Bersenang-senang di Singapore Science Center

Saya pertama kali berkunjung ke Singapore Science Center tahun 2003 bersama seorang teman. Kebetulan saja kami ke sana, karena tujuan awal kami, Japanese Garden, ternyata hari itu tutup, jadi kami harus cepat-cepat memilih tempat tujuan lain berbekal peta di tangan, dan Science Center ada di situ, di ujung sebelah kiri peta. Kami pun pergi ke sana dan pada detik saya memasuki tempat tersebut saya langsung berjanji untuk suatu saat nanti mengajak anak-anak saya ke sana. Lalu, 8 tahun kemudian, saya berhasil mengajak Aira dan Aidan mengunjungi Singapore Science Center.

Membutuhkan perjalanan dengan MRT yang agak panjang menuju pemberhentian Jurong East ditambahan berjalan kaki selama 10-15 menit atau berkendara sebentar dengan bus untuk mencapai Singapore Science Center. Tahu Museum IPTEK di TMII? Nah, kedua tempat ini sebenarnya memiliki konsep yang sama, tetapi Science Center jauuuuh lebih menarik dan seru. Tempat ini benar-benar membuat sains menjadi sesuatu yang seru dan menyenangkan.

Aira sangat menikmati kunjungan ke Science Center dari awal sampai akhir. Ia mengeksplor berbagai hal yang ada di sana, apalagi Aira memang sudah belajar & suka sekali sains di sekolah,  jadi ini adalah tempat yang sesuai untuknya. Aidan, yang tadinya saya kira belum bisa menikmati tempat semacam ini ternyata juga bisa bersenang-senang. Dia memang mungkin belum terlalu paham sains, tapi rasa ingin tahunya membuat Aidan juga ingin mencoba berbagai hal di sana. Dia sibuk berlarian ke sana kemari.

Science Center dibagi-bagi menjadi berbagai area seperti  The Mind’s Eye, Mathematics, Sounds, Discovery Zone, Climate Change, Newton Room, Robotic Learning Center, dan masih banyak lagi. Itu baru bagian yang berada di dalam gedung, di luar masih ada Kinetic Garden, Eco Garden, dan Waterworks. Jadi, luangkan waktu yang cukup lama ketika berkunjung ke Science Center, agar anak-anak puas mencoba berbagai macam eksperimen sains yang ada. Jangan lupa membawa baju renang dan baju ganti, karena akan sulit mencegah anak bermain sambil belajar di area Waterworks.

Tempat ini memang kerap luput dari daftar kunjung ketika liburan di Singapura, mungkin karena namanya yang memberi kesan ‘belajar’. Padahal anak-anak akan seru sekali ‘bermain’ di tempat ini sehingga mereka tidak menyadari kalau di saat yang bersamaan mereka juga ‘belajar’ sains.

 

Singapore Science Center

Science Center Road

Singapore 609081

Jam operasional: 10.00-18.00

Harga Tiket Masuk: Dewasa $9 Anak $5

 

www.science.edu.sg/

 

 


15 Comments - Write a Comment

Post Comment