Berapa Usia Kehamilan Saya?

Hai Dokter Indra,

Saya mau tanya masalah kehamilan yang pertama ini.Menstruasi terakhir 12 juni, karena suami saya jauh, jadi kami berhubungan sekitar tanggal 2, 3, 5 juli. Pada 12 juli saya lakukan tes kehamilan dan Alhamdulillah, hasilnya positif. Kemudian di hari yang sama saya ke dokter dan hasilnya memang benar-benar hamil.
Dua minggu setelahnya saya pun kembali periksa ke dokter itu dan ternyata bayi saya tak berkembang janinnya, sedih sekali mendengarnya. Kemudian saya konsultasi ke dokter lain untuk memastikan hal tersebut. Dokter kedua meminta saya datang dua minggu kemudian untuk melihat apakah janin benar tidak berkembang. Saya lalu diberi penguat janin.

Yang ingin saya tanyakan:
1. Berapakah usia kandungan saya sebenarnya (ada riwayat menstruasi tidak teratur)?
2. Apakah masih ada harapan untuk saya menunggu kepastian janin saya berkembng atau tidaknya?
3. Berapa lamakah saya harus mnunggu?

Terima kasih,

-Widya-

 

Dear Widya,

Penentuan usia kehamilan berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) memiliki beberapa syarat yaitu siklus yang teratur dan penghitungan usia kehamilan harus berdasarkan lamanya siklus tersebut.
Penentuan usia kehamilan sebaiknya tidak diambil dari 1 parameter tapi gunakan parameter yang lain misalnya pemeriksaan dasar ginekologi dan pemeriksaan dengan Alat USG. Pemeriksaan USG  (sebaiknya transvaginal), pada kehamilan awal untuk menentukan usia kehamilan memiliki akurasi yang baik.

Untuk memastikan janin itu berkembang tentu memerlukan pemeriksaan yang serial seperti yang dilakukan oleh dokter Anda. Bila dokter yang lain masih memberi waktu dengan memberi penguat kehamilan mungkin dalam rangka observasi utk pemeriksaan serial berikutnya. Kemungkinan apakah masih ada harapan, hal ini bergantung dari hasil pemeriksaan ginekolgi dan USG. Sampai kapan menunggu? Tentu dokter Anda akan memberi kesempatan berdasarkan pemeriksaan yg ditemukan. Jujur, sebagai dokter merupakan hal yg sulit untuk menghadapi sesuatu yang ditemukan dan akan mengecewakan pasien.
Mudah2an masalah kehamilan ibu akan terselesaikan dengan baik.

Salam,

Dr. Indra


11 Comments - Write a Comment

Post Comment