Batu Secret Zoo

What?

Secret Zoo ini adalah bagian dari Jawa Timur Park 2 yang terdiri dari tempat menginap bertema pohon raksasa yang diberi nama Pohon Inn, Batu Secret Zoo, dan Museum Satwa.

How to get there?

Kota Batu ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat menggunakan mobil selama 30 menit dari kota Malang, atau sekitar 90 menit dari bandara Surabaya. Karena kami ingin mengunjungi beberapa tempat di Malang maka kami berangkat dari Surabaya dan kemudian menginap 2 malam di Hotel Santika, Malang. Jadi anak-anak beserta para sepupunya bisa puas dari pagi sampai tutup tetapi pulangnya tidak terlalu jauh untuk istirahat.

What’s inside?

Begitu sampai kawasan Jawa Timur Park 2 kita bisa langsung melihat pohon inn yang berbentuk seperti pohon raksasa.Melihat dari luar sepertinya seru juga kalau menginap di situ, karena selain suasananya yang berbeda, mereka punya fasilitas restoran berputar sambil melihat binatang hidup yang ada di luar kaca. Menurut situs mereka harga kamar superior weekdays Rp400,000 dan weekend Rp800,000 sudah termasuk sarapan, makan malam dan tiket masuk. Sepertinya cukup menarik. Selain itu kita bisa melihat bagian depan dari Museum Satwa yang di dalamnya terdapat berbagai fosil binatang untuk edukasi,ada juga perpustakaan dan bagian serangga yang bisa dilihat dan dipelajari. Biasanya banyak rombongan dari  banyak sekolah datang untuk darma wisata. Biaya masuknya adalah Rp20,000.

Di samping Museum Satwa terdapat gerbang Batu Secret Zoo dengan biaya masuk Rp55.000 untuk Senin-Kamis dan Rp65.000 untuk Jumat-Minggu. Kita juga bisa membeli tiket terusan untuk ke museum beserta Batu Secret Zoo dengan membayar Rp60.000 untuk hari biasa dan Rp75.000 untuk weekend. Harga yang cukup ekonomis dengan isi dan fasilitas yang di tawarkan. Bahkan kita bisa membeli tiket gabungan untuk Jatim Park 1 dan 2 sekaligus, tetapi dengan jam buka 10.00-18.00 rasanya 1 park per hari baru puas.

Menariknya adalah Batu Secret Zoo ini dikemas secara sangat modern dan bersih sehingga pengunjung merasa nyaman. Selain kebun binatang yang bisa kita susuri dengan berjalan kaki atau menyewa kendaraan seperti kursi bermotor yang disewakan Rp100.000 per 3 jamnya. Sangat berguna bila bersama orang tua/ibu hamil yang mudah lelah bila harus berjalan jauh. Sepanjang jalan juga tersedia berbagai tempat untuk membeli minuman, es krim/snack.

Begitu masuk kita akan menyusuri berbagai binatang primata kemudian ada bagian air ang terdiridari berbagai jenis ikan dan binatang melata, kemudian ada bagian savanah dan berbagai binatang buas seperti singa,macan,dll. Semuanya bisa bergerak bebas seperti sedang berada di habitat aslinya dan kita bisa melihatnya dari jauh atau dibatasi dengan  kaca, lengkap dengan keterangan yang menjelaskan berbagai hal tentang binatang tersebut sehingga anak bisa sambil menambah pengetahuan. Ada juga beberapa binatang yang bisa diajak berfoto bersama secara gratis kecuali anak macan harus membayar Rp100.000.

Kebun binatangnya bagus, binatang-binatangnya terawat dan tidak kalah dengan kebun binatang terkenal di negara-negara tetangga. Setelah melihat binatang-binatang kita tiba di bagian fantasy land yang merupakan bagian hiburan yang penuh dengan berbagai macam permainan yang bisa dimainkan dan dinaiki oleh anak-anak dan hebatnya semuanya gratis, jadi tiket masuk kita sudah termasuk sarana permainan ini. Bahkan ada waterparknya yang cukup besar dengan berbagai patung karakter terkenal seperti Toys Story, Sponge Bob, Madagaskar, dll sehingga anak-anak sangat senang. Ada juga petting zoo yang berisi binatang yang boleh dipegang anak-anak.

Di sini juga terdapat area food court yang cukup besar dengan berbagai makanan yang enak dengan harga rata-rata Rp10.000. Mereka menggunakan sistem mengisi kartu yang kemudian bisa kita uangkan kembali ketika selesai. Jadi selama anak-anak main, orang dewasa bisa menunggu sambil jajan, semua senang :)

Alamat: Jl. Raya Oro-oro Ombo no. 9 Kota Wisata Batu, Jawa Timur

Telepon:  0341- 5025777

Buka pukul 10.00- 18.00 WIB

Website: Batu Secret Zoo

 


14 Comments - Write a Comment

Post Comment