Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Anak

by: - Wednesday, October 5th, 2011 at 8:00 am

In: Health 27 responses

0 share

Siapa yang suka kangen sama wanginya bayi? Ah, kalau saya … sampai Langit usia 3,5 tahun juga masih suka mencium wanginya. Keharuman anak yang khas ini tentu tidak akan bertahan lama jika kita, ibunya, tidak menjaga kebersihan mereka.

Kalau mandi dan mencuci rambut, rasanya tak usah dibahas lagi, ya, karena semuanya pasti melakukan kegiatan ini. Bagaimana dengan menggunting kuku, membersihkan telinga, dan lain sebagainya?

Membersihkan telinga

Oleskan baby oil secara merata pada telinga anak, sampai di bagian belakang daun telinga, ini dilakukan agar kotoran yang ada tidak menempel dan nantinya mudah dibersihkan. Gunakan cotton bud ukuran kecil yang sebelumnya sudah dicelupkan ke dalam baby oil, dan perlahan bersihkan telinga anak sampai bersih. Ganti cotton bud yang Anda gunakan dengan yang baru apabila sudah kotor, karena kotoran yang ada di cotton bud itu bisa kembali menempel di telinga anak anda.

Untuk diperhatikan: JANGAN mengorek lubang telinga anak Anda terlalu dalam karena hal ini dapat meyebabkan rasa sakit, sehingga ada kemungkinan merusak gendang telinga anak. Satu lagi, jangan membersihkan telinganya saat anak sedang tidur, ya, moms!

Membersihkan hidung

Bersihkan kotoran pada hidung bayi ketika mulai terlihat ada kotoran dari luar. Gunakan kapas bertangkai (cotton bud) yang sudah dibasahi dengan air matang hangat, lalu angkat perlahan kotoran tersebut.

Membersihkan pusar

Untuk membersihkan pusar newborn, usahakan tali pusar selalu dalam kondisi kering. Kata dr. Purnamawati dari Yayasan Orangtua Peduli, jangan dibungkus dan jangan diberi salep atau bedak.

Untuk anak-anak, jika mommies mau membersihkan pusarnya, boleh-boleh saja. Tapi harus hati-hati karena kulit di pusar sangat tipis dan sensitif, jika lecet maka bakteri bisa dengan mudah menyerang anak.

Bersihkan hanya bagian luar saja dengan menggunakan kapas, washlap basah atau dengan baby oil. Jangan menggunakan alat-alat yang keras atau tajam.

Menggunting Kuku

Banyak orangtua yang ragu menggunting kuku bayi karena takut melukai jarinya. Tapi jika kuku selalu dalam keadaan lembap, jamur serta kuman senang bersarang di sana. Belum lagi kalau kebersihannya kurang terjaga, sementara bayi gemar memasukkan jarinya ke mulut yang membuat kukunya terus-menerus lembab. Itu sebabnya, kuku si kecil harus selalu dalam keadaan kering.

Amati selalu panjang kuku si kecil, mengingat pertumbuhan kuku bayi jauh lebih cepat dari orang dewasa. Terutama untuk anak usia balita yang sering bereksperimen main di mana saja, coba perhatikan, deh, ada saja kotoran-kotoran yang terlihat menyelip di kukunya.

Potong atau gunting bila terlihat panjang dan tajam. Meski tipis dan lemah, kuku yang panjang bisa menggores wajah si kecil. Waktu Langit usia 1 bulan, ia pernah melukai sepanjang dari sisi mata hingga ke pipi L akibat saya belum berani menggunting kukunya.
Potong atau gunting kuku si kecil setelah mandi, karena masih lunak sehingga mudah digunting. Tetapi, kalau bayi Anda termasuk yang tak bisa diam, lakukan saat ia tidur lelap di siang hari. Nah, kalau cara saya, nih, supaya Langit mau duduk manis adalah dengan menjanjikan pakai kuteks (khusus anak-anak) setelah kukunya digunting. Dijamin ia akan duduk manis, hehehe .…

O, ya, mom, sebelum melakukan bebersih di atas, jangan lupa kondisi tangan mommies harus dalam keadaan bersih, ya. Cuci tangan secara seksama dan jangan lupa pakai sabun agar tak ada kuman yang berpindah ke si kecil.

Ada yang punya kiat lain dalam menjaga kebersihan anak?

