Pengaruh Komputer Pada Mata Anak

 

 

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi, anak jadi lebih sering menggunakan komputer. Bukan saja di sekolah yang memang sudah ada pelajaran komputer untuk anak-anak usia TK –SD, namun juga di rumah.
Berdasarkan penelitian para dokter mata di Amerika,  penggunaan komputer berlebihan dapat mempercepat angka kejadian myopia (mata minus) pada anak-anak. Komputer dapat menimbulkan dampak buruk pada mata anak, yaitu dapat mempercepat timbulnya myopia (mata minus) juga memperparah derajat mata minus yang diderita si anak.

Dengan posisi duduk di depan komputer untuk jangka waktu beberapa jam, dapat memperberat kerja otot mata untuk mengatur fokus dan menimbulkan eye strain (ketegangan mata). Lain halnya dengan kira–kira 20 tahun yang lalu, di mana anak-anak lebih sering bermain di luar rumah. Hal ini membutuhkan penglihatan jauh yang tidak membebani otot mata.

Pada usia anak, sistem perkembangan penglihatan belum berkembang optimal, karena itu penggunaankomputer pada anak harus dengan hati-hati.

Untuk pencegahan terjadinya “COMPUTER VISION SYNDROME” pada anak, maka harus dilakukan :

  1. Pemeriksaan mata secara menyeluruh sebelum anak masuk usia sekolah
  2. Meja dan kursi komputer harus disesuaikan dengan postur si anak, bukan orang dewasa
  3. Jarak antara monitor dan mata anak yang direkomendasikan ialah antara 18-28 inch. Jarang kurang dari 18 inch dapat menimbulkan ketegangan pada otot mata.
  4. Memakai Flat/LCD screen monitor dengan resolusi setinggi mungkin. Apabila terpaksa memakai monitor CTR, pilih refresh rate > 75 Hz
  5. Pilihlah display yang besar, paling tidak diagonalnya sekitar 19 inch
  6. Orangtua dan guru harus waspada dengan perlakuan perlakuan yang mencurigakan dari anak seperti : sering menggosok mata, kepala  yang sering miring, keluhan mata kabur, mata sering merah dan postur tubuh yang tidak biasa ketika memakai komputer
  7. Bawalah anak anda untuk diperiksa ke dokter spesialis mata untuk dilakukan pemeriksaan mata menyeluruh.

Demikian kiat dan informasi dari kami. Semoga bermanfaat.

dr. Rozalina Loebis, SpM

Pediatric Ophthalmology and Strabismus Division
Dept of Ophthalmology – Medical Faculty Airlangga University
Jalan Prof. dr. Moestopo 6-8 Surabaya
Telp : 62-31-550 1612 / 550 1613 / 550 1465
Fax : 62-31-501 6454
www.fk.unair.ac.id

 

foto dari sini