Mari Hitung Biaya Pendidikan Sekolah Dasar!

Biasanya sekarang adalah bulan yang lumayan heboh untuk para Mommies yang sedang menyiapkan anak untuk masuk sekolah tahun ajaran depan. Kenapa? Soalnya banyak sekolah sudah mulai buka pendaftaran! Banyak juga yang mengadakan open house. Jangan sampai ketinggalan tuh, ya, Moms. Open house adalah momen paling ideal untuk mendapatkan informasi tentang sekolah tersebut. Selain karena waktunya yang diadakan pada hari Sabtu, biasanya pihak sekolah udah siap dengan presentasi yang akan diberikan, dan mereka juga sudah menyiapkan waktu panjang untuk menjawab pertanyaan kita. Kita juga bisa ngobrol-ngobrol dengan para mommies yang hadir dan bertukar pendapat. Tapi tentu saja,  jangan memutuskan untuk mendaftarkan anak ke sekolah hanya karena mempertimbangkan presentasi pada saat open house. Kita harus tetap datang saat hari sekolah dan mengikuti trial, supaya dapat gambaran yang lebih jauh tentang sekolah tersebut.

Di artikel ini, saya akan memberi gambaran jumlah uang pangkal dan SPP untuk sekolah dasar swasta. Sekolah yang diambil sebagai contoh, mudah-mudahan cukup bisa mewakili, ya. Ada yang di daerah Jakarta Timur sampai Serpong, ada yang berbasis agama Islam dan Kristen juga yang mempunyai kurikulum Nasional Plus sampai International Baccalaureate.

Nama Sekolah

Uang Pangkal

Uang Bulanan

Tunas Jakasampurna Rp 9,350,000 Rp 500,000
Don Bosco Kelapa Gading Rp 10,000,000 Rp 700,000
Al Azhar Kembangan Rp 13,800,000 Rp 450,000
Al Ikhlas Cipete Rp 17,750,000 Rp 750,000
Santa Ursula Rp 20,000,000 Rp 1,000,000
Pembangunan Jaya Bintaro Rp 22,000,000 Rp 940,000
Dian Didaktika Cinere Rp 23,000,000 Rp 800,000
Bakti Mulya Pondok Indah Rp 24,000,000 Rp 955,000
Mentari Bintaro Rp 25,000,000 Rp 1,900,000
Al Azhar Pusat Prog. Reguler Rp 26,500,000 Rp 900,000
Al Jabr Rp 30,000,000 Rp 2,000,000
Binus Serpong Rp 32,000,000 Rp 2,100,000
Al Azhar Pusat Prog.Internasional Rp 32,000,000 Rp 1,300,000
Mentari Haji Jian Rp 44,000,000 Rp 3,900,000
Tunas Muda Kedoya Rp 45,000,000 Rp 3,900,000
HighScope TB Simatupang Rp 49,500,000 Rp 3,400,000
Cikal Rp 58,000,000 Rp 2,750,000
Global Jaya Bintaro Rp 75,000,000 Rp 5,300,000

Lumayan fantastis, kan, angkanya? Untungnya, sekarang banyak mommies yang cukup melek investasi. Jadi pastinya bisa diusahakan, dong, untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak. Ketika menghitung dana pendidikan, jangan lupa hal-hal di bawah ini, ya:

  • Angka di atas adalah angka tahun ajaran ini. Biasanya setiap tahun ada kenaikan 10-20%
  • Hal pertama yang harus dilakukan sebelum investasi adalah mengetahui berapa biaya sekolah yang kita tuju, kapan kita membutuhkannya, kemudian tambahkan dengan inflasi
  • Jadi, misalnya anak Anda lahir pada 2008 dan berencana untuk sekolah di SD Pembangunan Jaya Bintaro, pada tahun 2014 nanti, ketika anak Anda masuk SD, dengan perhitungan 20% kenaikan inflasi, biaya sudah membengkak menjadi Rp 38,500,000
  • Dengan angka di atas, misalnya untuk SD Pembangunan Jaya Bintaro dibutuhkan kurang lebih Rp 70,000,000 untuk  selama 6 tahun. Tapi lagi lagi, ini angka yang belum ditambah inflasi.
  • Untuk jangka waktu kurang dari 5 tahun, sebaiknya dana diinvestasikan di reksadana pasar uang atau reksadana pendapatan tetap.
  • Idealnya, dana investasi sudah terkumpul 2 tahun sebelum dibutuhkan, supaya lebih aman. Lalu disimpan dalam deposito.
  • Biasanya, yang diinvestasikan adalah dana uang pangkal. Untuk bulanannya nanti, bisa diambil dari pengeluaran per bulan. Kalau bisa investasi dengan uang bulanannya tentunya lebih bagus lagi.
  • Menurut Ligwina Hananto, uang bulanan sekolah anak sebaiknya tidak lebih besar dari 10% penghasilan bulanan

