Manfaat Berakhir Pekan Dengan Keluarga

Saat weekend menjelang, biasanya setiap orangtua memiliki berjuta rencana untuk menghabiskannya bersama keluarga. Termasuk saya. Walaupun saya dan suami memiliki privillege waktu kerja yang cukup fleksibel, tapi saat weekend biasanya paling tepat untuk  menghabiskannya bertiga dengan Langit.

Minggu lalu saya datang ke peluncuran Kampanye Walls Cool Weekend Selection, menurut Anna Surti Ariani (Nina), psikolog anak dan keluarga, menghabiskan akhir pekan dengan keluarga berpengaruh besar dalam perkembangan anak. Gimana nggak, bagi keluarga yang kedua orangtuanya bekerja, setiap hari tentu si anak hanya bersama pengasuhnya saja. Nah, saat akhir pekan inilah bisa jadi momen yang tepat untuk bersama-sama.

Jika orangtua mau menyisihkan waktu bersama anak, maka anak akan merasa lebih dihargai sehingga kepercayaan diri mereka juga akan tumbuh dan tentunya berpengaruh ke kehidupan sosial ataupun prestasi di sekolah. Biasanya nih, orangtua sudah menyusun jadwal semenarik mungkin untuk dilaksanakan saat akhir pekan. Jalan-jalan keluar kota, piknik, bahkan mengunjungi lokasi wisata di luar negeri pun sering dirancang orangtua demi menikmati quality time dengan keluarga. Menurut saya sih, ini sama sekali nggak masalah, ya. Apalagi bagi yang memang sudah merencanakan budget liburan.

Tapi menurut Mbak Nina, kegiatan bersama keluarga bisa dilakukan dimana saja. Bahkan didalam rumah, sekalipun. Salah satu kegiatan yang disarankan oleh Mbak Nina adalah makan bersama. Sederhana, kan? Umumnya, di hari kerja, acara makan bersama nggak lengkap karena anggota keluarga masih ada kegiatan masing-masing. Manfaat dari makan bersama? Banyak! Salah satunya, nafsu makan anak akan meningkat, obrolan mesra dan hangat akan tercipta, dan kita bisa mengenal ulang masing-masing anggota keluarga. Kalaupun nggak sempat makan besar bersama-sama, menikmati dessert seperti es krim bisa menjadi pilihan. Kalau sekarang, saya memilih untuk beli es krim dengan kemasan besar, sekalian, seperti Walls Selection yang Double Dutch. Es krim vanila dengan chocolate chips dan kacang mede, enaaaak! Nah, sambil menikmati akhir pekan bersama,  ingat Mommies, singkirkan gadget! Mbak Nina mengingatkan ini berulang-ulang, lho!

Shelomita, penyanyi yang juga ibu dari 4 orang anak, malahan hobi mengumpulkan aneka board games seperti ular tangga, monopoli dan sejenisnya untuk dimainkan di setiap akhir pekan. Sungguh, deh, mendengarkan cerita Shelomita dan info dari Mbak Nina bikin saya punya banyak ide untuk menghabiskan akhir pekan dengan Langit dan suami di rumah!

 

 

 


37 Comments - Write a Comment

  1. setuju neng, dan bener banget kata ibu Anna tentang gadget, krn somehow itu godaan terbesar mommy daddy nya. dan mengenai makan bersama… sangat terasa banget manfaatnya ketika kita sudah dewasa, keluarga jadi lebih akrab dan rasa saling menghargai dan keterbukaan lebih tinggi. lucky me ortu gw juga menggunakan metode ini :) , maka gue juga akan membiasakan sistem tersebut ke my own lil family

    1. nenglita

      Iyaaa, kerasa banget deh, bedanya saat tanpa gadget dan dengan gadet pas sama anak suami :)

      Keluarga gue bukan yang membiasakan makan bersama, tapi saat ada kesempatan makan bersama, ya nggak akan kami sia-siakan :)

