Peralatan Dapur Bersih, Makan pun Aman

Kebersihan makanan tentunya merupakan hal yang sangat penting yang kita perhatikan untuk mencegah keluarga kita terkena berbagai penyakit. Tapi jangan lupa, ya, Moms, kalau memperhatikan kebersihan peralatan makan dan masak juga tak kalah pentingnya. Dapur rumah ternyata merupakan tempat yang paling rawan terdapat bakteri dan mikroba yang bisa menyebabkan kita sakit. Charles Gerba, seorang microbiologist dari University of Arizona yang pernah meneliti kadar kuman di 15 dapur di rumah keluarga Amerika, bahkan pernah berkata, “Lebih aman kita memakan wortel yang sudah jatuh ke toilet daripada yang jatuh ke wastafel dapur.” Waduh, seram sekali!

Tapi bukan berarti kita tidak bisa mencegah kuman-kuman ini untuk bersarang di dapur dan peralatan makan kita, Moms. Yang penting kita harus rajin bebersih apalagi setelah dan sebelum memasak makanan untuk keluarga tercinta.

Berikut beberapa kiat untuk memastikan peralatan makan dan dapur selalu bersih dan aman:

  • Peralatan makan dan masak yang kotor harus dicuci dalam waktu dua jam
  • Buang sisa makanan dari piring, mangkuk dan peralatan masak
  • Sebisa mungkin, gunakan air hangat agar kotoran cepat larut dan noda tidak akan tertinggal di peralatan makan
  • Mulai dari bagian belakang piring dan gelas dulu. Bilas pinggiran gelas dan permukaan piring, atau bagian-bagian yang menyentuh bibir atau makanan kita, paling akhir
  • Untuk menghilangkan sisa makanan bertepung atau produk susu, gunakan air dingin. Botol akan lebih bersih jika direndam dengan air semalaman, kemudian disikat menggunakan sikat panjang khusus botol

  • Sebisa mungkin, gunakan cairan pembersih piring yang aman dan tidak menggunakan bahan-bahan yang dianggap membahayakan kesehatan dan lingkungan seperti fosfat, klorin, dan wewangian.

  • Gunakan spons yang lembut untuk memastikan semua kotoran terangkat. Khusus untuk peralatan makan Aluf,  saya menggunakan Scotch BriteTM White Scourer Sponge yang bukan hanya lembut, tapi juga tidak menggores permukaan peralatan makan, sehingga gambar Princess di piring kesayangannya juga tidak gampang terkelupas :D Bentuknya yang seperti huruf S juga ergonomis sehingga memudahkan kita untuk mencapai sudut-sudut yang biasanya susah dicapai.
  • Pastikan peralatan makan benar-benar dibilas dengan bersih supaya tidak ada residu dari cairan pembersih yang tertinggal yang bisa membuat makanan kita terkontaminasi
  • Keringkan peralatan makan di rak khusus atau keringkan menggunakan lap yang bersih
  • Simpan segera piring dan gelas yang sudah kering, karena jika terlalu lama di udara terbuka, bisa-bisa kuman yang baru kita cuci akan menempel kembali.
  • Keringkan wastafel dan area sekitarnya segera setelah mencuci. Bersihkan dengan cairan pembersih setiap hari.
  • Lap, spons dan segala peralatan mencuci piring harus dibersihkan dari segala sisa-sisa makanan dan diangin-anginkan supaya kering karena spons yang lembab adalah tempat favorit bakteri berkembang biak.
  • Jika lap dan spons terlihat kotor atau berwarna gelap, segeralah ganti untuk menghindari kuman yang menempel. Idealnya sih dua minggu sekali.
  • Jangan lupa bersihkan juga kitchen table top atau meja dapur dengan cairan pembersih setiap beberapa hari sekali, karena air panas saja tidak bisa mematikan kuman-kuman yang mungkin menempel.

Setiap ibu pasti ingin yang terbaik untuk keluarga, ya!

By the way, saat ini sedang ada Cooking Creation ala Scotch BriteTM. Buat Mommies yang hobi bikin kue, sepertinya wajib ikutan, deh. Hadiahnya keren-keren banget! Lihat detailnya di facebook Scotch BriteTM ini, ya!

Dan ada juga 5 paket Scotch BriteTM untuk mommies yang bisa menjawab pertanyaan berikut ini:

Sebutkan keunggulan Scotch BriteTM White Scourer Sponge?

Cukup jawab di comment box, lengkap dengan email mommies. Ditunggu!

 

*gambar sikat botol dari sini


22 Comments - Write a Comment

Post Comment