Kiat Menambah Bukaan Saat Melahirkan

by: - Monday, June 11th, 2012 at 4:00 pm

In: Labor & Delivery 76 responses

0 share

Kata orang-orang yang mendengar kisah saya berjuang menunggu pembukaan lengkap, saya termasuk golongan orang beruntung karena hanya perlu menunggu 6 jam (masuk ke ruang observasi pukul 23.00 dan melahirkan pukul 05.45). Beruntung? Kontraksi setiap 3 menit sekali selama 6 jam dibilang beruntung? Ya, karena konon kabarnya, ada yang menunggu pembukaan sampai seminggu lamanya. Kok bisa cepat? Sesungguhnya saya harus berterimakasih kepada ketiga bidan yang mendampingi saya sampai dokter kandungan datang. Merekalah yang memberikan saya semangat dan banyak kiat agar bukaan saya bisa cepat bertambah.

Nah, apa saja yang saya dapatkan dari para bidan ketika saya sedang menunggu bukaan demi bukaan di ruang observasi?

  1. Tenang. Praktiknya memang tidak semudah menjentikkan jari. Saya sendiri perlu ‘memarahi’ diri sendiri agar pikiran tidak melayang kemana-mana dan tetap konsentrasi agar tenang. Jika mengikuti kelas senam hamil, ketenangan bisa didapatkan dengan melakukan nafas perut (tarik nafas-kembungkan perut, buang nafas-masukkan perut). Jika ikut kelas hypno-birth, lakukan meditasi dan masuki alam bawah sadar, kirim sinyal bahwa semua akan baik-baik saja, all is well!
  2. Jalan-jalan. Jika pembukaan masih di bawah 5, lakukan jalan-jalan sekuatnya, jangan lupa minta pendamping untuk menemani kita keliling rumah sakit. Waktu itu saya hanya sempat bolak-balik ke kamar mandi dan ke meja bidan di bagian depan ruang bersalin. Setengah jam jalan-jalan, membuat pembukaan saya yang tadinya ada di posisi 3 berubah ke pembukaan 5. Jangan lupa, setiap terasa kontraksi, bisa berhenti sejenak, lakukan nafas perut, dan kemudian kembali berjalan.
  3. Tidur hadap kiri. Inilah yang paling jitu kalau menurut saya. Kiat ini saya dapatkan ketika saya masuk ke pembukaan 5 dan sudah tidak kuat berjalan-jalan. Karena kebetulan saya masuk ruang bersalin tengah malam (yang merupakan waktu tubuh biasa tidur), Bidan Flora bilang, sebaiknya saya tidur saja agar tenaga terkumpul untuk mengejan nantinya. Tidurannya menghadap ke kiri, agar pembukaan makin cepat bertambah. Dan terbukti! Dalam waktu 2 jam, tiba-tiba saya sudah bukaan 8! Padahal tadinya pas cek bukaan pukul 3 pagi, bidannya bilang kira-kira saya akan melahirkan pukul 10 pagi, paling cepat pukul 7 nanti. Nyatanya? pukul 5.30 pembukaan saya sudah lengkap. Ketika pindah ke ruangan pun, saya tetap disarankan menghadap ke kiri, sambil menunggu dokter datang. Akhirnya saya berhasil melahirkan pada pukul 05.45.

Jadi Mommies, daripada sibuk minum rumput fatimah atau mengonsumsi makanan pedas agar cepat menambah bukaan yang sejauh ini ternyata hanya mitos dan belum ada bukti medisnya, bahkan ada yang bisa menyebabkan pendarahan seperti yang ada di artikel ini, lebih baik tetap fokus dengan tanda alami yang diberikan oleh tubuh ketika mau melahirkan. Mudah-mudahan kiat ini bisa membantu menambah bukaan, seperti yang sudah saya alami. Semoga semua lancar, ya!

Gambar dari sini.

