Menemani Anak Menonton TV

Ingat artikel tentang bahaya televisi untuk anak? Pada salah satu poin saya menjelaskan bahwa menonton televisi atau film bisa jadi berbahaya jika kita atau orang dewasa tidak mendampingi anak saat menontonnya.

Saya kebetulan bukan orangtua yang melarang keberadaan televisi atau film untuk anak saya, Langit. Walaupun berusaha membatasinya, tapi ketika menonton, saya jarang sekali membiarkan Langit menontonnya sendirian. Apalagi di usianya yang sekarang (3,5 tahun) rasa ingin tahunya sedang tumbuh pesat dan berbagai pertanyaan tak terduga pun sering muncul dari mulut mungilnya.

Bagaimana kita bisa menjawab pertanyaan mereka? Ya caranya hanya satu: ikut terlibat menonton bersama anak. (saya yakin banyak Mommies yang hapal tokoh di Shaun the Sheep, Thomas and Friends, In the Night Garden, dan banyak lagi kan? Good!). Jangan biarkan anak terbuai dengan pikiran mereka sendiri saat menonton film. Kalau saya, sih, ketika Langit nggak nanya apa-apa, malah saya yang akan bertanya. Sekedar untuk men-distract supaya pikirannya nggak terhanyut ke dalam film yang sedang ia tonton dan malah menjadikan film/TV sebagai media ‘pemersatu’ kami gitu.

Film pertama yang Langit tonton di bioskop adalah Paddle Pop Elemagika, dan ini sangat berkesan untuknya. Setelah menontonnya di bioskop, kami juga mengoleksi DVD-nya untuk ditonton di rumah. Nah, setelah menonton berulang-ulang, maka pertanyaan yang dilontarkan Langit pun semakin canggih, hehehe…

Nah, bulan Desember kemarin, Paddle Pop kembali merilis petualangan Paddle Pop Lion dan kawan-kawan. Film ketiga ini berjudul Paddle Pop Begins, yang menceritakan asal muasal Paddle Pop Lion menjadi pahlawan, hingga persahabatannya dengan Liona dan Profesor Higgabottom. Yak, ini cukup menjawab salah satu pertanyaan Langit sih, “Liona sama Paddle Pop sekolahnya bareng ya, Bu?” :D

Tanggal 10 Desember 2011 sampai 8 Januari 2012 kemarin, Paddle Pop Begins diputar setiap akhir minggu di Bioskop Blitz Megaplex. Nah sekarang Paddle Pop Begins juga ada DVD-nya loh, yang bisa didapatkan mulai akhir Januari 2012 di toko-toko bertanda khusus. Caranya, cukup dengan menukarkan 5 stik es krim Paddle Pop apa saja.

Nah, mau tahu informasi lebih lengkap atau ikut kuis berbagi cerita Paddle Pop yang hadiahnya pasti disukai anak-anak? Ayo, gabung ke Facebook Fans Page Petualangan Paddle Pop di www.facebook.com/paddlepoppage dan follow akun Twitter @PaddlePopID.

 


10 Comments - Write a Comment

Post Comment