di sendok. Cukup goyang-goyangkan panci/wajan agar gula mencair dengan rata.

– Setelah cair semua (kalo masih ada sedikit yang belum cair juga nggak apa-apa), siram dengan air hangat. Diamkan sampai gula dan air tercampur rata. Sisihkan.

– Dalam gelas saji, masukkan cincau, siram dengan sirup karamel, batu es dan susu kental manis. Sajikan segera. Yum!


11 Comments - Write a Comment

  1. Seger bener:))..glek..glek…sruput…Mbak Ira emang jago bikin hidangan yg cihuy…oh ya mbak, semalem aku nyasar ke multiply..ternyata mbak Ira Posting resep yg okeh2…patut dicoba. coba nyasarnya dari dulu ya hehe…bisa nyontek MPASI buat anakku. huhuhu..sekalian mo ngaku nih saya pembaca setia blognya mbak Ira:)…nyuwun sewu nggih mbak Ira blom permisi.hehehe…salam kenal dan matur nuwun:)

Post Comment