Share this story:

Recommended for you:

76 thoughts on “Kiat Menambah Bukaan Saat Melahirkan

  1. waaah mbak-nya seneng yah prosesnya cepet.. aku dulu mules2nya sampe 2 minggu loh, udah bukaan 2 tapi ngga nambah2 sampe 2 minggu… terus pas udah mau waktunya lahir, dari bukaan 2, sampe 24 jam kemudian baru nambah sampe bukaan 9. udah gitu mandek, lima jam ngga nambah2 akhirnya dibawa deh ke rumah sakit biar diinduksi (tadinya mau ngelahirin di bidan aja). tau bakal diinduksi ya mending diinduksi dari awal ya -_-
    mudah2an nanti kalau saya hamil lagi proses ngelahirinnya bisa lebih cpet,, sodara aku malah ngelahirin di taxi tuh gara2 udah ngga kuat lagi -_-

  2. Pingback: Arin Murtiyarini
  3. Pingback: Atma Soenyoto™
  4. Pingback: debby sartami
  5. Pingback: Ayu.R.A.P
  6. Pingback: YuanNita Rahmani
  7. Pingback: Sazkia Ghazi
  8. Pingback: Mirna aryansyah
  9. Pingback: graciana wulansari
  10. Pingback: graciana wulansari
  11. Pingback: Fireflies~
  12. Pingback: Alia Dayu
  13. Kalo tips tenang & jalan2 sudah biasa diddenger, tapi kalau tidur hadap kiri, baru denger sekarang, btw, kenapa harus ngadep kiri? hehe, pengen tau aja alesannya kenapa :)

    terus “Jadi Mommies, daripada sibuk minum rumput fatimah atau mengonsumsi makanan pedas agar cepat menambah bukaan yang sejauh ini ternyata hanya mitos dan belum ada bukti medisnya” — mitos yang ini juga baru pernah denger, kalo makanan pedes yang ada malah nambah sakit perut :p

    kalau dulu aku, nginep 2 hari di rumah sakit, habis itu besok paginya di-induksi, malemnya baru lahiran, sakit, tapi pas keluar bayinya, rasanya seneng banget.

    Sekalian deh, ada yang punya tips buat ngurangin rasa sakit perutnya ngga? hehehe

    1. nah, itu dia, karena dikasih taunya pas lagi kontraksi, jadi nurut aja sayanya hahaa.. tapi klo pas saya tanya sama teman saya yg berprofesi bidan, ketika kita tiduran hadap kiri, aliran oksigen ke janin lebih lancar. Sehingga bayi akan lebih mudah bergerak untuk membuk jalan lahir :)

      Kiat mengurangi rasa sakit? hahaa klo saya dulu ‘nikmatin’ aja :p sambil kirim sugesti positif, semakin sakit berarti akan semakin dekat dengan waktu melahirkan..

  14. Baru baca judulnya aja udah berasa ngilu ngelahirin.. hehehe..
    Gue baru ngerasa sakit pas udah bukaan 5. Sebelumnya masih tenang, bisa ngobrol, ketawa2, jalan2, makan.
    Pas udah bukaan 5, mulai tampang jelek deh, dan gak mau disuruh jalan-jalan biar lebih cepet .. hehehe.. Jangan ditiru!

    Iparku bukaan 3 ke 8 cepetnya minta ampun, cuma 1-2 jam kalo gak salah. Karena dia mau jalan-jalan :)

  15. No. 3 terbukti waktu melahirkan 6 bulan yg lalu.. karena ketuban sudah pecah tapi bukaan masih 2 apa 3 ya..*lupa
    dari jam 2 pagi dikasih perangsang (ga tau istilahnya :D ) trus disuruh tidur hadap kiri & istirahat, sampe akhirnya jam 4 pagi bukaan udah lengkap.. :)

  16. Baca ini jadi inget waktu melahirkan Tangguh yg bisa dibilang cepet juga. Subuh ak ngerasain kontraksi ke RS dipriksa bidan katanya blm ada pembukaan, trus pulang lagi. Eh tau2nya makin kuat dan ak akhrnya masuk RS jam 8, diperiksa dokter katanya jg blm pembukaan, diperkirakan baru akan lahir malem2 ato tunggu 12 jam, anak pertama biasanya lama. Huaaahh.. stres dunk, lama bener. Selama nunggu ak makan aja, trus ngantuk banget deh bawaannya tp ga bs tidur krna tiap 10 menit kontraksi makin kuat. Jam 12 diperiksa lagi, eh trnyata udah pembukaan 6 dan dipindah ke ruang bersalin. Eh jam setngah 2 udah brojol, Dokter aja kaget, pdhl ak juga ga ngapa2in, cuma banyak makan, minum manis, dan sari kurma. Dan emang worth it buat tenaga ngeden. Alhamdulillah.. luar biasa banget ya rasanya..