Jadi … sudah tahukah mommies sekolah mana yang dituju dan berapa biayanya? Share, yuk, di sini. Untuk sekolah-sekolah lain, bisa cek rekomendasi dari Mommies lain di forum kami.

*image courtesy of bayschools.com


117 Comments - Write a Comment

  1. Sekolah diatas yg paling murah pas banget, deket rumah gw. Tapi SD nanti pengennya Langit sekolah di yg udh masuk wilayah Jakarta spy gampang kedepannya (SMP, SMA, kuliah itu) tapi kok ya deg2an lihat harga2nya *tenggak panadol*

  2. Dari dulu, gue ingin sekali menyekolahkan Igo ke almamater gue … untuk SD (Al-Ikhlas, red) untungnya masih masuk akal untuk kualitas dan lokasi. Mudah-mudahan bisa terpenuhi. Amin.
    Semangat ibu-ibuuuu … semangat investasi dan nenggak obat sakit kepalanyaaaaa!

  3. Mau nanya, apakah biaya Al Azhar (non pusat) di semua cabang kira-kira mirip sama Al Azhar Kembangan? Kalo iya, Alhamdulillah, gak separah Cikal/Global Jaya. Insya Allah sih pengen masupin Nadira ke Al Azhar deket rumah (amiin) karena kalo mau masup SD Negeri kudu umur 7 thn :(

    Liat biaya masup SD 75jt, sampe urut dada bolak-balik gue. Itu mah di kampung udah dapet sawah dan kebon yak.. *Nyi Iteung style*

    1. Dulu Jibran TK A nya di Al Azhar Rawamangun Ra, masuknya taun 2008 udah 15 juta dan perbulannya 500 ribu. Lebih mahal dari SD Al Azhar Kembangan tahun ini. Trus itu Linsky di bawah ngejelasin kalo Al Azhar Bintaro perbulannya juga udah 2 kali lipat dari Al Azhar Kembangan, padahal masih TK.

  4. Baru akhir September kemarin nelfon ke Mentari Bintaro, sejauh ini ngincer di sana, meskipun masih 2 tahun lagi sih SD-nya. Ada lagi Tara Salvia (Tegal Rotan) & Lazuardi GIS (meruya).
    Kalo ditanya, rata2 kenaikan uang pangkalnya 10-20%, makin mahal kalo TK-nya ga dari satu sekolah.
    Kalo di Al Azhar 17 Bintaro (TK-nya anakku sekarang), SPP bulanan kayanya 2x lipat dari Al Azhar Kembangan, uang pangkalnya sekitar 17 atw 18 jt.

  5. ealaaaaaahhh…*ngurut dada*
    terus terang, gw jg lg bingung nih masukin Laras ke SD ntar, secara rumah ada di perbatasan jkt-bekasi tp lebih deket jktnya, pengen banget masukin di sekolah jkt aja tapi ktnya ribet urusannya. Sementara kl bekasi, jauh bener ntar kl SMP-SMAnya..huhuhuhu

    Kaget jg liat harga Cikal, beneran yg tajir ya yg masuk situ xixixixi

    1. Cikal katanya lagi bikin versi yang lebih affordable, tapi nggak tau di mana :D. Kalo yang tahun depan mau buka sih di Surabaya. Anyway, tapi memang harus dilihat secara keseluruhan ya kalo milih sekolah itu. Bisa jadi yang tuitionnya murah, dibanding dengan apa yang didapat, jatohnya malah mahal. Emang pusing siih cari sekolah yaa. Makin banyak pilihan malah makin bingung :D

      1. @Hani : bener banget sih Han, kalo memang mahal tapi seluruh paketnya mendukung anak jadi lebih baik, pasti ortu jg gak berasa “rugi”. Biasanya emang yg bagus pasti ada harganya :). Sedihnya kalo yg mahal en matre tp isinya jg gak bagus2 amat T_T. Yuk deh kita cari wangsit dulu :D

