Memaksimalkan Gadget untuk Financial Planning

Hampir 3 tahun yang lalu suami tercinta membelikan gadget sejuta umat alias Blackberry setelah saya merengek selama 4 minggu! Bukan pelit bukan medit, suami saya memang bukan tipe gadget freak. Handphone pertamanya adalah Nokia 8210 yang dipakainya dari tahun 2002 sampai 2009! Akhirnya tentu saja dia ganti setelah Nokia tersayangnya itu megap-megap kehabisan napas, kecapekan hehe.

Ketika akhirnya dia belikan BB, tantangannya pada saya adalah, “Coba, bisa ngapain saja dengan BB ini?” Hmm.. buat saya itu tantangan ;). Awalnya saya gunakan BB itu bukan hanya untuk ngerumpi dengan teman, tapi juga untuk berkomunikasi dengan para supplier toko mungil saya. Tapiii … setelah saya mulai (sangat) tertarik dengan hal-hal yang berbau financial planning saya temukan bahwa BB saya bisa sangat mendukung ‘hobi’.

Saya ingin berbagi beberapa aplikasi yang buat saya mah sangaaat berguna dalam perencanaan keuangan, tracking expense dan info investasi. Bukan hanya untuk BB, tapi untuk gadget maupun smartphone apa pun yang terkoneksi pada internet. Siapa tahu info ini bisa berguna memaksimalkan gadget maupun smartphone kita … teuteup saya ingatkan, jauhkan gadget saat sedang berinteraksi mesra dengan orang-orang tersayang, yaaaa ;).

1. TRACKING EXPENSE ALIAS MENCATAT PENGELUARAN

Mencatat pengeluaran alias tracking expense buat saya sangat penting. Mengapa? Karena kita jadi tahu berapa sebenarnya kebutuhan pengeluaran per bulan, sehingga kita bisa mengatur anggaran dengan lebih ‘realistis’;). Walaupun belum bisa rutin pisan, dalam satu tahun biasanya saya dedikasikan 2 bulan untuk tiap hari mencatat pengeluaran. Biasanya di bulan Januari dan Juni. Untuk mengantisipasi kenaikkan gaji suami dan kenaikan pengeluaran menjelang tahun ajaran baru.

Saya pernah mencoba beberapa aplikasi, dari yang sederhana otret-otretan di notes hingga beberapa aplikasi di PDA (yaa .. waktu PDA masih ngetren hehe). Tapi yang paling bisa ‘memaksa’ saya untuk rutin mencatat pengeluaran adalah NgaturDuit. Aplikasi gratisan bikinan lokal yang bekerja sama dengan beberapa perencana keuangan beken ini bisa mencatat pengeluaran dengan mudah dan bisa di-customize sesuai kebutuhan. Selain mencatat pengeluaran dan pendapatan, aplikasi ini bisa mengatur budgeting dengan notifikasi yang cerewet memberitahu saat budget kita sudah mepet, juga menu investasi nya cukup membantu saya dalam mencatat data investasi pembelian reksadana yang telah dilakukan.

Versi yang saya gunakan adalah versi di situsnya, karena sampai sekarang belum berhasil mengunduh versi BB-nya, mungkin salah BB saya yang sudah tua euyyy. O, ya, untuk keberhasilan penggunaan NgaturDuit Mommies perlu bermain-main di situs dulu. Pengaturan “Kategori” yang tepat bisa sangat membantu memaksimalkan penggunaannya.

Selain untuk pribadi, saya gunakan aplikasi ini sebagai Laporan Keuangan sederhana untuk bisnis kecil saya. Karena online membuat saya dan partner bisa transparan dalam mengecek kondisi keuangan bisnis kami dari mana saja.