  17. no.3 bener banget tuh, suster yg jaga pas gw lahiran dulu juga bilang gitu. tapi gw prakteknya ga konsisten soalnya pas miring kiri di gw ternyata lebih sakit drpd pas telentang atau miring kanan. jdnya gw miring kiri bentar, trus telentang, miring kiri lagi bentar, trus ke kanan dan lama2 gw ga mau disuruh miring kiri hahahha abis bawaannya pengen gebrak2 kasur pas uda bukaan 8 disuruh miring kiri, ga kuat sakitnya :p
    tapi gw bener2 bersyukur karena bukaan 1-5 gw ga kerasa sakit, cuman kenceng2 ga teratur doang kaya kalau baby lagi nungging gitu. ternyata 2 jam kmdn keluar flek & baru kerasa agak mules akhirnya ke RS jam 01.30 uda bukaan 6 dan 05.20 uda lahir. lumayan cepet buat anak pertama

    1. Oh iyaaa, lupa bilang klo tiduran hadap kiri itu bikin bukaan nambah cepet tapi juga suakitnya berkali lipat.. hahaha makanya klo gue kirim sinyal positif aja: semakin sakit rasanya berarti semakin deket ke waktu melahirkan hehehe.. seru ya klo nginget-nginget masa kontraksi menuju melahirkan ;)

  18. Aduh, gue nggak melalui ini sih. Jalan kaki, tenang, positive thinking, hadap kiri,, tapi boro2 bukaan, mules aja kaga. Sampe menjalankan yang aneh2 macam makan nanas, tape,, gitu2 deh. Akhirnya, belek aje :))

    Kalau ada keberanian hamil anak kedua, insyaallah mau VBAC ah, dan artikel ini gue save as fave!

  19. Sama mertua gue dikasih tahu supaya tidur menghadap ke kiri biar bukaan cepat naik … percaya tanpa banyak tanya soalnya anaknya mertua banyak. HAHAHAHA.

    Dulu gue dari siang-sore bukaan stuck di 1 lalu 2. Jam 11 malam masih bukaan 2, begitu jam 12 langsung 6, dan pas periksa dalam (JARI BIDAN MASIH DI DALAM) lagi ternyata langsung nambah 2 … bat-bet cepet banget. Sampai2 nyokap gue bilang pantas gue terlihat seperti mau makan orang itu bukaannya cepet banget nambah pasti sakit perutnya dahsyat bener. Hihihihi. TFS, Saskiaaa!

  20. gw hamil anak pertama n uda 39w tapi kok lom ada tanda2 ya? gw uda ngepel jongkok, jalan pagi (kadang hehehe), minum minyak kelapa (sumpah eneg bgt)..tapi nih anak masih asik aja nendang2. maunya sih normal tp kt dokter 1minggu lg kalo blom keluar jg di caesar..hiks……….ada cara lain kah???

    1. Tenang aja, Baboo.. kan bisa ditunggu sampe 40 minggu asal air ketuban masih cukup.. Kayak kata Masrevi, banyakin jalan kaki, jalan jongkok sambil mundur, dan komunikasiin sama bayinya.. ajak keluar gitu hihihi.. gue dulu pun sampe 39 minggu ga ada tanda tanda apapun, dan melahirkan pas 39 minggu 5 hari (sama kyak elo, ud divonis mau caesar klo minggu ke 40 ga lahir juga).. btw, bercinta sama suami pun bisa jadi opsi induksi loh hahaa.. yuk ah sabar! dan jangan lupa fobain 3 kiat diatas klo ud mulai ada pembukaaen.. semangat!!

