Personil Baru Mods-squad Kami

Bulan ini formasi kami bertambah, ada 2 moderator untuk forum Mommies Daily. Buat yang rajin keliling di forum pasti sudah akrab dengan Mrs. Adi alias Anindya Rizvianna, ibu dari Nararya Paramudya Adi (19 bulan) yang bergabung sejak 2009 dan Sugarenspice alias Swany Sutanto, ibu dari Claire Arabelle Setiadi (19 bulan) yang sudah menjadi anggota forum sejak 2008.

Yuk, kenalan sama pendatang baru dalam barisan Mod Squad kami!

Cerita, dong, awalnya bergabung dengan forum Female Daily bagaimana, sih?

Anindya: Awalnya gabung ke Female Daily (dulu masih Fashionesedaily) karena lagi getol nyari informasi soal tabir surya, maklum lagi senang-senangnya merawat kulit muka (sampai sekarang, sih, masih dalam tahap pencarian. Hehe).  Searching di Google selalu ketemunya FD, tertarik jadi silent reader selama 1 bulan kemudian memutuskan untuk bergabung. Ternyata isinya buanyaaakk dan bermacam-macam tidak cuma bahas fashion, make up, dan skincare aja.

Swany: Sebetulnya sudah beberapa lama jadi silent reader, sampai akhirnya memutuskan join 13 Juni 2008. Nah, waktu itu nyangkut juga karena browsing soal produk perawatan kulit.

Lalu, setelah menjadi anggota forum selama 3-4 tahun … apa, sih, manfaat yang paling terasa?

Anindya:  Manfaat paling banyak dari gabung di FD dan MD tentu saja soal anak, ya. Dari mulai hamil dulu, saya sudah sering menyambangi thread kehamilan. Pas MD mulai dibentuk … rasanya senang sekali, makin banyak yang bisa di-share, makin ke sini pengetahuan yang didapat juga bertambah: dari masalah ASI, MPASI, kesehatan anak, masalah parenting, dan masih banyak lagi.

Swany: Jujur, saya jarang banget posting waktu baru awal gabung. Hehe. Soalnya minder gitu yang lain sudah pada hebat-hebat banget ilmu skincare dan rias wajahnya. Waktu tahu hamil … baru, deh, mulai aktif di Mommies Daily. Di situ saya banyak terbantu dari info dan masukan anggota forum yang lebih dulu menjadi ibu. Sharing-nya detail banget, dari mulai proses melahirkan, baby blues, puting lecet, dan masalah baru lainnya yang saya tidak tahu harus bertanya pada siapa. Senang sekali karena sharing itulah saya jadi ngeh kalau yang mengalami hal tersebut bukan saya saja. Dari situ, baru, deh, aktif sampai sekarang :)

Nah, karena kalian ngerondanya di Mommies Daily, share sedikit, dong, gaya asuh kalian bagaimana, sih?

Anindya: Saya dan suami mengacu pada satu metode saja … selain menggunakan insting sebagai orangtua, kami banyak membaca berbagai sumber informasi. Karena latar belakang kuliah saya psikologi (belum lulus juga, nih, tinggal skripsi :p ketahan cuti hehe) jadi kurang lebih saya banyak belajar tentang bermacam jenis pola asuh, namun penerapannya disesuaikan dengan kondisi Nara. Untuk sekarang, saya dan suami lebih fokus pada penanaman nilai dasar agama, bagaimana membentuk kemandirian Nara, dan bagaimana Nara mengenal karakter dirinya sendiri.

Swany: Berusaha mengimbangkan antara “cinta lembut” dan “cinta tegas”– mengadopsi istilah dari salah satu buku yang saya baca. Jadi maksudnya tetap jelas batasan boleh/tidak dan benar/salah tapi penerapannya dengan cinta kasih, bukan emosi. Teorinya, sih begitu, tapi kenyataannya masih harus banyak belajar terutama dalam hal mengendalikan emosi.

Dari 20 ribuan anggota forum, kalian berdua terpilih jadi moderator. Kok mau, sih, jadi moderator? (kan ribet, lho, ngurusin 20 ribu anggota, mayoritas perempuan semua pula! Hehehe)

Anindya: Kenapa mau jadi moderator? Ingin bantu menjaga forum MD yg sudah rapi ini menjadi lebih rapi dan baik lagi ke depannya (halah bahasanya :p).

Swany: Waktu itu memutuskan mau karena mikirnya senang juga kalau bisa berkontribusi lebih di forum yang sudah jadi “rumah” selama 4 taun ini.

Teruuus, sejak sebelum jadi moderator pasti sering menemukan hal-hal yang kadang-kadang nyebelin atau lucu di forum. Cerita, dong!

Swany: Paling sebal kalau ada anggota bertanya hal yang sudah sering dibahas sebelumnya, udah gitu dikasih embel-embel “Males baca ke depan” atau seperti yang sering terjadi belakangan ini: “Bisa tolong email ke saya, ga?
Kan tidak ada, ya, orang yang suka mengulang omongan yang sama dan forum itu kan justru ajang untuk saling tukar informasi, apa gunanya kalau semua informasi diteruskan lewat japri.

Anindya: Dulu, saya pernah diomelin sama Debbie (Dunia Dandan) waktu masih newbie, lupa karena apa. Hal itu bikin saya takut posting/ikut ngobrol di forum selama sebulan. Tapi setelah sekian lama, membaca postingan newbie memang suka menyebalkan, sih! Ya, sama seperti yang disebut Swany, tuh, banyak juga yang suka ngenye’ atau bandel padahal sudah diingatkan oleh sesama anggota, misalnya promosi usaha sebelum memenuhi syarat.

Wah, senangnya kedatangan pasukan baru! Welcome to the club dan selamat bertugas, yaaaa…. :)

 


7 Comments - Write a Comment

Post Comment