Motherhood, Film Khusus Ibu-ibu

Ada yang sudah nonton Motherhood? Film lama, sih, diproduksi tahun 2009 yang dibintangi oleh aktris cantik Uma Thurman. Kalau cek di IMdb.com, banyak yang protes sama film ini, karena terlalu ‘lebay’ menggambarkan sosok Uma Thurman sebagai ibu.

Tapi saya suka, sih, sama film ini. Memang karakter Eliza sebagai ibu dari 2 anak kayanya terlalu lemah dan ribet sendiri. Di film ini, Eliza selalu tampil dengan penampilan yang berantakan, lelah, rambut kusut, dan baju seadanya. Padahal dalam kehidupan nyata, ibu-ibu juga bisa tampil stunning, kan? *buang daster*. Di salah satu scene, ada adegan Eliza mau mengantar anaknya, pas di jalan ketemu tetangga yang bilang “Eliza, are you wearing your night gown?” Yap, saking rempongnya urus anak, Eliza sampai nggak sadar bahwa dia keluar rumah masih dengan memakai gaun tidurnya. Ada yang pernah mengalami ini?

Hal lain yang berhubungan dengan kehidupan saat ini: Eliza adalah seorang blogger. Di antara kesibukannya berlarian sana-sini meladeni aktivitas anak-anaknya, ia selalu memiliki waktu untuk update blog-nya. Sounds familiar, huh? :D

Motherhood dikategorikan sebagai film komedi, walaupun untuk orang-orang secara umum, film ini nggak ada lucu-lucunya. Lalu siapa yang bisa mengerti bahwa film ini lucu? Ya ibu-ibu dong, seperti ngeliat diri sendiri (dalam sosok Uma Thurman, uhum) atau syukur-syukur malah merasa beruntung  bahwa hidup kita lebih banyak ketawanya dibanding Eliza :)

Uniknya lagi dari film ini adalah produser, sutradara sampai penulis naskahnya semua adalah perempuan. Kalau kata sang penulis, Katherine Dieckmann, “Men can write great women’s movies, but I don’t think a man could write this movie. I don’t think any man can understand what it’s like to face the day to day the way a woman can, what it means for a woman to be compromised by domesticity”. Yup, kalau sudah jadi ibu baru bisa mengerti gimana ‘seru’nya dunia kami :D

Overall, film ini lumayan kok untuk dinikmati saat weekend (mungkin nggak?) atau saat anak-anak sudah tidur. Btw, saya nggak tahu apakah DVD aslinya beredar di sini, jadi silakan cari di youtube atau beli di lapak-lapak yah :D Selamat menonton!

*gambar dari sini


33 Comments - Write a Comment

Post Comment