Mommies Daily, Sahabat Masa Kehamilan

Minggu ini tepat 32 minggu usia kehamilan saya. Hari menjelang persalinan semakin dekat. Dokter memperkirakan saya akan menjalani operasi pada usia kehamilan 38 minggu. Rasanya campur aduk! Menunggu enam minggu lagi, antara senang karena akan segera melihat rupa si baby sekaligus deg-degan menjadi seorang ibu.

Ya, ini pengalaman pertama saya menjadi ibu. Ibu kandung, bukan sekadar mama serep seperti pengalaman saya sebelumnya dengan adik bungsu. Dulu saya selalu membayangkan, saat-saat saya menjadi ibu saya akan melewatinya dekat Mama. Namun, saya harus melewatinya jauh dari Mama. Di sebuah kota kecil di Kalimantan. Jauh dari Mama membuat saya tidak bisa sepenuhnya bergantung pada beliau, sekalipun kini teknologi komunikasi semakin canggih. Ada apa-apa, tinggal BBM Mama. Akan tetapi, saya juga membutuhkan support dari teman-teman seusia saya yang sedang berada dalam periode sama. Di sini, di kota ini, paling hanya dengan satu dua orang teman saja. Lalu, ke mana lagi saya hendak bertanya semua hal tentang kehamilan?

Mommies Daily jawabannya!

Perkenalan saya dengan Fashionese Daily tahun 2008 masih bertahan sampai sekarang. Tanpa saya sadari, saya tumbuh dan berkembang bersama FD, yang kemudian berubah menjadi Female Daily. Sejak masih gadis hingga hamil! Bahkan akan berlanjut sampai si baby lahir dan besar nanti!

Hampir 8 bulan belakangan saya aktif di forum Mommies Daily, terutama thread Pregnancy: first trimester, second trimester, third trimester, intimacy during pregnancy, how to prevent stretch mark, maternity clothes, sampai urusan ngidam! Saya sadar betul, perubahan-perubahan yang saya alami sejak awal kehamilan adalah hal yang alamiah. Namun, pengetahuan tentang kehamilan yang nol besar membuat saya kerap bertanya-tanya ‘apakah ini normal?’ Ya, bisa saja, sih, bertanya pada Mama, tetapi pengalaman yang sudah-sudah pertanyaan atau kabar apa pun dari saya lebih sering direspons dengan kepanikan Mama. Apalagi saya pernah mengalami blighted ovum. Daripada telepon jauh-jauh ke Mama dan bikin Mama panik, saya rasa lebih baik saya bertanya pada mommies di forum, hehehe. Even one single silly question! Mommies akan segera menjawab sesuai pengalaman masing-masing.

Begitu pun dengan artikel-artikel menarik di situs Mommies Daily. Saya rajin berkunjung dan melahap semua cerita di dalamnya. Dari sini pula saya jadi tahu bahwa ada popok clodi, botol susu BPA free, sampai bagaimana brand Mothercare sukses meracuni mommies (termasuk saya!). Cerita-cerita seperti ini jelas tidak akan diperoleh lewat buku-buku tentang kehamilan, pasca melahirkan, atau apapun. Bagi saya, Mommies Daily ibarat majalah versi interaktif! Komplet, padat, dan bergizi!

Di sisi lain, berbagi pengalaman tentang apa yang saya lalui dan alami selama kehamilan itu sangat menyenangkan! Saya semakin menyadari bahwa kehamilan setiap orang akan berbeda dan unik. Maka, saya merasa sangat beruntung bisa berbagi cerita apa pun dengan mommies di forum. After all, we just not read and listen others’ stories, but we also share what we know and what we’ve been through. Prinsip itu pula yang membuat saya rajin membuat post tentang kehamilan di blog saya.

Lebih menarik lagi, dan ini selalu saya rasakan sejak awal bergabung di FD, meskipun kami hanya kenal sebatas dunia maya, dukungan dari mommies tetap terasa. Keakraban yang terajut lewat kata dan cerita itu seolah nyata dan menjadi motivasi saya untuk selalu kembali lagi, ingin bercerita dan berbagi.

Nah, rasa hangat itulah yang membuat saya berani menyatakan ‘Mommies Daily, sahabat masa kehamilan saya.’

So mommies, siapapun saudara, teman, atau kerabat mommies di luar sana yang menjalani serba pertama menjadi seorang ibu, ajak bergabung di Mommies Daily, ya!

Share your moments, share your journey of being a mother!



15 Comments - Write a Comment

Post Comment