Mike’s Pregnancy Journal weeks 17

Kontrol ke dokter: 7 Desember

Usia kehamilan: 17w 5d

Panjang janin: +/- 17cm

Tidak naiknya berat badan bulan lalu langsung dibayar di kontrol kali ini dengan kenaikan berat 2 kg! Haha ….

Kali ini konsultasi lebih banyak didominasi pertanyaan dari suami saya yang agak khawatir dengan jadwal perjalanan bisnis saya di bulan Desember ini. Setelah sebelumnya ke Bali (bulan lalu dan seminggu sebelum kontrol), saya harus terbang ke Sydney, Australia tanggal 8 Desember (tepat sehari setelah kontrol) selama 4 hari, dan minggu depannya sudah ada jadwal ke Bali lagi :D

Menurut obgyn saya, sebenarnya tidak dilarang bagi ibu hamil untuk bepergian jauh, selama pada jarak tempuh yang cukup panjang selalu diusahakan untuk bergerak (tidak duduk terus) setiap 1 atau 1 1/2 jam sekali. *noted, dok*

Untuk amannya, saya minta surat keterangan dari dokter bahwa kondisi saya dinilai baik untuk terbang. Jaga-jaga jika diminta oleh awak maskapai nanti. :)

 

Karena jurnal ini dibuat setelah perjalanan ke Sydney, saya cerita sedikit tentang perjalanan tersebut, ya ….

Penerbangan ke Sydney lamanya sekitar 7 jam. Agak bikin otot kaku, sih, untungnya saya tidak ada masalah dengan tidur di pesawat. *memang dasarnya kebluk* :)))

Sialnya, setelah makan di pesawat langsung ada turbulence, jadi cukup bikin mual (meskipun tidak sampai muntah).

Tiga hari di Sydney lumayan bikin kaki serasa mau copot! Tapi overall, I love the city! Sampai-sampai saya langsung BBM suami, bilang mau tinggal di Sydney saja. Hihihi.

Hari terakhir saya sempet mimisan, meskipun tidak banyak tapi kaget juga secara seumur hidup baru pertama kali ini mimisan. Well, I guess there’s always a first time for everything :D

Selama di Sydney ini juga pertama kalinya saya merasakan my first baby’s movement. Rupanya senang dia diajak jalan-jalan jauh :’)

Beberapa wanita merasakan adanya quickening atau pergerakan janin antara minggu ke 16-20, waktunya berbeda tiap wanita.

Apabila ini adalah kehamilan pertama maka memang beberapa ibu baru mulai merasakan pergerakan janin pada minggu ke-20. Gerakan janin pertama dirasakan seperti perasaan ada kupu-kupu di dalam perut atau sebagai “gelembung gas” atau “denyut”.

So, little baby, ready to have another trip with mommy next week? :D

*Quote diambil dari sini


13 Comments - Write a Comment

Post Comment