Sayap Ayam Cola

Bagi penggemar spicy chicken wing di restoran pizza, coba, deh, membuatnya sendiri dengan menggunakan resep berikut ini. Cita rasanya manis beraroma, yang tentunya cocok untuk seluruh keluarga termasuk Si Kecil. Yang unik, resep ini menggunakan minuma beraroma cola, yang bisa diganti dengan minuman bersoda lain dengan hasil akhir yang juga berbeda sesuai jenis minumannya. Untuk kandungan sodanya, tenang aja. Sesudah dimasak di atas api, soda akan menguap. Yang tersisa tinggal aromanya yang khas.

O, ya, resep ini saya dapatkan dari sebuah milis masak-memasak. Kebetulan pemilik resepnya menulis resep ini di blog pribadinya dan juga sharing di milis tersebut. Terima kasih, ya, Mbak Vita :)

Anyway, silakan coba, ya, resep berikut. Dijamin gampang banget, deh. Selamat memasak!

Sayap Ayam Cola

Bahan A

10 sayap ayam, dibagi 2, buang ujungnya yang kecil (lebih enak sih pakai yang drum stick aja)

1 sdm air jeruk nipis

Bahan B

2 siung bawang putih, parut

1 cm jahe, parut

1/2 sdm minyak wijen

2 sdm kecap asin

1 sdm kecap manis

2 sdm saus tiram

2 sdm madu

3 sdm saus tomat

1/2 sdt garam

1/4 sdt merica

200 ml coca cola

Cara Membuat:

1. Cuci sayap ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, bilas kembali

2. Campur sayap ayam dengan bahan B, masak dengan dengan api kecil sampai bumbu meresap dan airnya habis sambil sesekali diaduk

3. Oven sayap ayam sebentar supaya garing atau bisa dipanggang di atas teflon sebentar

Minggu lalu saat membuatnya, kebetulan sedang kedatangan Langit. Sesaat setelah sayap ayam cola ini matang, Nadira dan Langit pun langsung melahapnya tanpa ampun!

 


19 Comments - Write a Comment

  1. err, mau nanya dong. ini di resepnya ada kecap manis, madu dan cola, manis semua kan ya rasanya. kalo ga mau jadi terlalu manis, bisa ga kecap manis atau madunya di skip? jadi bagusnya pake yang mana? :D
    makasihh

Post Comment