Mike’s Pregnancy Journal 32 Weeks

Kontrol ke dokter: 7 Maret 2012
Usia kehamilan: 30w 6d
Berat janin: +/- 1500gr

First time in my second pregnancy, saya kontrol ke dokter sendirian. Not a big deal, sih, waktu hamil Dante pun beberapa kali harus ke dokter sendirian kok :D. Puji Tuhan, sejauh ini semua lancar … kondisi janin baik. Awalnya dokter sempet concern dengan berat janin, mengingat berat badan Dante waktu lahir tergolong imyuutt … cuma 2,6kg saja! :)
Tapi setelah di-USG lagi, berat calon dedeknya Dante bagus kok. Diperkirakan berat badannya nanti waktu lahir akan di atas 3 kg. Mudah-mudahan nggak bikin maminya susah ngedennya ya, nak. :D

Kondisi di usia kehamilan yang udah lumayan gede ini memang terasa beda dibanding waktu hamil pertama. Ya, wajarlah yaa, hamil pertama di awal 30-an, sementara hamil kali ini di akhir 30-an hehe..
Yang paling kerasa, gampang capek kalau jalan jauh dan ngomong! Kalo sudah agak ngos-ngosan, baru deh inget atur napas dan ngurangin pace jalan atau ngomong :p

“Sekarang ini, banyak tenaga kesehatan mengukur risiko kehamilan dengan status kesehatan wanita hamil, bukan dari usianya. Kondisi medis yang ada sebelumnya merupakan indikator kesejahteraan wanita dan kesehatan bayinya. Seorang wanita sehat usia 39 tahun sepertinya tidak akan mengalami masalah-masalah kehamilan dibandingkan misalnya wanita berusia 20 tahun yang menderita diabetes. Tingkat kebugaran seorang wanita memberikan dampak yang besar terhadap kehamilannya,” Glade B. Curtis, MD, anggota dewan American College of Obstetricians and Gynecologists, dalam bukunya, Kehamilan di Atas Usia 30.

Pertanyaan penting yang sudah saya siapin sebelum kontrol tidak lain adalaaahhh maksimal di usia kehamilan berapa boleh traveling dengan pesawat. Yup, another traveling plan ahead. Menurut dokter, dengan kondisi saya saat ini, beliau masih mengizinkan saya terbang maksimal sampai 2 minggu lagi (usia kehamilan 34w).

Karena sudah mulai masuk jadwal kontrol 2 minggu sekali, kontrol berikutnya punya PR untuk bawa pulang surat izin terbang dari dokter :D.

Anyway, saya juga sudah mulai bebelian nih. Baru mulai ngumpulin beberapa clodi, alas ompol *yang nge-hits dan sold out mulu itu looh* dan breast pump Medela Swing sih. Sebenernya saya masih punya Medela Mini Electric dari zaman kasih ASI buat Dante. Tapi kepikiran pengen punya cadangan, supaya bisa ada satu di rumah dan satu di kantor *alesan* haha.
Rencananya mau belanja komplet di bulan ke-8 aja deh, sekarang masih usaha ngumpulin baju-baju jaman Dante newborn, siapa tahu masih ada yang layak pakai. Sekaligus mantengin thread di sub-forum The Little Gear untuk bikin daftar things to buy *yang sudah makin panjang* :))


10 Comments - Write a Comment

  1. Hiiii saya termasuk yg rajin baca artikel2nya nih soalnya kita hampir sama banget weeknya. Tgl31maret nanti saya 31mg kehamilan ke 4 tapi anak ke 3(sblm yg pertama sempet keguguran). Tiap anak emang beda2ya proses kehamilannya. Makin nambah umur memang makin berasa. Saya malah udah mulai nyicil beli2 dari bulan kemaren(sampe bilang ke dokternya awas ya dok kalo ternyata bukan laki hahaha dia bilang lagian ibu udah belanja aja kan pamali) itu sih emang ibunya aja yang alesan yaa hehe gara2 kakak2nya perempuan semua jadi ga punya baju2 laki. Goodluck yaa semoga lancar sampai lahiran ;)

  2. @dewdew: *lempar sashimi*

    @nenglita: udah mulai keabisan baju buat di mix-match nih maaak, mau beli kok sayang *tumben* :))

    @aan pinkie: waaah, tos dulu dong kalo gitu :D. amiinn, makasih doanya.. same goes to you yaa, semoga lancar terus sampai due date nya nanti :)

  3. hai mbak.. kehamilan kita sama loh, minggu ini aku masuk 33 minggu (beda seminggu sih). udah mulai begah ya mbak.. bawa badan berat banget, terakhir cek hamil 31week berat janin 1.895. seneng baca2 tulisan mbak.. berbagi rasa, mudah2an kita sehat terus ya mba.. sampe melahirkan nanti..

Post Comment