Bread Pudding with Cinnamon Sugar Topping

Mommies suka memperhatikan ini tidak, ya, kalau saat bulan Ramadhan, kita jadi lebih lama menghabiskan makanan? Setiap mau membeli makanan, saya harus benar-benar berpikir, apakah kira-kira makanan tersebut bisa habis sebelum kedaluarsa, karena kalau tidak mubazir, kan?

Salah satu makanan yang jadi sering tidak termakan di rumah saya adalah roti. Kalau biasanya kita sekeluarga hampir setiap hari sarapan roti dan membelinya setiap tiga hari sekali, selama bulan puasa, hanya Aluf yang makan roti setiap hari. Nah, daripada roti tersebut tak termakan dan akhirnya berjamur, akhirnya saya sering mengolahnya jadi makanan lain yang lebih tahan lama. Salah satu favorit saya adalah bread pudding. Cara membuatnya gampang banget, rasanya juara dan pas untuk dimakan saat berbuka maupun sahur. Anak-anak juga biasanya suka karena rasanya creamy.

Selain menggunakan roti tawar biasa, kita juga bisa menggunakan roti Perancis (baguette) atau roti-roti “keras” lainnya, yang membuat bread pudding ini teksturnya jadi lebih padat dan chewy. Saya juga suka banget sama topping-nya yang manis dan crunchy, yang didapat dari taburan gula dicampur bubuk kayu manis. Sebagai pencinta makanan berempah, bubuk kayu manis adalah bumbu yang harus ada di dapur saya. Salah satu merek favorit saya adalah Al Sultan, yang menggunakan 100% kayu manis asli, sehingga rasa dan aroma ‘eksotis’ khas kayu manisnya dapet banget :)

Selamat mencoba ya, moms!

Bread Pudding with Cinnamon Sugar Topping

diadaptasi dari resep ini

Cinnamon-sugar topping:

2 sendok makan gula
1/2 sendok teh bubuk kayu manis

Bread Pudding:

4 telur berukuran besar, dan 1 kuning telur
200 gram gula
500 ml susu segar
400 ml heavy cream
1 sendok makan ekstrak vanila
3/4 sendok teh pala yang diparut
1/4 sendok teh garam
12 ons roti tawar, atau sekitar 1/2 baguette, dipotong dadu
1 1/2 sendok makan unsalted butter yang dicairkan

  • Panaskan oven 180 derajat
  • Olesi loyang dengan mentega
  • Kocok telur, kuning telur dan gula di mangkuk sampai tercampur. Masukkan susu, krim, vanila, pala dan garam.
  • Masukkan 3/4 roti yang sudah dipotong dadu. Jika menggunakan roti yang keras seperti baguette, diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kalau menggunakan roti tawar biasa, silahkan langsung ke langkah berikutnya.
  • Tuangkan adonan ke loyang. Letakkan sisa roti di atasnya, tekan-tekan sedikit agar rotinya “tenggelam” sebagian
  • Olesi bagian roti yang menonjol dengan mentega cair. Taburkan dengan topping gula yang sudah dicampur kayu manis sampai semua permukaan tertutup
  • Panggang selama kurang lebih 45-50 menit atau sampai pudding padat.
  • Keluarkan dari oven dan dinginkan sebentar.
  • Hidangkan selagi hangat.

 

 


18 Comments - Write a Comment

Post Comment