Rangkuman Konsultasi #TangoPeduliGizi

Dalam rangka Hari Gizi Nasional 2012, selain publish artikel tentang Keamanan Snack Kemasan, kami juga bekerja sama dengan Wafer Tango melakukan program konsultasi dengan dokter gizi via Twitter. Program konsultasi ini merupakan wujud nyata kepedulian Wafer Tango terhadap gizi anak Indonesia. Karena Tango percaya, dengan memperkaya pengetahuan para mommies, maka akan tumbuh anak- anak Indonesia bergizi baik. Dan ternyata, sambutannya positif! Banyak sekali Mommies yang ingin tahu masalah gizi serta berkonsultasi dengan dr. Ida Gunawan.

Sayangnya karena keterbatasan waktu, durasi konsultasi ini hanya berlangsung selama 2 jam, sehingga banyak pertanyaan Mommies yang masuk belum sempat terjawab.

Nah, di bawah ini kami rangkum pertanyaan serta jawabannya. Dibaca, yuk, siapa tahu mirip dengan pertanyaan yang selama ini ada di benak Mommies semua!

gambar dari sini

Umur 1 tahun baru tumbuh 2 gigi, apa ada gizi yang kurang? Apakah sudah perlu diberi kalsium? – @pittipitti

Status gizi anak tidak semata-mata ditentukan dari jumlah gigi saja, masih banyak indikator lain yang dipakai untuk menentukan apakah seorang anak kurang gizi atau tidak seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dll. Jika asupan kalsium anak dari bahan makanan sudah mencukupi, maka tambahan kalsium dari luar sudah tidak diperlukan lagi. Sumber kalsium banyak pada susu, telur, ikan teri, sayur brokoli, dan lain lain.

Anak saya usia 1,5 tahun berat badannya 10 kg apa termasuk kurang gizi?- @dee_ahlestari

Untuk menentukan kurang gizi pada anak juga diperlukan informasi jenis kelamin anak. Untuk anak perempuan +/- 11,5 kg.

Anakku usia 16 bulan. Dalam sekali 1porsi makan: 1buah kentang, ±20gr daging, ½bonggol brokoli ukuran kecil,1 buah wortel ukuran kecil,1 butir telur. Sudah cukup gizi belum?- @threeanakurnia

Kebutuhan sekitar1100-1200 kalori dapat diberikan makan utama 3x dengan snack 3-4x sehari. Porsi masih kurang kecuali jika susu banyak yang diberikan dan diminum.

Bayi saya umurnya 10 bulan BB 9,4 kg, apakah BB-nya normal? Trus makannya udah susah, tolong solusinya dong?- @novitadps

Bayi lelaki 10 bulan, BB ideal sekitar 9,8 kg. BB sekarang masih kurang sedikit. Solusiya bisa diberikan makanan dengan jumlah yang lebih banyak atau jika si bayi tidak bisa makan dalam porsi yang lebih besar, dapat dicoba dengan penambahan frekuensi makan. Jadi makan diberikan lebih sering, misalnya tiap 2-3 jam sekali diberi makan bisa berupa camilan atau susu.

Anak saya 5,5 tahun doyan makan banget, tapi berat badannya cuma 20 kg ga naik-naik. Kurang gizikah?- @Ranamaiza

Anak lelaki 5,5 tahun BB ideal sekitar 20 kg, jika anak ibu berjenis kelamin laki-laki maka beratnya sudah bagus. Jika makannya banyak dan berat tidak naik, bisa jadi karena aktivitas anak tersebut juga banyak. Artinya anaknya cukup aktif sehingga energi yang didapat dari makanan akan terpakai untuk menunjang aktivitas anak.

