Mommies Daily: Dua Tahun, Hari Ini :)

Kalau diibaratkan balita, umur Mommies Daily baru mau masuk fase Terrible Two (Atau Terrific Two?) :D. Sama seperti balita umur dua tahun pada umumnya, kami lagi senang-senangnya eksplor dan mencoba memahami apa yang terjadi di dunia sekitar. Contohnya, observasi hal-hal seputar dunia parenting, dunia anak, dan dunia ibu-ibu. Mencoba memahami karakter pembaca Mommies Daily dan menyuguhkan informasi yang sedang dicari yang dapat membantu mereka mengerjakan perannya sebagai ibu, mencari tren, dan fenomena menarik yang terjadi di seputar kehidupan berkeluarga. Sama seperti selayaknya anak umur dua tahun yang kosakatanya sedang berkembang, Mommies Daily pun ‘kosakata’nya berkembang seiring dengan bertambahnya artikel yang sudah kami published. Selain itu, anak umur dua tahun sangatlah aktif dan mempunyai rasa penasaran yang tinggi, dan kami berharap Mommies Daily terus aktif juga semangat dalam menjalani tugasnya, baik online maupun offline dan yang terpenting, tidak pernah kehilangan rasa penasaran. Afterall, curiosity is what make life interesting.

Hal lain yang kami rasa persamaannya dengan anak umur dua tahun adalah, anak-anak tersebut ada di tahap mempelajari siapa mereka, menjajaki kemandirian mereka dan juga terus menantang diri mereka. Jujur, Mommies Daily juga masih dalam tahap menjajaki potensi yang ada, bagaimana kami seharusnya bersikap dan terus berevolusi sesuai dengan berkembangnya pribadi kami sebagai orangtua dan tentunya sebagai seorang individu.

Mommies Daily editorial team.

Sayang sekali Manda dan Igo belum bergabung ketika foto ini diambil dan belum foto full team lagi setelah itu.
Untuk ‘kenalan’ dengan tim Mommies Daily silakan baca di halaman Meet the Mommies, ya.

Selama dua tahun menjalani Mommies Daily, tentu ada banyaaakk sekali pengalaman dan pelajaran yang dapat kami petik. Baik seputar dunia parenting, ataupun hal-hal lain yang akhirnya bisa menjadi pedoman dalam menjalani hidup. Satu yang ingin kami share di sini adalah: Have Values!

Sebagai manusia, memang sebaiknya kita mempunyai nilai hidup yang kita anut. Pakem-pakem hidup yang ingin kita jalani terbentuk dari pengalaman, lingkungan, cara kita dibesarkan, agama dan lain sebagainya yang tentunya berbeda dengan orang lain. Dengan mengetahui nilai hidup kita, itu sudah seperti menemukan beberapa potongan puzzle kehidupan yang sedang kita susun dan itu akan memudahkan perjalanan kita selanjutnya. Mengambil keputusan tentang banyak hal seperti kerjaan, proyek dan lain-lain juga akan lebih mudah kalau kita sudah sadar akan apa yang kita percaya dan tuju dalam hidup.

Apalagi sekarang kita sudah menjadi orangtua, keputusan yang kita ambil bukan saja berdampak pada diri kita, tapi juga suami serta anak-anak, baik untuk di masa sekarang ataupun terbawa sampai ke depannya … dan apalagi ternyata di era Internet dan social media yang sarat akan informasi serta potongan-potongan pemikiran orang lain ini, skill kita dalam mengambil keputusan sepertinya sudah agak bergeser. Terkadang, kita memutuskan sesuatu bukan lagi disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan kita, bukan lagi karena kita sudah mendata sisi positif dan negatifnya, bukan lagi karena pilihan itu adalah yang terbaik. Tapi karena terpengaruh dengan semua hal yang terjadi di sekeliling kita, sekeliling di sini dalam arti di layar laptop kita dan juga screen handphone kita jadi banyak hal diputuskan on an impulse. Pengaruh yang bisa didapat dari Internet mulai dari hal terkecil se-simple orang yang kita follow sedang makan mi instan dengan cabe rawit malam-malam, dan seketika itu juga kita bisa langsung menuju dapur atau minta tolong si mbak untuk membuatkan satu mangkuk untuk kita (ehmm pengalaman pribadi banget kayanya, nih). Selain hal kecil, banyak juga hal-hal besar seperti memutuskan untuk liburan kemana sampai perkara pemilihan tempat liburan, sekolah anak dan lain-lain yang sebenarnya, ego lebih banyak berperan ketika kita mengambil keputusan tersebut.

