Gadget Apps For Working Mommy-Chef

Terinspirasi oleh tulisan ibunya Nadira tentang Masak Sendiri, Siapa Takut? dan kebetulan saya baru menempati rumah sendiri, saya memberanikan diri untuk memasak menu harian bagi suami, saya, Zia si balita, Maghali si bayi, dan dua orang asisten. Kalau Mommies bertanya, “Lha wong sudah punya dua orang asisten, kok masih masak?” Jawabannya sesederhana ini: meski mereka jago beberes rumah dan sayang anak, kedua asisten saya tidak bisa masak :). Lagipula si bayi masih dalam program minimum GulGar dan bahan makanan segar, jadi mau tidak mau harus berani turun ke dapur.

Apakah saya jago masak? I’m not 100% a domestic goddess. Saya hanya bisa masakan kebarat-baratan, masakan nusantara adalah nol besar. Jadi andalan saya hanya berpaku pada resep semata, saya tidak jago improvisasi dengan bumbu lokal, apalagi menambahkan bahan dan bumbu semacam pala, ketumbar keluwak dan lainnya. Mau mengandalkan bumbu siap pakai pun tidak mungkin dilakukan setiap hari dengan ada bayi yang sudah bisa makan table food, lagi pula bumbu siap pakai tidak tersedia untuk semua jenis aneka masakan.

Pernah terpikir untuk langganan katering, namun setelah dihitung-hitung, jatuhnya jauh lebih mahal untuk 4 orang dewasa dan 2 orang anak daripada belanja sendiri, maklum lagi masa black period hehehehe *makirit.

Saya memiliki koleksi buku masakan sampai kitab masakan, tapi meluangkan waktu untuk membuka buku saja kok sepertinya susah, ya. Akhirnya saya mulai mencari resep masakan yang mudah namun cocok dengan selera keluarga (dalam hal ini bisa disantap juga oleh anak-anak)dengan meng-abuse fasilitas koneksi internet gratis di kantor (di sela-sela mengetik pekerjaan tentunya). Hasilnya adalah sebagai berikut:

1. Situs dan blog Resep Masakan

Penjelajahan melalui Google ternyata membawa ke banyak situs yang menyajikan resep masakan, seperti Jamie Oliver (siapa yang tidak suka melihat si papa ganteng jago masak ini), atau Martha Stewart (ini andalan saya juga untuk inspirasi party organizer) atau dari BBC Network dan Masterchef Australia. Kekurangannya dari resep masakan Barat adalah bahan-bahan yang tidak mudah tersedia di pasar tradisional atau supermarket lokal.

Untuk masakan lokal saya mengandalkan situs Sajian Sedap dan Majalah Femina. Siapa yang gak kenal dengan resep masakan Majalah Femina, andalan ibu saya waktu muda dengan kliping resepnya dan dikompilasi dalam binder cantik, zaman sekarang tinggal klik di situsnya. Selain itu Sajian Sedap juga andalan saya karena banyak resep kuliner lokal. Bagi saya keduanya sudah memberikan takaran bumbu dan bahan yang pas sehingga saya tidak perlu pusing lagi mengira-ngira.

Untuk resep masakan untuk bayi dan anak-anak selain sering main ke  Wholesome Baby Food saya juga suka browising di situs Annabel Karmel, Mama Koki Handal dan Milis MPASI Rumahan. Insiprasinya banyak sekali, terutama share dari ibu-ibu yang concern dengan makanan anak-anak.

Last but not least tentunya kumpulan resep di Mommiesdaily. Ayo, Mommies, share dong resep andalan kalian, saya sudah berhasil bikin Sayap Ayam Cola dan Setup Ayam dengan Slow Cooker (kalau ini akibat lembur jadi saya cari resep yang tinggal cemplung-cemplung saja dan bisa ditinggal tidur).

O, ya jangan terpaku sama situs terkenal saja, saat ini banyak, lho, ibu-ibu yang sering share resep di blog pribadi mereka seperti Mbak Dita dan Mbak Asti Nugraha. Pasti sudah melalui uji coba dengan kritikus paling top sedunia yaitu suami dan anak-anak hehehehe.

2. Aplikasi Resep Masakan

Ini juga menjadi andalan saya, kalau tidak sempat browsing di kantor, kebetulan saya tiba-tiba menemukan aplikasi buat Android dan iPhone (yang akhirnya saya gunakan di iPad), untuk resep masakan rumahan. Seperti saya tulis di atas, saya tidak jago improvisasi bumbu, maka saya ingin resep yang sudah ada takaran bumbu yang pasti. Aplikasi andalan saya ada dua yaitu aplikasi Sajian Sedap dan Annabel Karmel. Kalau lagi bengong di kereta commuter line antara BSD-Jakarta atau terkena macet di dalam mobil, saya selalu buka aplikasi ini.

Yang saya suka dari aplikasi Sajian Sedap adalah takarannya yang pas dan kita bisa mencari berdasarkan jenis bahan. Saya sudah sukses, lho, membuat Soto Bandung sampai Ayam Goreng Petis. Anak-anak pun bisa makan, hanya untuk si bayi disesuaikan dengan kebutuhannya saja. Aplikasi ini juga memberika fitur menyimpan resep favorit bahkan sampai menyimpan daftar bahan untuk menjadi catatan belanja.

Aplikasi Sajian Sedap

Untuk aplikasi Annabel Karmel, saya sudah sukses bikin Lasagna dengan sayur yang saya umpetin di dalamnya. Di dalamnya terdapat kiat dan trik, sama juga seperti aplikasi Sajian Sedap, aplikasi ini menyediakan fitur untuk memasukan daftar bahan-bahan dalam Shopping List. Selain itu tersedia video cara memasak itu sendiri.

Aplikasi Annabel Karmel, image taken from here

Mungkin banyak masih banyak situs atau aplikasi yang bisa Mommies pergunakan, yang penting jangan segan-segan memperdayakan gadget untuk ini.


24 Comments - Write a Comment

  1. jadi ngebayangin sambil masak sambil bolak balik ke handphone buat liat resepnya, salah-salah handphone-nya kecipratan atau ketumpahan x_x

    tapi jaman sekarang, untung banget yah, informasi semakin mudah menyebar :)

Post Comment