Wisata Segala Ada di SKI Bogor

Setiap menyebut Bogor, saya selalu teringat pada beragam kulinernya yang selalu sukses membuat saya menelan ludah. Jadilah setiap berkunjung ke Bogor, saya selalu berwisata kuliner. Padahal, Bogor tak hanya menjadi gudang kuliner, lho. Banyak wisata menarik yang bisa dikunjungi di Kota Hujan ini.

Selain Kebun Raya Bogor (KRB) yang menjadi wisata botani, saya pernah berkunjung ke SKI. Namanya memang kurang ngetop, ya. Apalagi jalan masuknya pun berkelok-kelok dan cukup jauh dari jalan raya. Tapi karena seorang teman yang tinggal di Bogor amat menyarankan tempat ini, saya pun iseng ke sana. FYI, saya berwisata ke SKI sudah cukup lama, sekitar 1,5 tahun yang lalu. Makanya dalam foto ini, rambut Nadira masih sedikit, hehehe.

Karena saya ke sana waktu libur paska-Lebaran, SKI pun penuh seperti pasar tumpah. Sepanjang mata memandang, pasti ada saja anak-anak dan orang dewasa yang tengah asyik menikmati fasilitasnya. Saya, suami, dan Nadira jadi bengong sendiri karena nggak menyangka. Soalnya teman saya bilang, di hari biasa, SKI itu sepiii sekali. Bad timing, I guess.

Menurut teman saya yang mengenal pemiliknya, SKI sebenarnya merupakan one stop recreation center yang diciptakan oleh PT. Sumber Karya Indah (SKI). Perusahaan yang berawal dari industri rumahan itu, memulai bisnis dengan membuat aneka tas berharga murah. Banyak pelanggan yang kemudian langsung menuju pabriknya di belakang Jalan Raya Tajur. Para pembeli itu, langsung menuju pabrik karena ingin mendapatkan model terkini dari tas yang dibuat, memesan desain tas tertentu, dan sebagainya.

Ketika usahanya makin maju, akhirnya pemilik SKI makin memperluas tanah di kawasan pabriknya, dan akhirnya menjual produknya di situ. Karena lahannya cukup luas, ia kemudian melirik peluang lain. Disediakanlah wahana rekreasi seperti outbound, berbagai permainan anak, kolam ikan, kuda tunggangan, bahkan kebun binatang mini.

Selain itu, di sini juga disediakan tempat untuk pusat jajanan serba ada. Segala jajanan favorit di Bogor tersedia di sini. Mulai dari Laksa Bogor, Soto Mi ala Bogor, Soto Bogor, Asinan Bogor, Roti Unyil, hingga beberapa kuliner yang bukan trademark Bogor seperti Nasi Liwet. Di bagian lain, disediakan juga restoran yang menyediakan menu Sunda dan internasional.

Tentu saja ini menyenangkan bagi semua kan? Para ibu bisa berbelanja di factory outlet tas yang ada. Para bapak bisa makan, sementara anak-anak bisa menikmati berbagai wahana yang ada.

Sayangnya, saat saya datang, selain penuh, SKI juga terlihat kurang terawat. Permainan anak banyak yang mulai terkelupas catnya dan agak kotor. Kemudian terdapat sampah di beberapa titik. Air kolam pun terlihat coklat.

Kemudian karena saking penuhnya, begitu masuk SKI, saya dan suami memutuskan untuk makan di restoran yang berada di dekat pintu masuk. Rasanya biasa aja, dengan harga standar restoran. Setelah selesai makan, baru deh kami melihat pusat jajanan yang berada di bagian bawah. Huhuhu. Nyesel banget nggak jajan di situ!

Tapi berhubung biaya yang murah meriah, kami pun nggak komplain. Masuk ke kawasan ini gratis, lho. Kita cukup membayar biaya parkir saja sekitar Rp 3 ribu. Kemudian untuk main berbagai permainan yang ada, barulah kita membayar. Tiap-tiap wahana dikenakan biaya Rp 5 ribu hingga Rp 20 ribu.

Jadi bagi saya, SKI tetap bisa dijadikan pilihan untuk berwisata sesekali. Apalagi dengan konsep one stop recreation center, kita bisa berwisata ramai-ramai, tanpa ada yang harus merasa left behind. Ya, nggak? :D

SKI Katulampa

Jl. Raya Katulampa No. 6 – Bogor
Telp. (0251) 353685

 


19 Comments - Write a Comment

  1. tadinya gw gak tahu apa SKI..ternyata udah sering bgt ke sini..gw biasanya bilang ke tajur hehehe..anak dan keponakan paling seneng main atv..yg setelahnya baju pasti penuh lumpur.dan makanan khas bogor ngumpul di sini..sluurp…

Post Comment