Fluffy Buttermilk Pancakes

Buat saya, selain menghilangkan stres dan membuat rileks, membuat kue juga membuat saya cepat merasa nyaman di sebuah tempat baru. Waktu saya pindah ke rumah baru, 2 tahun yang lalu, oven adalah salah satu barang pertama yang saya unpack dari kardus, supaya saya bisa cepat-cepat baking lagi. Entah kenapa, membuat kue, dessert atau makanan sarapan, seperti scrambled eggs, french toast atau pancakes, mempercepat hilangnya rasa gamang dan asing yang kerap hadir saat kita baru saja menempati rumah baru.

Dua minggu yang lalu, saya pindah rumah lagi. Keesokan harinya, sewaktu masih banyak kardus di kamar yang belum saya rapikan, saya bangun pagi, turun ke dapur, mengeluarkan peralatan perang dan membuat pancakes untuk sarapan! Bukan hanya sukses membuat saya merasa lebih tenang dan nyaman pagi itu, pancakes saya juga membuat saya lebih disukai oleh para penghuni rumah tersebut, termasuk anak-anak kecil di dalamnya :D

Buttermilk Pancakes

resep diadaptasi dari resep ini

Bahan-bahan

  • 2 cups tepung terigu
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 2 cups buttermilk (penggantinya: 2 cups susu cair + 1 sdm air perasan lemon)
  • 3 sdm mentega tawar yang dicairkan (tunggu sampai agak sedikit dingin sebelum mencampurnya dengan bahan lain)
  • 1 butir telur berukuran besar
  • minyak untuk menggoreng

Cara memasak

  • Campurkan bahan-bahan kering di sebuah mangkuk besar dan aduk rata. Buatlah “lubang” di tengah-tengah mangkuk tersebut.
  • Campurkan bahan-bahan basah di mangkuk lain, aduk rata.
  • Tuangkan bahan basah ke tengah-tengah mangkuk berisi bahan kering, aduk sampai rata. Tapi jangan terlalu lama mengaduknya ya. Kalau semua bagian adonan sudah “basah”, walaupun masih terlihat lumps atau gumpalan-gumpalan, sudah cukup kok. Tidak perlu diaduk lagi.
  • Siapkan penggorengan yang cukup berat, tuang 2-3 sendok makan minyak goreng, panaskan penggorengan kira-kira 3 menit di atas api sedang.
  • Tuang satu sendok adonan (saya menggunakan sendok sayur) ke penggorengan. Karena adonannya kental sekali, gunakan sutil untuk sedikit “melebarkan” pancake tersebut
  • Angkat dan putar sedikit penggorengan supaya minyak mengalir ke sekeliling pancakes. Ini membuat pinggiran pancake jadi crispy!
  • Goreng pancake selama kurang-lebih 2 menit, atau sampai kecoklatan, balik dan masak sisi lainnya sampai matang.
  • Hidangkan bersama maple syrup, madu, atau milk jam!

Kiat:

  • Jangan tekan permukaan pancake dengan sutil selama pancake digoreng karena akan membuat tekstur jadi tidak fluffy
  • Pancake ini memang jadinya agak tebal, tapi kita bisa sedikit menipiskannya dengan menggunakan sutil saat menuangkan adonan ke penggorengan. Ini juga membantu supaya pancake matang dengan rata.

 


25 Comments - Write a Comment

  1. sama dong, Fi, gue juga baking (sama bersihin dapur) kalo butuh ketenangan jiwa. roommates gue dulu udah tau kalo tiba2 gue rajin di dapur berarti gue lagi sutris berat. kalo sekarang karena gak punya oven (bahkan otang pun nggak ada), gak bisa baking…. pelariannya jadi tidur aja, hahahaha… *gak produktip*

    atiyatnaputri: maple syrup beli jadi. ada kok di supermarket, terutama yang banyak menjual barang impor.

  2. fii resepnya samaaaa, tapi penampakannya ko ga sebagus lo yahhhh hahahahahahaaa… pagi ini sarapan anak gw, gw bikinin ini. berhubung ga ada baking soda jadi ditambahan baking powdernya setengah sendok teh lg, pake pan bentuk bear, kan suruh nya pas ada blup2 lgs dibalik kan, nah itu syusyahhh tu,soalnya atasnya masih cair, trus gw pas2 in sama bentuk bear nya ,pinggirannya diselip2 xixixiii… o iyah kata gw cukanya berasa deh, jd planingnya next kalo bikin lg mau gw kurangin , pagi ini anak gw habis 3 dehhhh seneng dehhh liat nya ;p

Post Comment