Anak umur 2,5 tahun boleh makan telur setengah matangkah? – @amel_oh_amel

Telur sebaiknya dimakan dalam keadaan matang terutama untuk putih telur. Kalau kuning telur boleh setengah matang. Mengapa? Karena putih telur yang 1/2 matang mengandung zat avidin yang akan merusak metabolisme vitamin B. Vitamin B ini sangat dibutuhkan untuk metabolisme energi yang digunakan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Anak saya lahir BBLR 2 kg, sampai sekarang BB di bawah percentile 3, apa termasuk kurang gizi?- @u_hime

Kalau BB masih dibawah percentile 3, berarti bisa dikatakan gizi kurang. Namun ibu jangan putus asa, berikan makanan yang mengandung gizi lengkap dan seimbang sesuai umur si anak dengan pembagian makan porsi kecil dan sering. Makanannya mulai dari sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan susu serta camilan dapat ibu tambahkan. Bahan makanan sumber karbohidrat seperti nasi, kentang, bihun, mie, roti, dll. Sumber protein: ikan, daging, telur, tahu, tempe, dll. Sumber vitamin dan mineral dari sayur dan buah, susu sebagai pelengkap.

Apa immaturity usus & malabsorpsi nutrisi bisa menurun? Gimana memenuhi gizi pada orang dengan pencernaan seperti itu?- @indahngapung

Betul ibu, jika usus mengalami immaturity dan malabsorpsi tentu absorpsi zat gizi akan menurun. Mengapa ? Karena enzim dan daya serap dari sel-sel usus juga akan berkurang. Cara memenuhi kecukupan zat gizi pada orang dengan kondisi ini bisa dengan makanan yang mengandung unsur yang sudah siap diserap. Contoh untuk sumber karbohidrat dapat diberikan dalam bentuk glukosa. Untuk sumber protein dalam bentuk asam amino. Sumber lemak dalam bentuk asam lemak rantai pendek misalnya, minyak kelapa. Vitamin dan mineral bisa dari bahan makanan alami. Cara penyajian makanan juga harus diperhatikan, sebaiknya dalam bentuk yang halus sehingga lebih mudah dicerna. Pemberian makan juga jangan sekaligus dalam porsi besar, namun porsi sering dan kecil.

Kalau anak 2 th 9 bln berat 24 kg, tinggi 95 cm apa termasuk obesitas?- @cumi2hikaru

Anak laki 2 th 9 bln, BB terbaik sekitar 15 kg. BB 24 kg sudah bisa dikatakan obesitas, Bu. Untuk anak obesitas yang dalam masa pertumbuhan tidak diet ketat seperti orang dewasa, namun dilakukan pengaturan makan. Ini supaya kebutuhannya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh anak tersebut. Jangan lupa perbanyak aktivitas fisiknya, misalnya anjurkan banyak kegiatan outdoor.

Anak 2,5 tahun suka minum teh manis, 1 gelas per hari. Perlu dikasih tambahan suplemen zat besi?- @amel_oh_amel

Teh manis hanya mengandung glukosa (sejenis karbohidrat simplex yang biasanya untuk mendapatkan sumber energi dalam waktu cepat). Balita membutuhkan banyak zat gizi lain yang jauh lebih penting untuk pertumbuhannya. Teh manis diganti dengan susu/jus buah segar yang ibu buat sendiri, ini memberikan manfaat yang jauh lebih baik buat anak. Kebutuhan zat besi sebenarnya dapat terpenuhi dengan baik jika anak diberikan cukup bahan makanan sumber zat besi. Jika asupan dari bahan makanan alami sudah mencukupi maka suplemen/tambahan dari luar sudah tidak diperlukan lagi.

Bayi saya umur 13 bulan tapi giginya belum numbuh-numbuh juga, gimana ya solusinya? – @Widiebengal

Gigi pertama biasanya di usia 6 bulan, jika sampai 13 bulan belum tumbuh, tidak ada salahnya ibu periksa ke dokter gigi. Tapi kebutuhan nutrisinya tetap harus dipenuhi. Seperti protein, vitamin, mineral untuk gigi: kalsium, fosfor, magnesium, dll.

Bisa juga dengan memberikan makanan yang agak keras agar dapat digunakan untuk merangsang pertumbuhan gigi. Misal snack agar bisa digigit-gigit sehingga memberikan rangsangan terhadap gusi dan tentunya akan merangsang pertumbuhan gigi

Dalam sehari, berapa ml kebutuhan UHT anak usia 18 bulan?- @deetalia

Usia 18 bulan membutuhkan kalori sekitar 1180 kalori. Pemberian susu tergantung dari berapa kandungan kalori dalam tiap sajinya. Sebaiknya anak sudah diberikan makanan padat sehingga penggunaan susu sudah tidak merupakan menu utama seperti saat bayi. Tujuannya supaya anak mengenal berbagai macam makanan dan mendapat gizi yang bervariasi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhannya. Susu bisa diberikan 3 x sehari sebagai selingan beserta snack. Jumlah susu bisa diberikan antara 200-250 ml per kali minum.