2. MELAKUKAN TRANSAKSI KEUANGAN

Transaksi Keuangan tentu bisa dilakukan dari gadget maupun smartphone, selama terhubung ke internet. Melakukan pengecekan dana, transfer hingga membeli reksadana kini makin praktis karena bisa dilakukan online. Beberapa bank telah menyediakan layanan internet banking yang cukup baik seperti:

1. Bank BCA

2. Bank Mandiri

3. Bank Commonwealth

4. Bank Syariah Mandiri

Dan banyak bank lainnya. Hubungi bank untuk mengetahui layanan dan prosedur Internet Banking. Lakukan seaman mungkin, dan pastikan token anda tidak diotak-atik anak anda hingga ter-lock (pengalaman pribadi, berkali-kali:( ) maupun terjun ke dalam gelas berisi air (pengalaman seorang sahabat)

Favorit saya adalah internet banking dari Bank Commonwealth. Ini bukan tulisan berbayar, ya ;). Tapi saya memang benar-benar merasa nyaman dengan aplikasi internet banking dari Bank Commonwealth. Dari aplikasi ini saya bisa membeli reksadana dengan mudah dan relatif murah. Mulai dari minimal Rp 100.000 rupiah saya bisa mengalihkan keinginan shopping sepatu menjadi membeli reksadana :D.

Dan menggunakan blackberry aplikasi ini bisa diakses setiap saat sehingga menjadi salah satu aplikasi perbankan andalan saya.

3. PERENCANAAN KEUANGAN ALIAS FINANCIAL PLANNING

1. Situs QMFinancial

QM Financial adalah biro perencana keuangan yang dikomando the famous @mrshananto :). Selain berbagi free advice via Twitter, radio dan tulisan-tulisannya di blog/majalah maupun media lainnya, situs QM Financial memberikan beberapa tools gratis yang bisa digunakan dalam perencanaan keuangan pribadi.

Aplikasi yang bisa digunakan yaitu Quick Checkup untuk mengecek kondisi keuangan kita secara mandiri, dan Tujuan Lo Apa yang bisa memberikan perhitungan jumlah yang diperlukan untuk Dana Darurat, Dana Pendidikan, Dana Pensiun maupun Proteksi Asuransi.

2. Portal Reksadana

Situs ini menjadi andalan saya saat belajar investasi dan reksadana. Selain salut dengan tulisan-tulisan para kontributornya, saya juga mengagumi idealisme para inisiatornya untuk terus berbagi informasi bermanfaat secara GRATIS. That’s great!

Anda bisa memaksimalkan Portal Reksa Dana dengan menjadi member. Setelah menjadi member Mommies bisa menggunakan aplikasi My Plan untuk mengatur perencanaan keuangan dengan menentukan jumlah dana yang akan diperlukan untuk tujuan tertentu. Hasilnya adalah jumlah tertentu yang harus diinvestasikan setiap bulan secara rutin untuk mencapainya. Tentu saja jumlah tersebut hanyalah asumsi, berdasarkan perhitungan future value dan possible return yang anda tentukan.

4. TWITTER

Microblogging Twitter selalu bermanfaat dalam menyampaikan informasi singkat. Buat saya, Twitter merupakan salah satu sumber ilmu finansial yang berguna. Beberapa akun favorit saya yaitu: @aidilakbar, @mrshananto@ahmadgozali@bedahduit untuk ilmu financial planning. Untuk info finansial saya suka menyimak @kontaninvestasi, @reksadana, @pakarsaham.

Bisa Mommies coba untuk rajin menyimak twit-twit mereka yang lumayan ‘mencerahkan’ ;).

5. MEMANTAU KONDISI FINANSIAL

Cakep-cakep gini saya mantan engineer, lho ;) dan sempat ‘buta’ sama sekali urusan finansial. Tapi setelah mulai ngeh dengan pentingnya merencanakan keuangan saya menyadari bahwa memantau kondisi keuangan secara umum sangat bermanfaat. Berita-berita besar finansial bisa sangat mempengaruhi keadaan investasi kita. Saat kondisi ekonomi Amerika memburuk di tahun 2008, dan yang masih segar kondisi hutang negara Yunani, walaupun nun jauh dari mata tetapi sedikit banyak mempengaruhi keadaan ekonomi negara kita. Otomatis berpengaruh juga terhadap investasi dan financial planning yang kita lakukan.

Dengan mengetahui naik turunnya IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan), misalnya, saya bisa mengira-ngira ‘keadaan’ reksadana saham/campuran karena NAB reksa dana saham/campuran biasanya sangat tergantung pada naik turunnya IHSG.

Saya juga lumayan rajin memantau harga emas. Bukan untuk jual atau beli, tapi lebih untuk mengetahui tren naik turunnya harga emas. Siapa tahu bisa jadi ilmu yang bermanfaat sehingga kita bisa lebih bijak untuk menyaring berbagai berita dan menentukan skema investasi yang terbaik untuk kita.

