banner-detik
LABOR & DELIVERY

Kiat Menambah Bukaan Saat Melahirkan

author

sazqueen11 Jun 2012

Kiat Menambah Bukaan Saat Melahirkan

Kata orang-orang yang mendengar kisah saya berjuang menunggu pembukaan lengkap, saya termasuk golongan orang beruntung karena hanya perlu menunggu 6 jam (masuk ke ruang observasi pukul 23.00 dan melahirkan pukul 05.45). Beruntung? Kontraksi setiap 3 menit sekali selama 6 jam dibilang beruntung? Ya, karena konon kabarnya, ada yang menunggu pembukaan sampai seminggu lamanya. Kok bisa cepat? Sesungguhnya saya harus berterimakasih kepada ketiga bidan yang mendampingi saya sampai dokter kandungan datang. Merekalah yang memberikan saya semangat dan banyak kiat agar bukaan saya bisa cepat bertambah.

Nah, apa saja yang saya dapatkan dari para bidan ketika saya sedang menunggu bukaan demi bukaan di ruang observasi?

  • Tenang. Praktiknya memang tidak semudah menjentikkan jari. Saya sendiri perlu 'memarahi' diri sendiri agar pikiran tidak melayang kemana-mana dan tetap konsentrasi agar tenang. Jika mengikuti kelas senam hamil, ketenangan bisa didapatkan dengan melakukan nafas perut (tarik nafas-kembungkan perut, buang nafas-masukkan perut). Jika ikut kelas hypno-birth, lakukan meditasi dan masuki alam bawah sadar, kirim sinyal bahwa semua akan baik-baik saja, all is well!
  • Jalan-jalan. Jika pembukaan masih di bawah 5, lakukan jalan-jalan sekuatnya, jangan lupa minta pendamping untuk menemani kita keliling rumah sakit. Waktu itu saya hanya sempat bolak-balik ke kamar mandi dan ke meja bidan di bagian depan ruang bersalin. Setengah jam jalan-jalan, membuat pembukaan saya yang tadinya ada di posisi 3 berubah ke pembukaan 5. Jangan lupa, setiap terasa kontraksi, bisa berhenti sejenak, lakukan nafas perut, dan kemudian kembali berjalan.
  • Tidur hadap kiri. Inilah yang paling jitu kalau menurut saya. Kiat ini saya dapatkan ketika saya masuk ke pembukaan 5 dan sudah tidak kuat berjalan-jalan. Karena kebetulan saya masuk ruang bersalin tengah malam (yang merupakan waktu tubuh biasa tidur), Bidan Flora bilang, sebaiknya saya tidur saja agar tenaga terkumpul untuk mengejan nantinya. Tidurannya menghadap ke kiri, agar pembukaan makin cepat bertambah. Dan terbukti! Dalam waktu 2 jam, tiba-tiba saya sudah bukaan 8! Padahal tadinya pas cek bukaan pukul 3 pagi, bidannya bilang kira-kira saya akan melahirkan pukul 10 pagi, paling cepat pukul 7 nanti. Nyatanya? pukul 5.30 pembukaan saya sudah lengkap. Ketika pindah ke ruangan pun, saya tetap disarankan menghadap ke kiri, sambil menunggu dokter datang. Akhirnya saya berhasil melahirkan pada pukul 05.45.
  • Jadi Mommies, daripada sibuk minum rumput fatimah atau mengonsumsi makanan pedas agar cepat menambah bukaan yang sejauh ini ternyata hanya mitos dan belum ada bukti medisnya, bahkan ada yang bisa menyebabkan pendarahan seperti yang ada di artikel ini, lebih baik tetap fokus dengan tanda alami yang diberikan oleh tubuh ketika mau melahirkan. Mudah-mudahan kiat ini bisa membantu menambah bukaan, seperti yang sudah saya alami. Semoga semua lancar, ya!

    Gambar dari sini.

    Share Article

    author

    sazqueen

    a mother of one who study Anthropology by choice! Hello motherhood.


    COMMENTS


    SISTER SITES SPOTLIGHT

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan

    synergy-error

    Terjadi Kesalahan

    Halaman tidak dapat ditampilkan