Nah, kami di Mommies Daily merasa setelah kami semua duduk bareng mendiskusikan values kami dan memutuskan apa saja yang akan kami jalani, semuanya terasa lebih terarah dan tidak galau lagi :D. Mengambil keputusan pun jadi sangat mudah karena kami sudah tau mana yang boleh dan mana yang tidak. Memang, apa saja, sih, editorial policy-nya Mommies Daily? Pastinya ada banyak, tapi satu di antaranya:

  • We support ASI 100%. Dalam arti, kami tidak menerima pengiklan dari produsen susu formula. Baik untuk mempromosikan produk susunya atau mempromosikan produk pendukung lainnya dari para produsen seperti; event, lomba, dan situs mereka. Waktu belum memutuskan hal ini, setiap ada tawaran dari merek atau agency pasti kami akan sedikit bimbang, “Tapi cuma tweet saja, sih, lima kali”, “Budget-nya besar, lho”, “Katanya nggak harus nyebutin mereknya kok, asal diarahkan saja ke Facebook Fan Page-nya”, “Ini untuk di atas satu tahun, kok” … dan lain sebagainya. Percayalah, tawaran seperti itu banyak sekali yang datang. Sebagai perusahaan kecil yang memang hidup dari pengiklan, tentu ini membuat kami berpikir dua kali karena biasanya anggaran produsen susu memang lebih besar dari pengiklan lain. Tapi Alhamdulillah kami terus bertahan untuk tidak tergoda … hanya, ya, itu, masih melalui proses pemikiran yang panjang, yang buang-buang waktu serta energi dan melelahkan. Setelah guidelines tersebut ditentukan, semuanya jadi lebih sederhana karena ketika ada tawaran datang ke salah satu dari kami, langsung bisa dengan tegas menolaknya, tanpa harus bilang “Coba kami diskusikan dulu dengan tim, ya”. Kami pun tidak meringis lagi mendengar jumlah budget yang mereka tawarkan karena sudah ikhlas dan untuk kami ada yang lebih penting dari sekedar menambah pencapaian target penjualan.

So yes, having values in life is important. Just like Malcolm X once said, “If you don’t stand on something, you’ll fall for anything“.

Sekarang sudah akhir tahun dan kami sangat excited menyambut 2012. Hari Senin nanti, kami akan menggelar rapat editorial untuk membahas kalender setahun ke depan, ada banyak sekali ide di kepala kami yang mudah-mudahan akan menyenangkan juga untuk dibaca oleh para anggota Mommies Daily. Kalau ada ide artikel yang diharapkan muncul di Mommies Daily, silahkan, lho, dilempar di bagian komen di bawah :).

Terima kasih sudah menjadi pembaca yang setia, yaaa … I hope you’ve been enjoying the ride as much as we’re enjoying it from the other side :). Wish as a fun and smooth ride on this terrible two phase and may we always hold on to our values :))


41 Comments - Write a Comment

  1. Alles Gute zum Geburtstag, MD. Saya masih baru register, baru akan (insyaallah) menjadi mommy..but reading just a glimpse of your articles already gave a hunch that this will be my new favorite site! lol. Moga2 kerja keras kalian selalu memberi manfaat untuk perempuan Indonesia ya jeungs.. ;-)

Post Comment