Dengan smartphone maupun gadget kita bisa memantau kondisi finansial dengan cepat dan mudah. Hanya diperlukan beberapa menit untuk melihat kondisi IHSG dan memantau harga emas setiap hari. Bisa dilakukan sambil menunggu lampu merah saat menyetir, lho *kebiasaan buruk saya ini :p.

Beberapa situs maupun aplikasi yang saya gunakan untuk memantau kondisi keuangan yaitu:

1. Mengecek harga emas

Walaupun bukan kolektor emas dan saat ini tidak punya simpanan emas hiks, tapi saya suka mengecek harga emas tiap beberapa hari. Hanya memerlukan beberapa detik dari blackberry andalan soalnya ;).

Di sini kita bisa melihat harga jual emas batangan ANTAM yang di-update setiap hari kerja. Walaupun harganya berbeda jika kita membelinya di toko emas atau reseller-nya, lumayan bisa jadi acuan. Harga di toko emas bisa jauh lebih murah untuk emas batangan yang tidak bersertifikasi ANTAM. Di reseller per orangan harganya biasanya ditambah dengan komisi 1-2% untuk penjualnya. O, ya, ada selisih antara harga buy back (harga yang digunakan ANTAM jika mereka membeli emas dari kita) dengan harga jual mereka. Sebagai informasi, harga di situs ini juga yang menjadi acuan jika kita melakukan transaksi emas di Pegadaian maupun di beberapa bank Syariah.

Emas merupakan komoditas yang di-trading-kan di berbagai belahan bumi. Untuk memantau harga emas real time yang selalu berubah-ubah, Mommies bisa melihatnya di grafik di alamat tersebut. Untuk memudahkan memantaunya, pastikan Mommies memilih mata uang = IDR dan satuan = gram, ya ;).

Contoh tampilan grafik Spot Gold dengan pilihan currency = Rupiah, satuan = Gram, periode = 60 hari

Harga di Spot Gold ini berbeda, ya, dengan harga emas di ANTAM. Karena emas di-trading dalam mata uang dolar Amerika, sehingga tentu saja harga emas di Indonesia akan sangat tergantung dengan nilai rupiah terhadap dolar.

2. Mengecek Indeks dan Harga Saham

Dulu pernah ada aplikasi Yahoo Finance for Blackberry. Sekarang sudah tidak ada, euy. Walaupun begitu Mommies masih tetap bisa mengakses yahoo! finance melalui browser dari smartphone/gadget di alamat di atas.

Dalam situs ini Mommies bisa menambahkan apa yang ingindipantau di menu Favorite. Caranya adalah dengan tekan tombol Add dan masukan kode yang diinginkan di Search. Setelah didapat, dengan menekan tombol Add kembali, kode tersebut akan selalu ada di halaman My Favorite.

Yang selalu ada di My Favorite saya adalah JKSE.jk atau ^JKSE. Kode tersebut adalah Jakarta Composite Index alias Indeks Harga Saham Gabungan yang merupakan indikator pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia.

Memantau JKSE/IHSG dengan setiap hari mengeceknya di Blackberry paling tidak membuat saya lebih aware dengan naik turunnya grafik IHSG. Nggak perlu ahli trader untuk mengetahui naik turunnya IHSG ;). Cukup dengan sekilas mengecek warna nilainya juga bisa. Warna merah berarti IHSG turun dan warna hijau berarti naik dari harga penutupan di hari sebelumnya.

Seperti Yahoo Finance, Bloomberg bisa digunakan untuk memantau data index dan saham. Menggunakan Bloomberg lebih mudah, karena ada aplikasi Bloomberg for Blackberry yang bisa di-install dari http://m.bloomberg.com.

Kelebihan Bloomberg adalah adanya reksadana. Selain indeks dan saham, kita dapat memilih reksadana untuk dimasukkan ke dalam My Stock Pick untuk memudahkan pemantauan :).

 

Jadiii … mudah-mudahan smartphone dan gadget Mommies bisa lebih berguna. Hanya butuh beberapa menit setiap hari untuk memaksimalkan pengetahuan mengenai finansial ;). Selamat mencoba!


17 Comments - Write a Comment

Post Comment