10 Kegiatan Seru Untuk Mengisi Liburan Sekolah

Ketika sedang liburan sekolah seperti sekarang, para Mommies pasti lebih pusing dari biasanya. Apalagi Mommies yang nggak bisa ambil cuti dan ajak jalan-jalan anak-anaknya. Belum lagi biasanya musim liburan itu identik dengan boros. Baru beberapa hari saja liburan mulai, sudah terasa sekali borosnya! Padahal, kan, saya mau ke sale-nya Zara #salahfokus.
Anyway, beberapa yang saya (sudah dan akan) coba lakukan supaya anak-anak tidak bosan dalam musim liburan ini

1. Provide Drawing Supplies

Lengkap dari mulai buku gambar, pensil warna, krayon, cat air dan lain sebagainya. Beri mereka tantangan untuk menggambar sesuatu and let them run wild with their imagination. Nanti hasil karyanya kan bisa jadi hiasan di dinding rumah.

 

2. FUN with water

Kalau area rumah memungkinkan, bisa disediakan inflatable pool di rumah. Atau, sediakan pistol air. It will never be boring when water is involved.

 

3. What to do list

Biarkan mereka menulis apa saja yang ingin mereka kerjakan. Supaya ketika mereka bosan, mereka bisa melihat apa saja yang bisa dikerjakan.

 

 

4. Summer/Holiday Camp

Ada banyak, lho. Memang kebanyakan sekolah bertaraf IB atau Internasional yang menawarkan holiday camp. Tapi tempat les seperti Global Art juga mempunyai holiday program. Jibran dan Jehan rencananya mau ikut kelas melukisnya Global Art. Tahun lalu Jibran ikut summer camp-nya JIS Academy. Dia senang sekali karena bertemu banyak teman baru dari berbagai negara.

 

5. Holiday reading list

Anak-anak punya buku banyak? Tapi pasti ada, deh, buku-buku yang lebih  sering dibaca dan jarang dijamah. Nah, buat daftar buku-buku yang jarang atau bahkan belum pernah dibaca. Atau belikan buku-buku baru. Tempelkan daftar tersebut di dinding kamarnya. Bisa juga diberikan reward ketika mereka sudah menyelesaikan semua yang harus dibaca. Mengunjungi Rimba Baca juga bisa dimasukan ke dalam agenda, lho, Mommies.

6. Adopt a pet

Biarkan mereka sibuk mengurusi binatang peliharaanya. Bisa kucing, kelinci, hamster, ikan, kura-kura dan binatang imut lainnya.

7. Pick up a new sport

Mungkin belajar main sepeda? Belajar berenang? Atau mungkin belajar main sepatu roda.

 

8. Decluttering

Ajak si kecil untuk membereskan mainannya, memisahkan mana yang masih bisa dipakai tapi sudah bosan untuk diberikan ke orang lain atau mana yang sudah rusak untuk dibuang. Si kecil pasti akan menemukan mainan lamanya yang sudah tertumpuk mainan lain jadi seolah mempunyai mainan baru. Begitu juga dengan baju.

9. Playdate

Bisa dengan teman ataupun saudara. Supaya lebih seru, playdatenya bisa menggunakan dress code atau ada temanya. Misalnya tea party atau bikin kue atau fun in the sun?

10. Hmm apa lagi ya?

Curang, nih, ternyata cuma 9 aja idenya :D. Mommies share juga dong ide-idenya di sini. Memang tujuan pengisi liburan adalah untuk memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya supaya tidak terlewat begitu saja. Alangkah bagusnya kan kalo liburannya berkesan, ada skill yang baru didapat. Tapi, namanya juga liburan yang identik dengan waktu istirahat. Jadi jangan sampai over scheduled juga. Biarkan mereka menikmati down time-nya. Saya termasuk yang percaya bahwa anak kecil itu tidak perlu di-entertain 24 jam sehari 7 hari seminggu. Mereka juga harus bisa mencari aktivitas sendiri dan biasanya ide-ide menarik datang ketika sedang dilanda bosan.

 

 


18 Comments - Write a Comment

  1. memasak bersama anak.. Cari resep seru di youtube, belanja bareng anak ke pasar atau ke supermarket (skalian ajarin anak macam2 sayuran buah dan lain2, ngajarin anak bertransaksi jg), trus siapin bahan2 yg mau dimasak, masak dehhh.. Pasti seru.. Apalagi kl buat cookies atau cupcake, anak paling suka menghias2nya.. Ga perlu rasa yg enak yg penting seru..

  2. Jadi Jehan punya kelinci ya?
    Ikut kegiatan baru seperti cooking class atau kaya Risna, masak sama anak, kelas bikin keramik, dst dsb. Atau kalo bosen (berhubung ibunya cuma bisa weekend) mari kita keliling kota naik angkutan umum *judulnya mendidik anak mencintai angkutan umum sejak dini, hihihi*

    1. Ada Lit waktu itu. Sebenernya kelinci sepupu gue yang udah terlalu besar untuk ditaro di rumahnya, jadi deh di lepas di rumah gue yang masih ada halamannya. Tapi trus kelincinya udah ketuaan dan sakit-sakitan. Kasian deh :(. Kalo punya pet gini emang nggak teganya kalo mereka sakit dan kalo mati sih, ngerasa bersalah banget. Gue pengen banget ngajakin anak2 naik TransJakarta, tapi belum kesampean, nih.

Post Comment