  21. aku sering naik turun tangga, termasuk tangga rumah (krna kamarku di lantai atas), tangga kantor, dan tangga mall (hiyaaaahh xD) dan pembukaanku lumayan cpt alhamdulillah … pagi2 tiba2 mules hebat, lgsg ke rmh sakit eeeh dah pembukaan 4 aja. udh sakit2nya masiiih aja disuruh jln2 mondar-mandir ama orang2 spya pembukaannya cepet pdhl aku dah ga tahan bgt sakitnya. nah maghrib jam 6 aku dah pembukaan sempurna deh, bayinya lgsg byuuurr nyebur ke air (karena aku waterbirth – ayooo kunjungi artikel ‘asyiknya melahirkan dengan cara waterbirth’ di sebelah dan ketemu aku wakwakwak).

    intinya sering2 jalan2 aja yaaa moms. aku dl pas hamil itu rajin banget jalan pagi di sepanjang pantai sanur biar lahirannya nanti bisa lancar, alhamdulillah lagiii dikasih tempat tinggal yg oke bgt hehehe

  22. @sazqueen : thanks ya sarannya..emang kurang jalan ni di rumah terus uda berenti kerja ^^ mudah2an bs normal deh ga kebayang cesar biayanya 2x lipat hehehe…

    @masrevi : pas baca gw lgsg naik turun tangga kebetulan kamar gw diatas jg..mayan pegel yaa :D *emang dasar males xixixi…

  23. Alhamdulillah wkt ngelahirin aira cpt bgt prosesnya. Jam 23 msk ruang observasi bukaan 3, jam 1 uda nongol. Itu jg cm 3x ngejan lgs kluar smua & ga krasa sakit bgt mules (msh bs ditahan), mlh suami nawarin tgnnya buat dipegang tp aku ga mau, kuatir klo aku ksakitan tar mlh kena cakar2 (hehe..sempet2 mikir gt). Tp emang wkt kontraksi hadap kiri trs soalnya suami kbetulan ada di seblh kiri & bygin yg indah2 (tar ajak baby jln2 ke gunung,pantai, dll). Ssdh lahir baru mikir apa itu yg namanya hypnobirth?
    Jd bygin cerita teman2 yg wkt lahiran ada yg smp nampar+jambak suami soalnya ga ngalamin sih. Moga proses lahiran anak ke 2 nanti jg sm indahnya spt aira. Amin

  24. Pingback: Dewi Mira Sari
  25. Pingback: Revita Sari Dewi
  26. Pingback: Dian Sutanto
  27. Pingback: astri_achie
  28. Pingback: Metty Herawaty
  29. Pingback: Nia Putri
  30. Pingback: anastasia yohannes
  31. Pingback: anastasia yohannes
  32. Pingback: SaRaH DeBy
  33. Pingback: astri_achie
  34. Pingback: B☆NOT☹NG
  35. Pingback: galih kirana wulan
  36. Pingback: Mommies Daily
  37. Pingback: Kusuma Ningrum
  38. Pingback: Hanana Fajar
  39. Pingback: maria widya natali
  40. Pingback: Kety Fillaily
  41. Pingback: Kusuma Ningrum
  42. ih seru kalo ingat2 mulesnya lahiran normal hahaha. seru seru mendebarkannn, dasyattt! hahaha, aku juga alhamdulilah termasuk beruntung, 6 jam dari awal bukaan sampe brojol. untuk relaksasi, waktu itu aku terbantu banget karena terbiasa yoga. dari penenangan diri, kirim sinyal positif, sambil didampingi sama keluarga yang menyemangati juga. walopun mulut rasanya udah pingin ngomel sambil nangis jejerittt, tapi aku paksa diri sendiri untuk tetap tenang, simpan tenaga untuk mengejan. wuhhh susahhhnyaaa… tapi emang mendingan tetap tenang daripada teriak-tampar-jambak-cakar hihihi.

  43. Jd inget 11bln lalu saat melahirkan normal, klo aku favoritnya jalan2, udh bukaan 3 msh aja aku blg belum apa2, biar yg lain nggak panik, klo mereka panik kita yg stress dan makin panik. Syukurlah semua lancar dtg jam 3pagi pas bukaan 3 lahiran jam 05.30.

    Semoga yg lain diberi kemudahan dan kelancaran ya saat melahirkan. Aku tau bgt rasanya.

