Imunisasi BCG

Hai dr. Ian,

Perkenalkan, saya Devi, umur 26 tahun. Saya baru saja melahirkan sekitar 2 bulan lalu. Saya mau tanya soal imunisasi. Sekarang umur bayi saya 2 bulan 13 hari dan rencananya baru Senin depan  akan imunisasi BCG (sesuai jadwal yg diberikan dokternya). Kebetulan dokter anak saya praktik  di salah satu rumah bersalin yang jaraknya cukup jauh, jadi saya inisiatif untuk imunisasi di bidan dekat rumah. Namun setelah saya hubungi untuk bikin janji, bidan tersebut bilang kalau BCG dilakukan sebelum umur bayi 2 bulan.

Yang saya mau tanyakan, sebenarnya umur berapa bayi diimunisasi BCG?

Terima kasih, ya, Dok.

Devi

Dear Mom Devi
Congrats buat kelahiran bayinya…
Imunisasi pada dasarnya dapat dilakukan kapanpun. Namun, adanya jadwal imunisasi itu disesuaikan dengan berkurangnya atau tidak adanya antibodi pada anak yg berasal atau diturunkan ibunya. Jadi idealnya imunisasi itu harus sesuai dengan jadwal, di mana diperkirakan antibodi pada anak dalam kondisi nol atau berkurang sementara risiko yg ditimbulkan dari penyakit yg dicegah oleh imunisasi berat pada usia tersebut.
Misalkan Hepatitis B diberikan segera setelah lahir, mengapa? Karena bayi baru lahir tidak memiliki kekebalan terhadap infeksi hepatitis B sehingga harus diberikan imunisasi hepatitis B. Hepatitis B sebaiknya diberikan dalam 12 jam pertama. Berdasarkan hasil penelitian, respons pembentukan antibodi imunisasi hepatitis B lebih baik jika diberikan dalam 12 jam pertama.
Mengapa campak diberikan saat usia 9 bulan, sebab saat usia itu kadar antibodi sudah sangat turun.
Untuk BCG itu sendiri, idealnya diberikan pada usia 0 bulan, mengingat tidak diturunkan dari ibunya. Namun dengan catatan jika diberikan di atas usia 3 bulan, disarankan untuk tes mantoux. Sebab jika mantoux positif maka anak di bawah 5 tahun akan dilakukan terapi (di bawah pengawasan dokter anak, tergantung dari gejala klinis yang lain dan riwayat paparan terhadap kuman TBC-nya). O, ya, vaksin BCG bukan mencegah penyakit TBC, akan tetapi mencegah perjalanan penyakitnya menjadi berat (TBC-milier) yang risikonya tinggi pada anak di bawah usia 5 tahun, oleh karena itu range jadwal imunisasi BCG pada usia 0-5 tahun.
Jadi telatkah imunisasi BCG? Tentu tidak. Meski tidak ideal, tidak ada kata terlambat untuk imunisasi, hanya saja jika telah lewat 3 bulan dilakukan test mantoux terlebih dahulu.
Idealnya imunisasi BCG diberikan bersamaan dengan polio, karena keduanya adalah vaksin hidup, jika tidak dilakukan bersamaan harus diberikan jarak 1 bulan. Perlu diingat bahwa imunisasi simultan lebih baik dari pada imunisasi yg diberikan terpisah.
Mudah-mudahan jawabannya memuaskan, ya.

Hug and kiss for the little one


10 Comments - Write a Comment

Post Comment