Anak saya suka sekali telur. Tiap hari harus ada telur dalam menunya, meski ada lauk lain juga. Is it ok?- @irrasistible

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki jenis asam amino yang cukup lengkap. Tapi kuning telur kaya kolesterol. Karena itu jika si kecil mau mengonsumsi telur sebaiknya tidak lebih dari 1 butir/hari. Jika mau lebih sebaiknya tanpa kuning telur, cukup putihnya saja. Si kecil tetap harus dikenalkan dengan lauk lauk lainnya

Bayi saya, 6 bulan BB 6,78 kg normalkah? Makan banyak, hanya pupnya sering sekali. Hampir 4x dalam sehari. Solusinya gimana ya?-  @adeliasofiana

Bayi perempuan 6 bulan BB yang baik sekitar 7.2 kg. Dengan BB sekarang masih kurang sedikit. Apakah ibu sudah memberikan ASI eksklusif ? ASI eksklusif akan mengurangi keluhan seperti pup yang terlalu sering. Solusi yang bisa ibu lakukan: tetap memberikan ASI (walaupun sdh 6 bln lebih). Untuk buah dapat dipilihkan buah pisang ataupun buah apel yang manis untuk mengurangi keluhan pup yang sering. Tetap diusahakan untuk menggunakan ASI, ya, Bu.

Bayi 1 bulan BB lahir 3,3 kg, BB skrg 5 kg. Seminggu setelah lahir diseling sufor karena ASI sedikit. Sekarang sudah full ASI, kegemukan atau tidak?- @mylmind

Bayi perempuan 1 bulan BB yang baik sekitar 4,2 kg sedangkan untuk bayi laki sekitar 4.5 kg. Jika saat ini ibu sudah full memberikan ASI maka sangat baik, dan ibu jangan khawatir kegemukan. Sangat jarang bayi ASI akan mengalami obesitas. Karena komposisi ASI sangat cocok dengan kebutuhan bayi manusia. ASI dalam segala komposisinya tidak akan memberikan asupan lemak ataupun karbohidrat yang berlebihan.

Efek kekurangan yodium pada saat hamil apa ya?- @ianmatrey

Kekurangan yodium saat hamil bisa menyebabkan kretinism dimana anak akan mempunyai bentuk tubuh yang pendek dan bisa memiliki kecerdasan yang agak kurang dibanding dengan anak normal. Biasanya hal ini dijumpai di daerah pegunungan di mana sumber hasil laut sulit diperoleh. Tapi saat ini sudah tidak jadi kendala karena pemerintah sudah melakukan fortifikasi yodium dalam garam dapur.Yang harus diperhatikan, sebaiknya garam beryodium ditambahkan setelah makanan tidak terlalu panas atau tidak di atas jerangan api, Dalam kondisi panas yodium akan hilang. Yodium juga bisa diperoleh dari makanan laut seperti ikan, udang, dll.

Sayuran atau buah dimakan utuh atau ‘disembunyikan’ misalnya diblender dengan bahan lain, apakah kualitas gizinya tetap sama?- @nikenabdillah

Untuk mendapat manfaat buah yang maksimal dengan cara dimakan utuh dan tidak dibiarkan terlalu lama di udara terbuka. Jika dibiarkan terlalu lama di udara terbuka maka vitamin C yang terkandung akan teroksidasi oleh oksigen luar dan menyebabkan vitamin C yang dikandung dalam buah jumlahnya menurun. Hal ini tampak pada apel dan pisang yang didiamkan terlalu lama di luar akan menjadi hitam. Dengan blender artinya buah akan dihancurkan dengan mesin dan tentunya akan berkontak dengan udara luar cukup lama akibatnya kandungan vitamin C akan berkurang. Oleh karena itu terbaik konsumsi buah dalam kondisi utuh

Gimana Moms, seru, kan? Mudah-mudahan ke depannya keadaan gizi anak Indonesia akan lebih baik lagi.


7 Comments - Write a Comment

Post Comment