banner-detik
TRAVEL

Naik Kereta Api Ke Bandung

author

R33n3e15 Jun 2012

Naik Kereta Api Ke Bandung

Akhir minggu kemarin, kami sekeluarga pergi ke Bandung, mengunjungi eyangnya Laras yang tinggal di sana. Tidak seperti biasanya, kami selalu naik mobil kalau ke Bandung, kali ini suami mengajak untuk berangkat dengan naik kereta api. Tujuannya agar berganti suasana, tidak terlalu capek, dan bikin Laras senang.

Sejak diberitahu Ayahnya seminggu sebelumnya, Laras sangat tidak sabar menunggu datangnya hari Sabtu. Sebenarnya, bukan kali pertama Laras naik kereta api, kami sudah pernah naik kereta api, saat kami ke Solo, dua tahun yang lalu. Saat itu, perjalanan lebih panjang dan menempuh waktu kurang lebih 8 jam.

Perjalanan dari Jakarta–Bandung kurang lebih memakan waktu 3 jam. Kami naik kereta Argo Parahyangan yang berangkat pukul 06.07 WIB, keberangkatan pertama, dari stasiun Jatinegara. Kereta Argo Parahyangan berangkat dari stasiun Gambir sekitar pukul 05.55 WIB, dan berhenti sebentar di stasiun Jatinegara selama 3-5 menit untuk mengangkut penumpang. Kami memilih berangkat dari stasiun Jatinegara, karena lebih dekat dari rumah.

Harga tiket Argo Parahyangan adalah sebesar Rp80.000/orang, berlaku juga untuk anak-anak. Harga tersebut adalah harga tiket kelas eksekutif, dan berlaku untuk akhir minggu ( Jumat-Senin), sedangkan untuk hari kerja ( Selasa-Kamis), berlaku harga Rp60.000/orang. Untuk keberangkatan jam pertama dan kedua, yang dijual hanya tiket kelas eksekutif, tapi untuk keberangkatan selanjutnya, dijual juga tiket kelas bisnis. Jadwal keberangkatan kereta api Argo Parahyangan dan kereta lainnya, beserta harga tiketnya, bisa dilihat di situs PT Kereta Api Indonesia di sini.

Dengan harga tiket di atas, fasilitas yang ada di kereta Argo Parahyangan adalah, AC,TV, musik, toilet, reclining seats, dan meja makan yang bisa dilipat. Keretanya cukup bersih dan nyaman, tapi saya kemarin tidak sempat mengintip ke toiletnya, jadi tidak tahu apakah bersih atau tidak. Yang disayangkan adalah banyak jendelanya yang retak, karena ditimpuki batu oleh orang yang tidak bertanggung jawab :(.

Selama naik kereta, Laras senang sekali, karena bisa melihat pemandangan di sepanjang jalur perjalanan. Menurut informasi yang diumumkan oleh pramugara, saat melewati beberapa tempat, banyak penumpang domestik atau asing yang menjadikan pemandangan tersebut jadi obyek fotografi. Memang iya sih, jalur Jakarta-Bandung kan melewati perbukitan, persawahan dan jembatan yang di bawahnya ada jurang yang dalam, jadi pemandangannya bagus. Kami juga bisa melihat mobil-mobil yang melintas di jalan tol Cipularang, biasanya kami selalu melihat rel atau kereta saat lewat di jalan tol, tapi kemarin kami melihat pemandangan sebaliknya :).

Berdasarkan pengalaman kemarin, kereta Argo Parahyangan sampai di Bandung tepat waktu, dan hanya berhenti sebentar di dua stasiun saja. Tidak seperti naik kereta bisnis atau ekonomi yang bisa berhenti di setiap stasiun yang dilewati.

Beberapa kiat yang bisa saya berikan sebelum naik kereta :

  • Tiket bisa dibeli sehari sebelum keberangkatan, untuk mendapatkan tempat duduk yang diinginkan, tiket bisa dibeli di loket stasiun. Ada juga layanan reservasi tiket dari PT KAI, dengan mengontak Contact Centre-nya di nomor 121. Atau kalau tidak salah, sekarang juga bisa membeli tiket kereta api di Indomaret.
  • Tiket juga bisa dibeli langsung saat hari keberangkatan, tapi kita juga sebaiknya harus tahu dulu jadwal keberangkatan yang diinginkan, dan sampai di stasiun lebih awal, untuk mengantisipasi adanya antrian di loket atau kehabisan tiket.
  • Jika pergi sekeluarga dan ingin duduknya berdekatan dan di sebelah jendela, pilih tempat duduk yang depan-belakang dan kombinasinya genap-ganjil, sehingga tempat duduk yang di depannya bisa diputar. Contoh: tempat duduk nomor 6 dan 7.
  • Jika memilih berangkat dari stasiun Gambir dan berangkat dari rumah dengan mobil. Di stasiun Gambir ada tempat penitipan kendaraan pribadi, seperti yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.
  • Bawalah camilan/makanan dan minuman, terutama untuk anak-anak, apalagi kalau kita pergi di jam makan. Di kereta juga sebenarnya di jual segala makanan, camilan, dan minuman, tapi berdasarkan pengalaman buruk, pernah pesan tapi kehabisan, maka membawa bekal adalah pilihan yang tepat, dan pastinya lebih irit dong :D. Harga makanan dan minuman yang dijual di kereta, juga lumayan mahal dengan rasa yang standar saja.
  • Bawalah baju hangat untuk anak-anak, karena kadang AC-nya dingin sekali, tapi juga siapkan kipas, karena kadang AC-nya tidak terasa hehehe.
  • Bawalah juga tisu basah dan tisu kering jika ingin ke toilet, persiapan jika tidak tersedia tisu di sana.
  • Naik kereta api sangat bisa dijadikan alternatif, selain naik mobil pribadi atau travel. Anak-anak pasti suka, terutama yang memang tergila-gila dengan kereta api. Jadi ... naik kereta api, yuuk!

    Share Article

    author

    R33n3e

    -


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan