Memilih Obgyn, DSA dan Rumah Sakit yang Baik

Menjadi orangtua, apalagi orangtua baru, pastinya selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Begitu pula kami, khususnya saya sebagai ibu, ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, Abdullah.
Alhamdulillah waktu hamil Abdullah secara kebetulan saya mendapatkan obgyn (Dr. Kandungan) yang pas. Ramah, komunikatif, dan selalu memberikan informasi yang akurat mengenai perkembangan janin saya dari minggu ke minggu. Bila ada masalah misalnya posisi kepala janin yang masih belum turun, ataupun berat janin yang masih kurang selalu dia informasikan plus solusi untuk memperbaikinya. Dia juga memberikan no teleponnya yang dapat dihubungi kapan saja, untuk berjaga-jaga apabila sesuatu terjadi pada saya.
Alhamdulillah saya bisa melahirkan Abdullah secara normal. Abdullah pun lahir dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Setelah lahir pihak RS memilihkan DSA (Dokter Spesialis Anak) untuk kami. Sayangnya saya kurang merasa sreg dengan DSA yang dipilih oleh pihak RS. Sama seperti saat memilih Obgyn, saya juga berharap DSA Abdullah pun memiliki kriteria yang sama. Ramah, komunikatif, teliti, dan informatif.  Saya tidak mendapatkan itu pada DSA yang dipilihkan RS.
Akhirnya kami mencoba mencari DSA lain di RS lain. Karena semenjak hamil belum pernah pergi ke RS lain, saya agak kaget dengan RS yang kami kunjungi waktu itu. Sangat jauh berbeda dengan RS yang biasa kami kunjungi. Sistem pelayanannya masih manual, AC nya tidak dingin, dan ruang menyusuinya pun sangat jauh dari nyaman. Tapi harganya lebih mahal dari RS sebelumnya.
Buat saya sebagai pasien, faktor kenyamanan merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah RS. Apalagi kalau kita harus membawa bayi ke RS tersebut.
Akhirnya kami hanya sekali pergi ke RS tersebut. Bulan berikutnya kami kembali ke RS sebelumnya. Tapi kami mencoba mencari DSA yang berbeda. Alhamdulillah akhirnya kami mendapatkan DSA yang sesuai dengan keinginan kami.
Berikut adalah kriteria RS yang menurut saya baik. Mudah-mudahan para mommies juga setuju dengan pendapat saya.


1. Cara pembayaran yang mudah
2. Tempat pembayaran dan tempat pengambilan obat tidak berjauhan (agar ibu hamil ataupun ibu menyusui tidak repot berjalan jauh)
3. Kalau bisa tempat untuk pasien anak-anak dipisahkan dari pasien dewasa (karena anak-anak rentan terhadap penyakit)
4. Ruang Menyusui yang nyaman dan bersih (ini poin yang paling penting)
5. Syukur-syukur RS tersebut Pro ASI

Karena kita sudah membayar mahal, pastikan kita juga mendapatkan pelayananan yang baik dan kenyamanan. Bagaimana dengan mommies?

*gambar dari sini


23 Comments - Write a Comment

  1. nenglita

    Kalau untuk anak/ selama hamil, gue lebih memilih rumah sakit ibu dan anak, terus satu lagi nih yang penting: harganya terjangkau. Jangan sampe kita mau kke RS tertentu yg udah tau bagusnya kaya apa atau populer, tapi mahal ampun2an. Cari yang terjangkau dan nyaman deh lebih baik..

  2. Hmmm… Terus terang ajah, Obgyn’ku dulu nda sekomunikatif obgyn’nya Mom Mery… Bahkan nda ngasih nomer telp’nya!! (Ato jgn2 krn aku’nya jg yg cuek dan nda nanya ya :p )
    Tp aku wkt itu emang sengaja pilih obgyn cewe, krn terus terang aku merasa risih ajah klo obgyn’nya cowo, sekalipun wkt itu byk yg rekomen u/ obgyn cowo yg berumur…
    Namun obgyn’ku ini bs dibilang pro normal delivery dan nda neko2… slm kehamilan aku hanya diberi vitamin (yg aku mlh srg nda tebus :p )
    Klo soal DSA, selama ini Danny-boy blm punya DSA tetap dan br 2x ke DSA (itu pun krn sempat ada mlsh kulit dan bat-pil parah dgn demam tinggi selama 3 hr). Di luar itu, u/ imunisasi aku cukup ke bidan saja… Terjangkau dan dkt dr rumah :) *emak2 irit*

  3. wah kita satu aliran mom wikit. Saya jg aliran yg cm mau di handle sm obgyn cewek. Iya bener rasanya gak enak bgt klo perabot an (kyk dapur aja ya? :D ) kita di chek sm cowok lain walopun itu dokter.
    klo saya, soal DSA mgkn ke lebih pengen byk nanya aja. Maklum ibu baru: ).

  4. Wah mommies bener banget
    Aku juga sempet ganti2 rs gara2 gak srek sama dokternya dan akhirnya mentok dan jatuh hati sama rsia dan salah satu dokter di jaksel
    Terus lahiran yg tadinya divonis bisa SC aku bisa normal plus skr kb dan imunisasi anak tetep disitu dokternya komunikatif sekali meskipun harus sekali pindah DSA gara2 dokter telat dateng eh pindah deh dan keterusan sama dokter cewek satu ini :D

  5. iya mom divi. Skrg hrs pinter2 nyari dokter. Jgn sampe kita terima aja d ksh obat mcm2. Apalagi udah byk informasi d twitter n internet ttg pengunaan obat yg baik (RUM). Gmn coba klo anak kita cm batuk pilek tp d kshnya antibiotik? *Loh kok jd ceramah.: D
    Tp bersyukur ya mom divi klo kt bs ketemu dsa yg cocok. cocok d kantong juga….. :D

  6. Aku punya pengalaman unik dalam menemukan Dokter Obgyn yang pas di hati (pls visit joshmilestone.blogspot.com). Latar belakang profesi & kerjaan bikin aku dekat sm dunia medis (I’m a pharmacist). So, aku butuh dokter yang bisa diajak diskusi, bukan cuma komunikasi 1 arah. Ketemunya setelah DOKTER OBGYN KEENAM lohh … Untuk DSA kriterianya juga mirip, dan baru ketemu setelah DSA KETIGA :)

  7. Salam kenal Bunda…
    Klo pengalaman saya lebih repot cari DSA siy.. Klo Obgyn, Alhamdlh baik2 saja. Malah dilanjut untuk kehamilan ke-2 ini :)
    Salah satu kriteria DSA yg penting adalah RUM dan ngantrinya nda lama2. Soalnya pernah punya pengalaman sama DSA yg pertama, emang siy favorit banget. Sampe2 repooooottt bgt klo mau konsul. Msti tlpn untuk daftar jam 7 pagi, telat dikit udah nda bs dpt nomor. Trus dateng jam 4 sore untuk dapet nomor konsul, klo kesorean pasti dapet konsul makin malem, dan paling malem yg pernah saya alami adalah nunggu sampai jam 11 malem. Akhirnya kapok deh.. Meneguhkan hati untuk ganti DSA. Alhamdulillaah dpt jg DSA yg komunikatif, tegas, RUM banget dan yg pasti antriannya wajar2 aja :)
    Selamat berburu Obgyn dan DSA yg sesuai Bunda..

  8. @bunda amira: ternyata DSA sekarang udah ngalahin artis ya? Mau ketemu harus waiting list dulu. hehehe….Tapi alhamdulillah ya, udah dapet yang cocok. Semoga DSA nya bisa jadi mitra yang baik buat baby nya ya bunda.

  9. kebetulan Obygyn dan DSA anak saya katanya terkenal banget, jadi harus ngantri kalo mau berobat, cuma karena saya dan anak cocok dengan beliau jadi terpaksa harus mengantri lebih lama. RS yang penting bersih dan nyaman dan yang lebih penting adalah meet on budget…;))

Post Comment