 

Share this story:

Recommended for you:

27 thoughts on “Cara Menjaga Kebersihan Tubuh Anak

  1. Pingback: Mommies Daily
  2. Pingback: Ica
  3. Pingback: yudith mangiri
  4. Pingback: Vidia Cherria Ch
  5. Pingback: kara rahman
  6. Pingback: lita iqtianti
  7. Pingback: Gadsya Nggadas
  8. Pingback: Cionia Monique
  9. Pingback: kirana
  10. Membersihkan pusar untuk anak yang sudah agak besar memang banyak “kontroversi” tapi ya, menurut gue, sih, sebaiknya dilakukan, ya. Asal jangan terlalu sering. Biasanya Igo dibersihkan pas abis mandi, kan mudah tuh karena lagi agak lembab soalnya kalau kotoran menumpuk kadang bisa ada bau ga ens xD

    1. Itu gue baca kemaren,justru tumpukan kotoran jadi ‘tameng’ buat kuan/ apapun yg mau masuk (?)
      Entahlah, nanti coba kita tanya sama family doctor deh

  11. mau nambahin dikit Lit, itu kalo lagi bersihin kuku, jangan terlalu bersemangat ngorek kotoran yang nyelip… soalnya kalo sampe ada rongga di kukunya lalu kemasukan air, bisa bikin jamuran gitu… cmiiw ya :)

    1. Iyaaa… atau malah bisa sakit juga kan. Kalo gue, kotoran yg nyelip itu gw pakein kapas yang udah ditetesi baby oil, jadi diusap2 gitu deh lama2 keluar kok

  12. ini adalah salah satu isu terbesar gue sama nara mak lita.. dia paliiinggg susah dibersihin hidungnya, potong kuku, sama sikat gigi.. ampun deh bisa kayak orang berantem klo lagi bebersih daerah itu.. ada tips gimana biar bocil ini g ngelak2 klo lagi dibersihin? emaknya kalah gesit nih.. *sigh*

    1. Gue bermasalah sama bersihin hidung. Masyaallah, Nin, udah kaya digebukin deh tu bocah :D Ga boleh banget hidungnya dipegang. Alhasil nungguiin dia bersin aja baru keluar deh tuh kotorannya -____-

  13. maap newbie banget nih pertanyaanya… mau nanya, emang kenapa ya kalo bersihin kuping si anak kalo lagi tidur..? soalnya radit kalo dibersihin kupingnya pas ga lagi tidur, duh ga bisa diem…makanya aku bersihinnya pas radit lagi tidur… ada efek negatifnya kah…??

  14. Lita, thankyou artikelnya. Berguna banget. Selama ini gak pernah makein baby oil sampe daun telinga, ternyata perlu juga.

    Yg MD perlu bahas juga mungkin adalah cara membersihkan (maaf) penis anak cowo yg belum sunat. Soalnya tricky juga tuh. Tau mungkin sudah pernah dibahas di MD?

  15. Pingback: Mommies Daily
  16. klo bersihin kuping (dan jg hidung), aku selalu pas anak lg tidur. itu aj klo lg tidur, suka grasak grusuk (mgkn krn geli yah). apalagi klo anak lg melek. yg ada ga bakal bersih2 deh itu kuping :D nenglita, mohon sharing disini yah klo udah nemu knp jgn bersihin kuping anak pas lg tidur. makasih :)

    oia, klo utk bagian mata, misalkan di dalam mata ada kotorannya, better didiemin aj smpe kluar sendiri ya? kadang suka geregetan klo pas liat lg ada kotorannya gt x_x

  17. Pingback: Mommies Daily
  18. Pingback: Mommies Daily
  19. Pingback: Mrs. Fatoni
  20. Pingback: siskaaudi
  21. Pernah denger Baby Mild Castile Dr. Bronner’s magic soap? Produk ini bagus banget untuk kulit sensitif bayi. Tidak mengandung salah satu minyak esensial seperti sabun lainnya dan memiliki dua kali konsentrasi minyak zaitun yang bikin bahkan lembab. Hanya aja pada penggunaanya hati hati untuk tidak mengenai mata,

    Cara memandikan bayi dengan sabun Dr. Bronner’s Baby Mild Castile:

    Saya menggunakan kain basah untuk menyeka wajahnya dengan lembut. Kemudian, saya menambahkan beberapa tetes sabun Kastilia murni pada waslap untuk mulai menggosokannya pada seluruh bagian tubuh bayi saya.

    Khasiat 18 in 1 berlaku juga untuk membasuh bahan makanan. Pokoknya puas banget ama produk ini yang terkenal organic, daripada pake sabun produk lainnya.

Leave a Reply