Seru Bersama Keluarga di Akhir Minggu

Saya dan suami adalah pasangan bekerja, di mana kami menghabiskan cukup banyak waktu di kantor ketimbang di rumah. Beruntung lokasi kantor saya tidak terlalu jauh dari rumah jadi waktu tempuh untuk pergi dan pulang tidak terlalu lama. Begitu juga dengan suami, walaupun jarak rumah-kantornya cukup jauh tapi karena sehari-hari menggunakan motor, waktu tempuhnya tentu lebih singkat ketimbang kalau naik mobil. Tapi, ya, tetap saja waktu untuk Igo otomatis berkurang. Tiap malam saya selalu menyempatkan diri untuk ngobrol dengannya … syukur-syukur suami nggak lembur jadi kami bisa makan malam bersama sambil tukar cerita hari itu.

Setelah punya anak, prioritas menghabiskan waktu akhir minggu pun otomatis berganti. Kalau dulu kami pasti pergi bersama teman-teman, sekarang jadwalnya mengalami penyesuaian. Waktu dan tempat biasanya mengikuti Igo. Plus kami juga lebih sering menghabiskan waktu bersama keluarga besar. Pokoknya sebisa mungkin akhir minggu diisi dengan kegiatan yang melibatkan keluarga. Apalagi suami, yang sering pulang larut malam, senang sekali kalau akhir minggu bisa menghabiskan waktu bersama Igo. Jadi ingat apa yang disampaikan Lita di artikel Manfaat Berakhir Pekan Dengan Keluarga, menghabiskan akhir pekan dengan keluarga berpengaruh besar dalam perkembangan anak. Dengan memiliki waktu yang berkualitas dengan anak, anak akan merasa dihargai. Hal ini akan membawa pengaruh ke perkembangan mental dan kehidupan sosial anak. Menurut psikolog anak, Anna Surti Ariani (Nina), menghabiskan waktu dengan anak, tuh, bisa dilakukan dengan melakukan aktivitas sederhana. Pas banget, nih, sekarang ada Weekend Selection Campaign, yang mengajak keluarga Indonesia menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Nah, berikut ini saya akan share beberapa alternatif seru yang biasa kami lakukan dan bisa Mommies terapkan di rumah.

Olahraga bareng

Belakangan ini saya dan suami lagi rajin lari pagi di akhir minggu. Nggak jauh-jauh ke Senayan kok, hanya seputaran komplek tempat tinggal kami saja. Awalnya Igo kurang tertarik ikut tapi suami berusaha membujuknya dengan berkata kalau pagi-pagi di dalam komplek banyak kucing lagi berjemur. Hehe. Trik ini berhasil, lho. Sekarang Igo hampir selalu ikut kami lari pagi. Lalu setelah lari pagi biasanya aktivitas luar ruang suami dan Igo masih berlanjut … mereka suka main bola di halaman depan. Belakangan ini keduanya lagi senang main pesawat-pesawatan.

Masak

Seringkali sepulang dari olahraga pagi, suami berinisiatif untuk memasak sarapan. Beruntunglah saya jadi bisa “libur”. Haha. Igo senang sekali nimbrung di dapur. Nah, kesempatan ini dimanfaatkan suami untuk mengenalkan dapur kepada Igo. Sambil meracik bumbu, suami suka kasih tebak-tebakan jenis sayur. Kadang Igo “membantu” mengocok telur. Seru banget!

Cuci kendaraan

Anak kecil mana yang tidak suka main air? Daripada main airnya tidak bertujuan, hehe, lebih baik energinya disalurkan untuk bantu ayah cuci mobil atau motor. Dalam kasus kami, seringkali suami juga jadi “cuci” Igo di luar rumah. Hahaha. Ayah senang, anak lebih senang lagi!

Berkumpul dengan keluarga besar

Salah satu agenda wajib kami saat akhir minggu adalah berkunjung ke rumah orangtua suami. Tidak ada acara khusus, di sana kami cuma duduk-duduk dan ngobrol ngalor-ngidul saja. Biasanya kami datang membawa camilan yang bisa dinikmati bersama. Nah, pilihan enak untuk aktivitas seperti ini sudah tentu es krim; yang dewasa suka, yang kecil tambah terus. Makanya saya selalu membawakan Walls Selection karena untuk ukuran es krim literan, rasanya beragam dan nggak biasa. Kalau lagi nggak kumpul-kumpul pun, makan es krim bareng tetap jalan terus dong sambil santai di rumah. Sejauh ini rasa yang jadi favorit keluarga kami adalah Mocha Crumble dan Chocky Rocky. *jadi ngiler*

Makan bareng di luar

Tidak harus di restoran mahal, yang penting suasananya berbeda dengan aktivitas makan di hari kerja. Biar Igo juga ganti-ganti menu juga, kan? Ngobrol di restoran biasanya juga akan berbeda feel-nya dengan ngobrol di meja makan rumah. Kalau sampai di rumah, Igo masih mau ngemil … tinggal buka kulkas, keluarkan es krim favorit lalu ngobrol bareng lagi, deh. Seru banget.

Begitulah kegiatan akhir minggu keluarga kami. Kalau Mommies biasanya ngapain saja, sih, kalau libur Sabtu-Minggu? Berbagi ide, yuk, di forum aktivitas kegiatan akhir pekan!

 


12 Comments - Write a Comment

  1. Hampir setiap weekend gue selalu makan di luar bareng Maika dan Rudy (plus keluarga besar, ya tiap wiken ada aja yang join). Trus banyak hal juga suka numpuk (harus) dikerjakan saat wiken. Justru ya bisa leyeh-leyeh di rumah pas wiken agak langka nih lama-lama. Tapi di kulkas gue selalu sedia es krim sih, jadi kapan aja ada waktu santai, sambil makan es krim! :)

Post Comment