Manfaat Berakhir Pekan Dengan Keluarga

Saat weekend menjelang, biasanya setiap orangtua memiliki berjuta rencana untuk menghabiskannya bersama keluarga. Termasuk saya. Walaupun saya dan suami memiliki privillege waktu kerja yang cukup fleksibel, tapi saat weekend biasanya paling tepat untuk  menghabiskannya bertiga dengan Langit.

Minggu lalu saya datang ke peluncuran Kampanye Walls Cool Weekend Selection, menurut Anna Surti Ariani (Nina), psikolog anak dan keluarga, menghabiskan akhir pekan dengan keluarga berpengaruh besar dalam perkembangan anak. Gimana nggak, bagi keluarga yang kedua orangtuanya bekerja, setiap hari tentu si anak hanya bersama pengasuhnya saja. Nah, saat akhir pekan inilah bisa jadi momen yang tepat untuk bersama-sama.

Jika orangtua mau menyisihkan waktu bersama anak, maka anak akan merasa lebih dihargai sehingga kepercayaan diri mereka juga akan tumbuh dan tentunya berpengaruh ke kehidupan sosial ataupun prestasi di sekolah. Biasanya nih, orangtua sudah menyusun jadwal semenarik mungkin untuk dilaksanakan saat akhir pekan. Jalan-jalan keluar kota, piknik, bahkan mengunjungi lokasi wisata di luar negeri pun sering dirancang orangtua demi menikmati quality time dengan keluarga. Menurut saya sih, ini sama sekali nggak masalah, ya. Apalagi bagi yang memang sudah merencanakan budget liburan.

Tapi menurut Mbak Nina, kegiatan bersama keluarga bisa dilakukan dimana saja. Bahkan didalam rumah, sekalipun. Salah satu kegiatan yang disarankan oleh Mbak Nina adalah makan bersama. Sederhana, kan? Umumnya, di hari kerja, acara makan bersama nggak lengkap karena anggota keluarga masih ada kegiatan masing-masing. Manfaat dari makan bersama? Banyak! Salah satunya, nafsu makan anak akan meningkat, obrolan mesra dan hangat akan tercipta, dan kita bisa mengenal ulang masing-masing anggota keluarga. Kalaupun nggak sempat makan besar bersama-sama, menikmati dessert seperti es krim bisa menjadi pilihan. Kalau sekarang, saya memilih untuk beli es krim dengan kemasan besar, sekalian, seperti Walls Selection yang Double Dutch. Es krim vanila dengan chocolate chips dan kacang mede, enaaaak! Nah, sambil menikmati akhir pekan bersama,  ingat Mommies, singkirkan gadget! Mbak Nina mengingatkan ini berulang-ulang, lho!

Shelomita, penyanyi yang juga ibu dari 4 orang anak, malahan hobi mengumpulkan aneka board games seperti ular tangga, monopoli dan sejenisnya untuk dimainkan di setiap akhir pekan. Sungguh, deh, mendengarkan cerita Shelomita dan info dari Mbak Nina bikin saya punya banyak ide untuk menghabiskan akhir pekan dengan Langit dan suami di rumah!

 

 

 


37 Comments - Write a Comment

Post Comment