  44. jd inget wktu lahiran… kata org mesti bnyak jalan pas hamil besar biar cpet bukaan… krna anak pertama jd belum ngerti aja pas pendarahan langsung k bidan hr jumat, katanya ga da bukaan q jg ga da mules… yaudah pulang aja nyantai… q ampe seminggu sbelum hpl masih kerja… krjaannya marketing kredit pula yg mesti standby d kantor, mesti naik tangga bolak balik lantai 3, bahkan kadang mesti nemuin klien d luar, masih semangat aja meski tmen2 pada khawatir… tiap hari juga rajin bolak balik k rumah mama yg jaraknya sekitar 1 kilo dr rumah, ampe papa q sering banget mau anterin krna takut brojol d jalan… kalo kata org dlu rajin2 jalan2 d wktu subuh, gmn mau jalan wktu subuh kalo malam krjaannya begadang… jd jalan2nya d ganti abis pulang kerja keliling mall, paling ngecek2 kebutuhan bayi yg bakal kebeli, tiap hari loh… jd q baru bukaan 1 d hari minggu, itu jg ga mules… cuma pengen manja aja sama suami… tau2 hr senin sebelum bukaan puasa baru berasa mules hilang timbul… k rumah bidan, terus sambil nungguin org lain melahirkan, q masih aja berusaha jln kaki, meski kaki rasanya mulai kaku… abis tu d cek pembukaan msh bukaan 4, d infus lah biar kuat ngejan… menunggu beberapa menit ketuban pecah, langsung aja ngejen, tp tetep ga ngerti cara ngejennya d ajarin ampe bner…. padahal pas ngejen gitu ga mules2… nyantai aja… pesan mama yg q inget kalo lg ngejan ngeluarin bayi gitu pantatnya jgn d angkat nnti robek… yg ada makin ngangkang ajeee… tau2 ga nyampe stengah jam dr dtg k rumah bidan udah ada si bocah… tanpa jahitan… n langsung bisa k wc, jalan sendiri k mna2 sambil gendong si kecil…

  45. sekarang q lagi hamil anak ke 3, waktu hamil anak pertama dan kedua tiap hari rajin makan kurma, anak pertama lahir di ambulan baru jalan 100 meter dari rumah mulesnya dari jam 18.00 jam 19.00 bayi 2,8 kg keluar sendiri ga pake ngeden,
    anak kedua jam 5 sore paha terasa pegal, jam 7 malam ngajak suami jalan2 naik motor ke bidan, di cek bidan dah pembukaan 5 so.. disuruh bidan tinggal padahal ga bawa apa2 jam 8 malam lahir anak ke 2 berat 3,4 kg, Sungguh Allah telah memberikan kemudahan buat aku, dengan postur tubuh yang kecil ( 148 / 43 ) bisa melahirkan dengan mudah.
    Sekarang lagi hamil anak ke 3 siap2 beli kurma mumpung musim haji, semoga masih diberi kemudahan, amin

  46. hai, aku dateng lagi hehehe.. aku yg komen pertama di atas…
    sekarang akhirnya aku lagi hamil lagi nih anak kedua, masih 2 bulan siiih.. tapi udh ngebayang bayangin juga bakal gimana ngelahirin nanti.. mudah2an ga separah waktu lahiran anak pertama 5stgh taun lalu yg sampe mules 2 minggu sperti yg aku ceritain di atas.
    waktu itu sih aku juga masih 19 taun jd mungkin lebih cengeng ya.. skrg udh 24 taun mudah2an bisa lebih dewasa menghadapi lahiran nanti dan diberikan kemudahan juga. amiiiiiiin :)

  47. Hai..
    aku anak baru nih.. izin bergabung ya..
    Aku vina, usiaku baru 18 tahun aku baru aja nikah dn alhmdulillh skrg aku hamil anak pertama, dn uda masuk bulannya.. 2 hari lalu aku ngerasa sakit tapi masih buka 2, sempat juga semalaman di bidan, tapi karna akunya tenang lagi akhirny balik lg deh kerumah..
    sampai skrg blm tau udah buka brapa..
    jadi ga ntaman nii..

Leave a Reply