Bolehkah Naik Motor Saat Hamil?

Halo, Dokter Indra …

Saya bekerja sebagai account officer di sebuah bank. Untuk menunjang aktivitas keseharian, saya lebih banyak menggunakan motor. Dan wilayah yang  saya kunjungi biasanya berbatu. Apakah hal tersebut berpengaruh pada kehamilan saya jika suatu saat hamil?

Terima kasih.

Santiana

Dear Santiana,

Kehamilan itu adalah anugerah dari Sang Pencipta. Karena Dia hendak menitipkan kepada kita, maka kita pun dijaga oleh-Nya.
Hehe. Kok dokternya malah dakwah.

Kehamilan itu terbagi menjadi 3 tahapan. Trimester pertama, yang bila terjadi kegagalan pada kehamilan akan terjadi proses keguguran. Juga pada trimester kedua (yang bisa dibilang lebih jarang terjadi) dan trimester ketiga yang bila terjadi kegagalan maka akan terjadi partus prematurus.
Semua proses tadi disebabkan oleh berbagai faktor yang sangat kompleks dan didahului oleh tanda-tanda sebelum terjadi gagal total (keguguran atau prematur).

Jadi, naik motor (tanpa ada kondisi medis yang telah diperiksa dokter alias semua baik) tak mengapa, asal berhati-hati karena bisa jatuh.

Tidak usah takut menghadapi kehamilan, terus berdoa. Sukses, ya ….

Salam,

Dr. Indrawati D, SpOG

*gambar dari sini

31 Comments - Write a Comment

  1. Pingback: Ira

  2. klo aq kehamilan 1 keguguran usia khamilan 11mggu. jd untuk khamilan ke2 ini tkt mau naek motor cz kt dokternya wktu itu klo nak motor getarannya lbh kerasa…tp lbh baek konsultasi dulu ke dokternya cz tiap org khan beda2 kekuatan fisiknya…moga cpt hamil ya…

  3. dear dokter Indra,,

    Kehamilan saya baru menginjak 10 minggu, apakah saya boleh melakukan perawatan di salon sepeti creambath atau hairspa? perawatan tubuh apa saja yang boleh dan tidak boleh saya jalani selama hamil?

    selain itu, sampai sekarang saya msih bingung produk kecantikan apa yang diperbolehkan untuk saya pakaoi seperti facial wash, bedak,,zat apa yang harus saya hindari dalam kosmetik?

    terima kasih ats informasinya, bella.

Post Comment