We Want to Be Mommies Too…

Saat ini saya sudah menikah hampir 5 tahun, tapi sampai sekarang saya dan suami belum diberi kepercayaan oleh Yang Di Atas untuk punya momongan. Awalnya, sih, santai-santai saja soalnya nggak tahu juga mau ngapain. Tahunya, kan, dari dulu orang menikah lalu tidak lama setelahnya, ya hamil. Hehe. Setelah lama ditunggu kok nggak ada tanda-tanda hamil. Saya juga nggak tahu mau tanya siapa, malahan yang ada ditanyain orang terus kenapa saya belum hamil. Yah … mana saya tahu … huhuhu. *curcol*

Iseng-iseng saya mulai main ke sub forum Female Daily yaitu forum Trying To Conceive (TTC). Walah … baru tahu ternyata saya nggak sendirian dan ternyata faktor penghalang kehamilan itu banyak banget plus ada beragam tes yang harus dilakukan untuk mengetahui kondisi sesungguhnya.

Banyak banget, lho, informasi yang kita bisa dapatkan di sana. Dari mulai “Getting your body & life for pregnancy”, “Food or Things to Avoid”, daftar RS atau klinik yang memiliki dokter khusus menangani ketidaksuburan maupun masalah kandungan lainnya, sampai tempat curhat pun ada di “Suka Duka TTC”.

Sering kali kami merasa tidak bisa cerita ke orang lain, suka sedih saat kumpul bersama keluarga atau teman dan semua membahas soal anak-anak mereka. Begitupun saat menerima kabar pengumuman kelahiran. Inginnya, sih, ikut senang untuk kebahagiaan mereka tapi saya tidak bisa bohong, yang langsung terpikir adalah “Kapan, ya, bisa merasakan hal yang sama?” Belum lagi pertanyaan dari lingkungan. Pernah, lho, saya dinasihati oleh teman agar stop jadi pribadi egois dan segera punya anak. Oalaaah … maunya juga begitu, kan, ya? Tapi memang belum “dikasih”, kok.

Makanya saya merasa forum ini pas banget karena banyak teman yang merasakan hal yang sama. Kami bisa saling curhat, menyemangati, dan berbagi informasi. Rasanya seperti punya sahabat baru. Salah satu teman saya yang sedang TTC pernah bilang ini ke saya, “Ngapain kumpul sama yang TTC juga. Malah stres karena ngomongin itu terus. Nggak usah dipikirin.” Tapi buat saya kok rasanya malah lebih nyaman bergabung dengan sesama, ya? Haha. Selain dapat info banyak, perasaan ternyata-saya-tidak-sendirian itu sangat membantu, lho. Saat terima kabar salah satu dari kami berhasil hamil … asli, saya ikut senang dan semangat (pastinya langsung minta baby dust :p). Rasa senang saya benar-benar tulus, lho, mungkin karena tahu perjuangannya. Malah cukup banyak member forum TTC ini lebih memilih untuk menceritakan berita bahagia mereka kepada teman-teman di forum ketimbang keluarganya (kecuali suami tentunya).

Belakangan, saya mulai mantengin thread “Inseminasi Buatan”. Atau istilah kita, naik kelas dari thread “Natural Conception”.

Isi thread tersebut adalah bermacam informasi tentang inseminasi dan bayi tabung. Ternyata ada beberapa yang melakukan proses inseminasi maupun bayi tabung dalam waktu yang berdekatan, jadi kami saling update sudah sampai tahap apa. Belum lama ada beberapa teman yang akhirnya “lulus” juga. Ada yang lulus melalui inseminasi, ada yang melalui bayi tabung, lalu ada juga yang berhasil hamil alami setelah gagal saat inseminasi. Senangnya lagi, pertemanan kami menjadi sangat solid. Mereka yang sudah lulus nggak lantas kabur dari forum ini, lho. Mereka tetap menyemangati kami yang belum berhasil sambil membagi banyak kiat.

Nah, Sabtu 4 Februari lalu, akhirnya kami kopi darat! Sengaja dipilih tanggal tersebut karena salah satu dari kami yang baru menjalani program bayi tabung di Jakarta sudah mau pulang ke Menado. Kami ketemuan di Urban Kitchen, Senayan City. O, ya, kebetulan kami berenam ini berkonsultasi ke dokter yang sama. Seru, ya!


20 Comments - Write a Comment

  1. wow!! What an inspiring article, even for a mom like me :)
    Membaca ini juga membuat aku jadi lebih bisa “berempati” terhadap bbrp temenku yg juga masih berusaha menjadi seorang IBU… bahkan ada yang menyerah dalam proses TTC (6 tahun menikah tanpa dikaruniai anak) dan akhirnya MENGADOPSI seorang bayi sejak masih dalam kandungan Ibunya…
    Selamat BERJUANG bwat para mom-to-be!! ^__^

  2. lusiii… nice article, thanks for sharing ya dear, udah banyak yang bagi bagi baby dust dan injek jempol kan, mudah2an segera menyusul taon ini ya buat semuanya, AMIN AMIN AMIN….

    kirana21, itu beberapa para penghuni tret “inseminasi buatan” maak, dari ki-ka : lucy, Icha_echa, ocean_angel82, Aykayk, NanaTan, De2licious

  3. chrysantie, wah senang ya “gank”nya uda punya anak smua.. ga sabar nih yg di thread TTC pada lulus semua. kita uda rencana, nanti2 harus ngumpul lagi sambil bawa anak.. hihihi..

    nenglita, makasiiiii… jadi tambah semangat :)

    wikit, thank you :) sebenernya disekeliling ku jg lumayan banyak yg masih berjuang, tp ada beberapa yang memang ga gitu suka ngomongin / dibahas. mungkin merasa orang lain ga ngerti perasaannya yah. senangnya kalau punya teman yang bisa mengerti, walaupun ga pernah ngerasain :)

    nopai, thank you… tiap tau ada penghuni thread uda lulus, asli, nambah semangat loh.. :)

    kirana21, iyah, itu uda di absen ama aykayk.. jendral nya dia tuh.. dari berenam dia lulus duluan. hehehe.. rela deh jempol gw gepeng diinjekin mulu. hihihi

    Aykayk, amiiinn amiiinn.. lo kan salah satu inspirasi gw maakkk.. hehehe…

Post Comment