banner-detik
HEALTH & NUTRITION

Memilih Obgyn, DSA dan Rumah Sakit yang Baik

author

mery_o10 Feb 2012

Memilih Obgyn, DSA dan Rumah Sakit yang Baik

Menjadi orangtua, apalagi orangtua baru, pastinya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Begitu pula kami, khususnya saya sebagai ibu, ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, Abdullah.

Alhamdulillah waktu hamil Abdullah secara kebetulan saya mendapatkan obgyn (Dr. Kandungan) yang pas. Ramah, komunikatif, dan selalu memberikan informasi yang akurat mengenai perkembangan janin saya dari minggu ke minggu. Bila ada masalah misalnya posisi kepala janin yang masih belum turun, ataupun berat janin yang masih kurang selalu dia informasikan plus solusi untuk memperbaikinya. Dia juga memberikan no teleponnya yang dapat dihubungi kapan saja, untuk berjaga-jaga apabila sesuatu terjadi pada saya.

Alhamdulillah saya bisa melahirkan Abdullah secara normal. Abdullah pun lahir dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Setelah lahir pihak RS memilihkan DSA (Dokter Spesialis Anak) untuk kami. Sayangnya saya kurang merasa sreg dengan DSA yang dipilih oleh pihak RS. Sama seperti saat memilih Obgyn, saya juga berharap DSA Abdullah pun memiliki kriteria yang sama. Ramah, komunikatif, teliti, dan informatif.  Saya tidak mendapatkan itu pada DSA yang dipilihkan RS.

Akhirnya kami mencoba mencari DSA lain di RS lain. Karena semenjak hamil belum pernah pergi ke RS lain, saya agak kaget dengan RS yang kami kunjungi waktu itu. Sangat jauh berbeda dengan RS yang biasa kami kunjungi. Sistem pelayanannya masih manual, AC nya tidak dingin, dan ruang menyusuinya pun sangat jauh dari nyaman. Tapi harganya lebih mahal dari RS sebelumnya.

Buat saya sebagai pasien, faktor kenyamanan merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah RS. Apalagi kalau kita harus membawa bayi ke RS tersebut.

Akhirnya kami hanya sekali pergi ke RS tersebut. Bulan berikutnya kami kembali ke RS sebelumnya. Tapi kami mencoba mencari DSA yang berbeda. Alhamdulillah akhirnya kami mendapatkan DSA yang sesuai dengan keinginan kami.

Berikut adalah kriteria RS yang menurut saya baik. Mudah-mudahan para mommies juga setuju dengan pendapat saya.

1. Cara pembayaran yang mudah

2. Tempat pembayaran dan tempat pengambilan obat tidak berjauhan (agar ibu hamil ataupun ibu menyusui tidak repot berjalan jauh)

3. Kalau bisa tempat untuk pasien anak-anak dipisahkan dari pasien dewasa (karena anak-anak rentan terhadap penyakit)

4. Ruang Menyusui yang nyaman dan bersih (ini poin yang paling penting)

5. Syukur-syukur RS tersebut Pro ASI

Karena kita sudah membayar mahal, pastikan kita juga mendapatkan pelayananan yang baik dan kenyamanan. Bagaimana dengan mommies?

*gambar dari sini

Share Article

author

mery_o

Full time mother with one son. Very happy with this profession


COMMENTS