  2. ameeel

    satu hal yang gw seneng pindah dari Jakarta: nggak perlu nunggu weekend buat jalan-jalan bok!
    believe it or not, sejak pindah, hampir tiap malem aja gitu gw keliling kota sekeluarga, sight seeing suasana kota di waktu malam… soale karena ngga semacet jakarta, suami nyampe rumah aja sbelom jam 18.00, dan masih dalam keadaan bugar karena nyetir kantor-rumah cuma 15-20 menit tanpa macet… senaaaaannngg… pagi pun masih bisa chitchat karena berangkatnya nggak mesti sepagi kalo di Jakarta… quality time rasanya jauuhhh lebih banyak daripada dulu… apalagi karena sama sekali nggak ada teman dan kerabat, jadi mau nggak mau ya ngabisin waktu ya sama keluarga :))
    btw, tentang Walls Selection, gw nggak setuju dengn Double Dutch… lebih nagih yang Mocha Crumble bok! gw bisa tuh nonstop ngabisin 1/2 cup sekaligus, hahahahaha

    1. nenglita

      Ah, itu yang bikin gue kadang2 pengen banget keluar dari Jakarta, Mel. Suami pernah ngajakin, begitu gue iyain, eh dianya yang masih mikir2.

      Tentang Walls, semuanya enak! Gue ada nih di freezer yg mocha *brb ngambil dulu*

  3. Tiap wiken emang gue, Maika dan Papanya selalu berusaha barengan dan tentunya makan bareng. At least 2 kali deh dalam 1 wiken makan bareng. Temenin Maika berenang juga. Tapi paling sering ya ke mall.. Duh anak dan Mama anak mall soalnya ! hehehhe..

    Di kulkas gue selalu lho sedia es krim walls cornetto! Kecil2, jadi gampang makannya…
    Jadi malem pas barengan, sambil main dan ngobrol, makan es krim juga.

    1. nenglita

      Kalo yang kecil2 itu seremnya suka nggak berasa udah makan berapa, eh tapi yang walls selection ini juga kalo langsung dibawa setempat2nya, suka nggak nyadar tau2 abis setengah aja gitu beduaan Langit x_x sekarang diakalinnya ngambil segelas kecil untuk sekali makan, atau kalo iseng suka gue taro diatas pancake itu, enaaak!

  4. affi

    Gue juga akhir-akhir ini lebih seneng spend weekend di rumah sama Aluf daripada jalan-jalan. Soalnya kalo ke mall terus selain bangkrut, mallnya juga makin rame dan bukannya santai malah pusing gue. Enaknya lagi gue tinggal di Ragunan, cuma sekali koprol dari kebon binatang, jadi kalo butuh jalan2 ke sana juga bisa. Rencananya pengen bangun super pagi terus jogging di sana. Baru rencana ya, catet :P

    Ahh aku ingin Wall’s Double Dutch! Nyokap gue juga suka nyimpen es krim ini di kulkas buat cucu-cucunya, tapi malah anak2nya yang suka ngabisin :D

    1. nenglita

      Ah, Affi, gue iri deh sama yang rumahnya delat Ragunan atau kampus UI Depok. Pasti asyik pagi2 jalan2 disana. Bener banget, ke mal weekend itu pusing baget! Anaknya kekeuh mau ke playground, pas udah bayar dan masuk ga taunya penuh eh anaknya juga bingung mau main apa. Nah, rugi kan udah bayar *medit*

  5. Hanzky

    Jehan seneng banget nih kalo diajak jalan kaki atau naik sepeda ke warung kompleks rumah untuk beli es-krim. Seru deh kalo sore-sore gitu soalnya banyak anak-anak kecil juga dan mataharinya nggak terlalu panas. Pas pulang kan jalan kakinya juga sambil makan es krim, jadi kalo ada yang netes-netes, santaii nggak kaya makan es krim di rumah yang harus buru-buru di lap :D.

    Kalo kegiatan lain, biasanya sih mengunjungi kakek-neneknya, makan, grocery shopping, ke toko buku, beli dvd. Kalo di rumah ya bikin kue, main board games. Trus suka banyak undangan ulang tahun juga sih kalo weekend.

  6. sanetya

    Setelah punya anak emang beda banget, ya, cara menghabiskan akhir minggu. Sekarang benar-benar mengutamakan waktu berkualitas sama keluarga. Biasanya akhir minggu ke rumah mertua, di sana ngobrol ketawa-ketiwi, dan biasanya kami suka bawa makanan buat dicemil pas ngobrol … daaaaaan si Mocha Crumble yang jadi favorit. Hohoho.

Post Comment