Masak Lebih Mudah dengan Alsultan

Saya sering bercita-cita memasak sesuatu untuk keluarga. Tapi terkadang sudah terbayang betapa susahnya mengulek bumbu, merebus kaldu, dan lain sebagainya. Memang ada, sih, aneka bumbu instan yang gampang banget ditemui di mana-mana. Tapi … inginnya yang alami.. (ribet, ya, tidak bisa masak tapi pengennya banyak, hihihi)

Sudah beberapa lama saya mendengar Alsultan, bumbu masak non-MSG. Mau pesan, maju mundur terus. Sampai akhirnya punya juga Alsultan kaldu sapi :D Langsung saya buatkan sop untuk Langit. Ternyata, nih, walaupun non-MSG, untuk urusan rasa, Alsultan tak kalah sedapnya dengan bumbu masak yang beredar di pasaran, lho!

Gara-gara ‘keberhasilan’ ini, saya pun jadi semangat mencari tahu tentang Alsultan. Ternyata, produk buatan Indonesia ini dibuat dari bahan-bahan alami sehingga pas, deh, buat mommies yang menginginkan keluarganya seminimal mungkin terkontaminasi bahan pengawet buatan atau untuk ibu hamil, anak-anak juga anak autis. Hebatnya sejak tahun 2000, Alsultan sudah diekspor ke Australia dan Dubai serta sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Tak hanya kaldu, Alsultan juga mengeluarkan produk lainnya seperti cinnamon bubuk seperti yang digunakan Affi di resep Bread Pudding with Cinnamon Sugar Topping, pengempuk daging, lada hitam, bubuk cabe, ketumbar, kunyit, sampai selai! Komplet, ya? O, ya, semua bumbu masak Alsultan bentuknya bubuk jadi kalau mau masak tidak harus mengeluarkan cobek, deh!

 

 


14 Comments - Write a Comment

    1. @peppermint….berita di atas memang sempet rame di blog dan dunia maya pada tahun 2010, dimana produk ber HVP di Amerika di recall, dan berikut penjelasan dari Alsultan atas berita tersebut :

      http://www.alsultan.com.au/moreinfo.asp?strid=121 atau versi bahasa Indonesianya ada di blog salah satu marketing Alsultan juga http://linherbal.blogspot.com/2010/06/all-bout-hvp-and-msg.html

      di situ dijelaskan tentang berita recall di Amerika tsb dan info lengkap tentang protein sayur (HVP).

      Sebagai info tambahan :
      1. Bisa dilihat pada komposisi label produk, tidak tercantum tulisan MSG(monosodium glutamate) sama sekali. Dimana komposisi yang tercantum pada label bagi industri pangan adalah harus dicantumkan sebenar-benarnya isi kandungan dr produk. Apalagi Alsultan adalah juga produk ekspor ke Australian dan negara-negara timur tengah. Yang mana negara-negara tersebut memiliki aturan yang harus dipatuhi.

      2. Protein sayur (HVP), adalah sejenis protein yang dapat menimbulkan rasa gurih, tetapi harus digaris bawahi protein sayut bukan MSG. Ibaratnya bumbu dapur spt bwg putih, bwg merah dan bwg bombay. Dari rasa, fungsi, kandungan dan kebutuhuan sudah jelas masing-masing berbeda, tetapi ketiganya sama-sama dikelompokkan dalam satu golongan yang sama yaitu keluarga Bawang. Demikian halnya dengan MSG dan HVP.

  1. haalloo…salam kenal buat semuanya…maaf newbie, saya slh satu marketing Alsultan…bismillah saya coba jawab satu-satu ya…

    Utk mendapatkan produk Alsultan selain secara online melalui agen dan distributor Alsultan, sekarang produk Alsultan sudah dapat ditemukan di Belmart utk daerah Jabodetabek, dan utk kota lainnya bisa di lihat di http://www.produkalsultan.com/index.php/en/stores..

    Oiya sedikit ralat….produk Alsultan mulai diekspor pada tahun 2009 ke Australia (http://www.produkalsultan.com/index.php/en/component/k2/item/28-review)

  2. Ada tambahan sedikit :

    kaldu non MSG Alsultan selain telah memiliki sertifikat halal MUI dan ijin Dinkes BPOM (no. reg. tertera pada label produk), juga telah dilengkapi dengan hasil uji lab Sucofindo pada bulan Agustus 2011 yang menyatakan bahwa produk kaldu non MSG Alsultan telah lulus tidak mengandung MSG (Monosodium Glutamate).

    Produk kaldu non MSG Alsultan alhamdulillah aman dan baik dikonsumsi pula untuk anak yang memiliki keterbatasan dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan berimaginasi (Autistic Spectrum Disorder). Foto kaldu non MSG Alsultan (kemasan lama) tercantum juga dalam buku Panduan Praktis Pemberian Makanan Bagi Anak dengan Autis, karangan Prof. Dr. F. G Winarno, Widya Agustinah, S. Si dan Rini Sanyoto, MBA dengan penerbit dari Gramedia.

  3. Di website Sultan katanya HPV ini aman dikonsumsi, salah satu bukti pendukung yang disebutkan adalah karena HPV dikategorikan dalam Generally recognized as safe (GRAS) oleh FDA. Tapi ternyata MSG juga termasuk kategori GRAS juga lho! (silakan di-cek). Apakah dengan ini kita bisa bilang bahwa MSG itu aman? Menurut saya tidak. Poin saya disini adalah belum tentu semua yang termasuk kategori GRAS itu aman, apalagi untuk anak2 / balita.

    Seperti mommies yang lainnya, saya sendiri juga seorang konsumen yang memimpikan produk makanan sehat yang praktis, tapi kalau banyak kontroversi seperti ini sepertinya jalan yang paling aman memang memasak bumbu2 sendiri ‘from scratch’ pakai bahan2 alami saja ya…..

  4. Kaldu non MSG Alsultan diproduksi dengan tujuan sebagai produk alternatif untuk orang-orang yang tidak bisa / tidak boleh mengkonsumsi MSG, penderita jantung, darah tinggi dll. Selain itu memberikan alternatif pilihan produk lokal anak bangsa sendiri yang sejenis yang pada umumnya dipasaran adalah merupakan produk-produk import.

Post Comment