        @Lita : yuk..bolelebo mak, survey bareng kita nih :D

  6. @Irasistible, @Linsky,
    Al Azhar Kembangan itu memang paling murah. Yang lain lebih mendekati ke Al Azhar Pusat. Setau gw yang di Bintaro itu yayasannya beda dengan yang pusat, bisa dicek ada nomornya gak di belakangnya?
    Gw sempet survey biaya Al Azhar Pusat, Al Azhar Kemandoran dan Kembangan, sebelum akhirnya mutusin masukin anak gw ke Al Azhar Kembangan. Soalnya guru2nya toh sama, mereka kadang dirolling juga dari dan ke Al Azhar lain.

    Syok berat ya liat pendidikan anak mahal pisan… Tapi IMO yang lebih penting adalah sekolah yang mendorong potensi anak dengan optimal dan sesuai dengan kepribadian anak itu sendiri, :)

  7. Iya ada al azhar yang langsung di bawah yayasan pesantren islam al azhar (alpus, di jalan mujair pasar minggu, albin, sentra primer baru pulo gebang, sama di perum cikarang baru).
    Ada lagi yang di bawah yayasan kerjasama, ada di ciputat raya keb lama, kemandoran, alkem, rawamangun, cibubur, jakapermai bekasi, kemang pratama bekasi, jatikramat bekasi, pamulang villa tangerang.
    Kayanya kalo uang pangkal & bulanan, gitu deh, lebih tinggi yang di bawah YPI. Apa daya paling deket justru yang di bintaro :)

    Yang di sektor 4 bintaro itu lgs di bawah YPI. Kalo yg syifa budi deket sektor 9, itu beda sampe ke yayasan2nya. Gampangnya, kalo al azhar yg di bawah YPI atau kerjasama, semua pasti pake kode nomor (kaya albin, al azhar 17 bintaro).

    @Hanzky
    Yang beda 2x lipet antara alkem sama albin, itu uang bulanan SD per tahun ajaran 2011/2012. Uang pangkalnya beda sekian juta. Padahal samain aja sih ya :)
    Keponakan akhirnya milih di alkem juga, rumahnya lebih deket ke alkem.

  8. Mmmm langsung tertuju ke tips terakhir… Uang bulanan sebaiknya tidak lebih besar dari 10 persen dari penghasilan bulanan. Good tips! Langsung deh mau angkat telpon tanya2 biaya bulanan. Pusing ya… Apalagi sekaranh sekolah cepet amat sudah menjaring murid. Bulan oktober nove,ber ini seru nih di mana2 Open House.

  9. mengapa harga masuk SD jakarta jauh lebih mahal dari kuliah di Jakarta yah (univ tertentu maksudnya)

    apa SD jakarta SDM nya bner mendorong anak semua potensi berkembang, ngerti aspek psikologis, leadership, dll ? aku dulu sekolah di daerah setelah di jkt, kirain anak jkt pinter2, tp yg lulusan sini malah bhs englishna lebih hancur dari gw yg baru dapet di kelas 4SD di daerah (telat kalo dibandingkan di jkt) n jujur some of them cara pikir n ngomongnya ga keliatan berpendidikan tinggi ( sorry I think some of them stupid, hehe)…

    kalo orang yg pendapatan pas2an sekolahin anak di negeri aja x yah apa di daerah yg lebih murah

  10. Pingback: gse id

  11. Alhamdulillah kl di forum ini dibahas mengenai biaya pendidikan yg memang sangat luar biasa kenaikannya, kt kaget,marah, kesal, bingung dan ngak hbs pikir ttg hal tsb…tp kt jg tdk mgkn berdiam diri, kita butuh mncari solusinya. Untuk rencana jangka panjang moms mesti mencari alternatif menabung slain di bank, dan jwbannya adalah program Dana Pendidikan melalui asuransi Manulife Financial. …di Manulife selain akan merencanakan biaya pendidikan tsb, moms jg terproteksi bila (amit2) terjadi resiko di tengah perjalanan tujuan tsb, premi dibebaskan.

    Bila Moms mau sharing boleh, pls invite pin bb saya 286f5c5d atau email mudinra@yahoo.co.I’d….For Your Future.

Post Comment