Beyblad, Gasing Modern

by: - Thursday, February 2nd, 2012 at 4:00 pm

In: Little Gears 5 responses

0 share

Beberapa hari menonton TV lokal selama di Jakarta, Mikail mulai menyukai film-film kartun di beberapa channel yang diselingi beraneka iklan snack dan mainan yang membabi-buta. Di Sabtu pagi yang ceria, tiba-tiba dia minta dibelikan Beyblade.

Beyblade? Sepertinya itu mainan lama ya, apa masih ada sekarang?

Kebetulan sekali saya melihat beberapa Beyblade yang dipajang di area mainan di toko Office 2000, Citos. Setelah kebingungan memilih jenis Beyblade yang ternyata banyak sekali, saya memutuskan untuk memilih 1 dengan warna paling menarik. Pagi harinya, Mikail dan saya pun siap untuk mulai bermain.

Ketika dibuka, ternyata Beyblade terdiri dari beberapa bagian yang harus dipasang terlebih dahulu. Dan keribetan pun dimulai, di dalamnya tidak ada petunjuk pemasangannya. Beberapa kali saya coba memasangnya, semua bagiannya lepas seperti tidak menempel satu sama lain. Kesal sekali rasanya (pasti saya ditertawakan anak-anak kecil yang sudah punya banyak koleksi Beyblade, nih)

Hampir putus asa, saya baru teringat untuk mengakses Om Google yang punya jawaban untuk segala pertanyaan. Dan betul saja, terdapat ratusan video tutorial cara pemasangan Beyblade berbagai jenis. Ternyata ada Beyblade seri lama dan seri baru. Jenis serinya juga dibedakan dengan nomor dan tipe yang sulit disebutkan. Kampungan sekali saya ternyata.

Setelah menelusuri beberapa video di youtube, Voilaaa, Beyblade Flame Byxis 230WD pertama Mikail pun siap diluncurkan. And after all the chaos, saya yang lebih antusias memainkan Beyblade ini daripada Mikail hahaha.

 

Parts Beyblade

Buat ibu-ibu yang masih asing dengan Beyblade ini (mungkin cuma saya saja ya?), saya akan rangkum pencarian saya seharian mengenai Beyblade.

Beyblade ini semacam gasing modern, yang dipopulerkan di Jepang lewat mangga yang akhirnya dibuat seri anime di tahun 2001. Tahun 2010, serial anime Beyblade dipopulerkan kembali dengan lebih banyak karakter dan jenis Beyblade yang beragam. Serial anime yang menampilkan kecanggihan Beyblade dengan kekuatan super imajinasi tinggi, sebenarnya yang membuat mainan keluaran Hasbro ini menjadi populer. Karena aslinya menurut saya bentuknya biasa saja hehehe (maklum sudah jadi ibu yang kurang imajinasi).

Beyblade jenis Flame Byxis 230WD terdiri dari 7 bagian:
1. Winder dan Light Launcher (Dipasang untuk meluncurkan Beyblade)
2. Metal Wheel (Badan utama Beyblade)
3. Clear Wheel
4. Track
5. Face
6. Bottom
7. Tool (Untuk mengencangkan parts Beyblade)
Cara memasang:
1. Pasang Clear Wheel di atas Metal Wheel, paskan bolongannya
2. Pasang Bottom dibawah Track, kencangkan
3. Pasang Track yang sudah digabung Bottom dengan Metal Wheel yang sudah digabung Clear Wheel
4. Pasang Face diatas Clear Wheel dan kencangkan
5. Kencangkan Face dan Bottom menggunakan Tool
6. Pasang Sticker untuk mempercantik Beyblade
7. Luncurkan Beyblade menggunakan Light launcher yang sudah dipasang Winder. Tarik Winder untuk meluncurkan Beyblade. Posisi Launcher berada diatas Beyblade dan Beyblade menghadap ke bawah.
Cukup mudah, kan? Komunitas Beyblade di Indonesia juga cukup besar, lho. Bukan hanya anak-anak, remaja juga suka mengoleksi Beyblade. Biasanya pencinta mainan ini sudah paham betul jenis kekuatan tiap Beyblade, keseimbangannya dan ketahanannya ketika diadu. Komunitas Beyblade mengadakan pertemuan di tempat-tempat tertentu untuk mengadu koleksi mereka masing-masing, persis seperti di serial anime TV.
Selamat mengoleksi!

Share this story:

Recommended for you:

5 thoughts on “Beyblad, Gasing Modern

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: lita iqtianti

Leave a Reply