Harvard’s Healthy Eating Plate

Sejak September 2011, peneliti di Harvard merilis kombinasi makanan sehat yang disebut sebagai “Healthy Eating Plate”. Isinya adalah:

  • Sayuran
  • Buah
  • Gandum utuh, seperti oatmeal, brown rice, dan lain sebagainya
  • Protein, seperti ikan, ayam, kacang-kacangan, dan lain lain
  • Healthy oils, seperti minyak canola atau zaitun untuk mengolah bahan makanan
  • Air, selain air putih juga bisa dikonsumsi dalam bentuk kopi, teh, jus atau susu

Nah, kemarin hal ini sempat ramai dibicarakan di ranah dunia maya. Kenapa? Karena hilangnya elemen susu dalam bagan besar tersebut. Memang, kehadiran susu sebagai elemen penting dalam tubuh manusia banyak menimbulkan pro kontra.

Kami pernah memuat artikel tentang perlu atau tidaknya minum susu 2 tahun lalu. Kalau membaca keterangan di artikel tersebut, sih, susu menjadi bagian dari air yang dibatasi konsumsinya per hari. Nah, silakan ke artikel kami untuk tahu berapa banyak susu yang dibutuhkan tubuh anak, ya!

Kalau kata admin Twitter @secondopinionID, sih, ada baiknya kita mampu mengkritisi setiap berita, artikel, atau apa pun yang kita dapat. Dan yang paling penting: “Be open-minded. Pahami bahwa ga ada yang disebut “kebenaran absolut” dalam ilmu. Ilmu mah berubah terus! :)”. Setujulah!

*sumber: situs harvard

 


13 Comments - Write a Comment

  1. Sepertinya revisi Harvard dengan menggantikan susu dengan air berkaitan dengan penelitian terakhir dari univ.Harvard sendiri: http://news.harvard.edu/gazette/2006/12.07/11-dairy.html
    Bahwa ada link antara susu modern dengan cancer (modern, maksudnya cara industri susu masa kini yg udah jauh bergeser dari cara peternak tradisional jadul).

    Untuk orang dewasa, kebutuhan kalsium dapat dipenuhi dari sayur hijau dan kacang2an (baca di twit @dr_Phaidon)

  2. Wow!!!
    Good article :)
    dan memang susah mengubah byk pandangan org jaman skrg yg sedikit2 susu…sedikit2 susu… (Termasuk aku yg emang udah jd emak pun msh sangat doyan mengkonsumsi susu :) )
    Apalagi makin kesini produk susu makin beragam dgn begitu byk pengkategorian sasaran susu tsb…

  3. susu jadinya buat variasi minum aja siy… ga maksa anak musti minum susu brp ml per harinya… kalo minta ya dikasih, kalo ndak ya sudah… diusahakan makannya bervariasi walaupun kadang ga mati gaya mikir menu.. xixixi

Post Comment