Bali Bird Park

Nara sangat suka binatang, dia selalu bersemangat setiap diajak mengunjungi kebun binatang, dan bersemangat juga menarik ekor mengejar beragam binatang, apa pun jenisnya. Liburan sebelum ini kami sudah mengunjungi Bali Safari and Marine Park, kali ini saya merencanakan untuk mengajak Nara ke Bali Bird Park, karena, saya mendengar di Bali Bird Park ini banyak burung yang dilepas bebas, sepertinya menyenangkan. Maka tekad saya mengajak Nara ke sana semakin bulat. Sebelum berangkat, saya menyempatkan diri mempelajari situsnya yang cukup informatif walau tidak sedetail Bali Safari and Marine Park.

Saat pertama menginjakan kaki di sana, saya langsung suka dengan suasananya. Pepohonan yang rindang dan tempat yang terbuka selalu menyenangkan untuk Nara, karena dia bisa bebas berlari. Ternyata selain ada taman burung disana juga terdapat rimba reptile. Tempatnya sendiri tidak sebesar taman burungnya, namun koleksi yang dimiliki lumayan lengkap. Tiket masuk untuk wisatawan asing dan lokal dibedakan. Untuk wisatawan lokal harga satu tiket masuknya dewasa Rp 82.500 dan anak-anak setengahnya (Nara masih gratisss karena di bawah 2 tahun), sedangkan untuk wisatawan asing  harga tiket dewasa USD 23.5 + tax 10% anak-anak setengah dari harga tersebut.

Saat masuk sebelumnya kita disemprotkan disinfektan untuk menjaga agar tidak ada bakteri atau kuman yang terbawa dari luar yang bisa membahayakan kesehatan beraneka jenis burung di sana. Di depan pintu masuk kita sudah disambut oleh burung kakak tua dan nuri yang berwarna-warni. Nara, sih, langsung pasang ancang-ancang mau mengejar burung itu *sigh*.  Di taman ini banyak burung dilepas bebas dan banyak pula yang ditempatkan di dalam kandang. Beberapa burung yang dilepas bebas ada burung nuri, kakak tua, flamingo, angsa, sejenis bebek, dan pelikan. Di Bali Bird Park ini juga ada beberapa pertunjukan yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang datang. Tapi karena sibuk mengejar-ngejar Nara yang heboh mau ‘berkenalan’ dengan merak kami pun tidak sempat nonton pertunjukan.

Burung-burung di Bali Bird Park ini dibagi berdasarkan asalnya, seperti Amerika Selatan, Afrika Selatan, Sumatra, Kalimantan, Papua, Jawa, Bali, Indonesia Timur, dan ada yang namanya Birds of Paradise (burung yang terlihat di pegunungan Papua Nugini). Selain itu ada bird nursery. Di sanalah anak-anak burung yang baru menetas dirawat.

Nara paling excited tentu aja dengan burung-burung yang dilepas, terutama merak, flamingo, dan bebek. Ampun, deh, masa dia mau ikutan bebek yang lagi baris mau nyemplung ke kolam di tengah taman. Oh, sama satu lagi, Nara suka banget gangguin sekelompok flamingo yang lagi tidur siang. Ia menggebah-gebah agar flaminggonya bangun. Tinggal saya yang ketakutan, parno Nara dipatok.

Puas berkeliling kami menuju Guyu-guyu Corner. Di tempat ini kita bisa berfoto dengan burung. Saat itu sedang ada burung rangkong, di sini sistemnya kita foto-foto dulu menggunakan kamera dari petugas, bisa juga pakai kamera kita, lalu setelah foto oleh petugas akan diberikan kupon jika ingin mencetak foto tersebut. Mencetak foto bisa dilakukan di toko suvenir dekat pintu keluar. Demi kenang-kenangan plus liputan MD maka saya yang takut sama unggas rela berfoto bersama dengan burung rangkong ini. Lihat kan muka saya dihiasi senyum-senyum takut *sigh*. Biaya cetak fotonya sendiri untuk ukuran wisatawan lokal tergolong mahal, satu foto sekitar Rp. 150.000, namun dengan itu kita juga bisa membantu perawatan burung- burung di sini.

Setelah capek berkeliling, kami pun menuju toko suvenir untuk mencetak foto. Di sebelah toko suvenir ada restaurant Bali Starling, yang menarik di restoran ini adalah pojok anak dan ada nanny on duty-nya juga, jadi sementara orangtua makan, anak-anak bisa bermain disana. Ada meja khusus juga untuk anak-anak makan dan tempatnya juga bersih. Sayang, karena kami berencana makan di tempat lain jadi tidak sempat mencicipi restoran tesebut, deh. Over all kami puasss berkunjung ke Bali Bird Park. Nanti kalau ada kesempatan ke Bali lagi kami pasti mampir ke sana lagi.

Bali Bird Park

Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu,

Batubulan ,Gianyar , Bali

Telephone: 62 361 299352

Fax: 62 361 299614

http://www.bali-bird-park.com/

Jam operasi: 09.00–17.30

 

 

 

 


14 Comments - Write a Comment

Post Comment