banner-detik
LITTLE GEARS

Popok Sekali Pakai Versus Cloth Diaper

author

sanetya24 May 2012

Popok Sekali Pakai Versus Cloth Diaper

Seperti yang sudah pernah saya singgung di artikel Pentingnya Tidur Untuk Balita, saya dan suami sudah memutuskan untuk memakaikan Igo popok sekali pakai sedini mungkin. Salah satu pertimbangan kami adalah karena popok sekali pakai itu praktis dan paling sesuai dengan situasi yang kami hadapi saat membuat keputusan. Jadi, otomatis saat berbelanja kebutuhan bayi, kami tidak membeli popok kain sama sekali. Lagipula, berdasarkan pengalaman melihat mama mengurus adik dulu, setelah bayi puput bisa langsung pakai celana pop.

Tidak bisa dipungkiri keputusan kami ini mengundang banyak tanya (juga protes) dari teman dan keluarga. “Nggak kasihan dengan kulitnya?”, “Nggak kasihan dengan dompet? (hihi)”, dan “Nggak ramah lingkungan amat!” adalah contoh tanggapan yang mereka berikan. Tentu saja Igo tidak pakai popok sekali pakai 24 jam nonstop, ada kalanya popok sekali pakai diganti dengan celana untuk memberikan waktu kulitnya “bernapas”. Soal harga dan ramah lingkungan, saya rasa itu kembali lagi ke individu yang menjalani. Percuma pakai yang ramah lingkungan kalau buang sampah saja masih sembarangan ;), betul?

Anyway, sebagai ibu baru saya pun merasakan lelahnya menjalani perubahan pola tidur karena harus mengurus bayi baru lahir. Dan saya sangat bersyukur atas keputusan kami memakaikan Igo popok sekali pakai. Pemakaian pospak secara tidak langsung membantunya mengatur pola tidur terutama tidur malamnya. Biar pun tetap harus diganti tiap 3-4 jam sekali tapi Igo tetap bisa pulas, tidak merasa terganggu sama sekali. Saya pernah baca hasil survei yang dilakukan terhadap 400 ibu di Surabaya, 98.7 persen dari mereka setuju kalau popok kering dapat membantu bayi tidur dengan nyaman. Benar sekali!

Belakangan para ibu di Indonesia mulai mencoba cloth diaper atau yang lebih dikenal dengan istilah clodi. Sebetulnya apa saja, sih, sisi plus dan minus dari popok sekali pakai dan clodi ini? Saya coba share dalam poin berikut, ya.

CLODI

Plus

-       Diklaim bisa lebih ekonomis dibanding pospak

-       Meminimalkan risiko anak terkena ruam popok

-       Bisa dipakai berulang kali, bahkan untuk calon anak berikutnya

Minus

-       Jika perawatannya kurang maksimal, clodi bisa bau apek dan waktu pakainya jadi pendek

-       Ekstra cucian kotor.

-       Untuk jenis tertentu, merepotkan jika musim hujan karena tidak cepat kering

-       Butuh waktu untuk mengajarkan cara penggunaan dan perawatannya kepada orang yang akan membantu mengasuh anak kita

POPOK SEKALI PAKAI

Plus

-       Mudah didapat dan digunakan

-       Praktis; tidak repot saat bepergian

-       Durasi pemakaian lebih lama

-       Lebih pas di tubuh anak

Minus

-       Untuk pemakaian jangka panjang, lebih menguras dompet

-       Jika tidak berhati-hati atau kulit anak sensitif, lebih rentan kena ruam popok

Poin-poin di atas tentu saja dari pendapat pribadi saya, ya. Saya yakin apa pun jenis yang Mommies pilih tentu didasarkan atas kebutuhan dan kemampuan yang pastinya menomorsatukan kenyamanan anak. Ada yang mau share pengalamannya? :)

 

Share Article

author

sanetya

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan